Makanan Mengandung Kolesterol Jahat Penyebab Penyakit Jantung

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/07/makanan-mengandung-kolesterol-jahat.html 

Kolesterol merupakan bagian lemak yang mempunyai fungsi sangat penting untuk melindungi sel serta jaringan tubuh agar bekerja dengan normal. Namun ada ketentuan sebagai batas normal untuk kolesterol.

Kandungan kolesterol yang tinggi pada tubuh bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Supaya terlindungi dari penyakit tersebut perlu tahu beberapa makanan yang bisa menimbulkan kolesterol tinggi pada tubuh.

Hati adalah komponen tubuh yang menghasilkan kolesterol pada sel tubuh, namun tubuh juga sangat memerlukan kolesterol yang di dapat sebagai tambahan dari mengonsumsi makanan. Bila sering memakan makanan yang memiliki kolesterol tinggi dalam porsi besar bisa beresiko.

Perlu di pahami jika kolesterol tidak semuanya tidak baik, sebab tubuh perlu kolesterol dalam membangun struktur sel membran juga metabolisme tubuh, untuk menghasilkan hormon, kortisol, estrogen, progesteron, empedu juga vitamin D.

Tubuh perlu kolesterol dengan rekomendasi sekitar 200 mg/hari, jika melebihi akan sangat beresiko pada peningkatan penyakit serius misalnya penyakit jantung, stroke, dan kegemukan tubuh.

Berikut beberapa makanan penghasil kolesterol yang perlu anda hindari:

* Mengonsumsi makanan yang manis

Makanan manis seperti kue kering, kue basah, es krim juga sajian makanan penutup yang mengandung manis di kelompokkan dalam makanan tidak sehat oleh para pakar gizi. Pada makanan itu secara tidak sadar adalah terdapat gula tinggi juga melebihi yang di rekomendasikan untuk tubuh oleh para ahli.

Dalam penelitian itu di temukan hubungan makanan tinggi gula dengan kegemukan tubuh, diabetes, sakit jantung, gangguan kognitif juga beberapa macam kanker bisa di timbulkan untuk waktu yang lama. Bukan itu saja, konsumsi gula dalam porsi besar akan menghambat terserapnya nutrisi kedalam tubuh. Seperti contoh beberapa macam vitamin, mineral, protein juga lemak yang baik yang di perlukan tubuh akan melarutkan vitamin tersebut dari tubuh.

* Makanan gorengan

https://maspeman99.blogspot.com/2021/07/makanan-mengandung-kolesterol-jahat.html

Gorengan adalah makanan yang memiliki lemak jenuh dari proses pengolahan menggunakan minyank yang banyak. Pemakaian minya mengandung lemak jenuh tinggi sangat tidak disarankan untuk di makn dalam jangka waktu yang cukup sering.

Kandugan lemak trans dalam minyak akan beresiko pada kesehatan jantung, efek paling berbahayanya adalah penyakit jantung koroner. Memang pada kenyataannya makanan tersebut memiliki kandungan vitamin, namun minyak yang mempunyai lemak trans dianggap cukup berbahaya karena tidak sesuai pada nutrisi dalam makanan tersebut.

* Olahan daging

https://maspeman99.blogspot.com/2021/07/makanan-mengandung-kolesterol-jahat.html

Memakan olahan daging contohnya baco, kornet, sosis, bakso dan sebagainya berhubungan dengan meningkatnya kolesterol serta perlu di lakukan pembatasan. Memakan daging olahan secara rutin dalam porsi besar merupakan bukti nyata penyebab sakit jantung sampai penyakit kanker usus besar yang sering terjadi.

Dalam penelitian telah di lakukan pada 614 ribu relawan, menghasilkan jika memakan satu porsi daging olahan sekitar 50 gr bisa terjadi peningkatan 42% gejala sakit jantung dalam tubuh relawan tersebut.

* Olahan cepat saji

https://maspeman99.blogspot.com/2021/07/makanan-mengandung-kolesterol-jahat.html

Memakan olahan atau makanan cepat saji adalah faktor utama juga yang terbesar pada timbulnya penyakit kronis. Seperti sakit jantung, diabetes sampai kelebihan berat badan yang akan mengganggu pada kesehatan.

Orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji sangat berhubungan dengan kolesterol yang buruk serta tinggi pada darah, pengendapan lemak pada perut, resiko inflamasi akan lebih tinggi sampai kadar gula tidak normal. Meminimalkan dalam memakan makanan cepat saji sudah terbukti bisa mengurangi gejala penyakit jantung koroner khusus pada penumpukan lemak yang tidak sehat pada darah.