10+ Gaji Perkebunan Kelapa Sawit Dari Asisten Hingga Senior Manager

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/07/10-gaji-perkebunan-kelapa-sawit-dari.html

Prospek bisnis sawit

Perkebunan kelapa sawit merupakan energi masa depan, yang memiliki masa depan bisnis yang cerah serta menjanjikan. Produksi minyak kelapa sawit sangat banyak di butuhkan oleh masyarakat di Indonesia dan dunia.

Tahu kah anda jika Indonesia merupakan produsen terbesar pertama di dunia, yang menghasilkan buah kelapa sawit. Produksi paling utama dari minyak kelapa sawit adalah minyak goreng, ini sangat di butuhkan oleh orang banyak karena kualitas yang baik serta murah di banding dengan minyak nabati lainnya dan menjadi salah satu produk yang banyak di manfaatkan orang-orang.

Penggunaan minyak sawit bukan hanyak di minyak gorengnya saja, namun terdapat turunan lainnya yang bisa di manfaatkan untuk bisnis seperti untuk menghasilkan sabun, kosmetik, mentega, pakan ternak dan yang sedang populer saat ini juga lagi jadi perbincangan dunia adalah minyak sawit yang dapat di olah menjadi bahan bakar mesin atau yang di sebut engan green diesel.

Membahas Gaji atau salary di perkebunan sawit

Mungkin sebagian orang saja yang tahu mengenai gaji di perkebunan kelapa sawit. Perlu anda ketahui, mengacu pada harga minyak sawit yang semakin bernilai tinggi, hal ini yang akan membuat gaji di perkebunan kelapa sawit akan semakin besar dan bertumbuh.

Berikut deretan gaji staf perkebunan kelapa sawit:    

1. Gaji Asisten Kebun/Afdeling: berkisar 5 jt-9 jt Rupiah
Ini merupakan gaji yag sangat lumayan, seorang asisten yang mengepalai satu divisi di dalam perkebunan sawit. Luas area tanggung jawabnya berkisar 300 - 600 hektar sawit. Asisten afdeling mengelola dan merawat kebun sawit yang menjadi tanggung jawabnya. Juga mengurusi karyawannya seperti kesejahteraan, mengurusi perumahan afdeling serta mengurusi produksi sawit dan lainnya.

2. Asisten Gis atau Pemetaan: berkisar 5 jt-9 jt Rupiah
Asisten gis di perkebunan kelapa sawit sangat lumayan loh, dan ini sangat menjanjikan untuk kedepannya. Kekurangan untuk posisi ini hanya membutuhkan tenaga kerja yang sedikit, seorang asisten gis memiliki tanggung jawb di satu estate dengan luas sekitar 2000 - 6000 hektar sawit.

Tugas dan tanggung jawabnya membuat pemetaan kebun kelapa sawit, baik itu sensus pokok sawit yang prouksi maupun belum produksi, peta lahan yang di tanami dan yang belum, dan lainnya. Asisten gis hanya di bantu oleh dua orang saja di kantor. Sedangkan bila ada pekerjaan lapangan yang di perlukan bisa mengambil tenaga BHL dari bagian afdeling.

3. Asisten Traksi: berkisar 5 jt-10 jt Rupiah
Gaji yang sangat lumayan, seorang asisten traksi harus mempu memimpin satu departemen yakni departemen teknik termasuk operator truk, alat berat, bagian maintenance, juga welder.

Gimana gajinya lumayan tidak ?

Gini ya!!

Asisten traksi itu mengurusi semua unit di kebun, baik itu truk, alat berat, kendaraan ringan, mesin pompa air, mesin penerangan atau listrik di kebun hingga bagian sepeda motor inventaris asisten.

Asisten traksi mengurusi unit permintaan buah, alat berat, perawatan semua unit, juga mengurusi suku cadang dan pengiriman buah sawit ke pabrik pengolahan. Asisten traksi membantu semua kegiatan kebu ya!!

Juga mensupport unit antar jemput karyawan kerja serta bus anak sekolah untuk anak-anak karyawan kebun.

4. Asisten humas: berkisar 5 jt - 9 jt Rupiah
Asisten humas yang mengurusi perijinan lahan perkebunan, perluasan lahan, mengurusi sengketa lahan maupun mengurusi permasalahan lahan lainnya, juga mengurusi bagian umum lahan plasma dan acara - cara kemasyarakatan.

5. Manager humas: berkisar 8 jt - 15 jt
Manager humas menanggung jawabi semua permasalahan di perkebunan kelapa sawit. Manager humas di bantu oleh asisten humas yang menjadi anak buahnya.

6. Askep kebun: 8 jt-12 jt
Askep kebun atau bisa dikatakan kordinator di kebun yang membawahi asisten divisi. Askep kebun merupakan wakil manager kebun yang mengontrol kegiatan semua divisi, juga menghandel jika manager kebun ada urusan di luar kebun seperti jika ada meeting kebun, maka askep kebun yang mengambil alih kendali.

7. Manager kebun: berkisar 10 jt-20 jt Rupiah
Manager kebun merupakan pemegang kendali di dalam satu estate, jabatan ini sangat lumayan. Karena seorang manager merupakan orang yang sudah ahli di dalam perkebunan kelapa sawit, yang telah lama mengabdi di perkebunan kelapa sawit.

Manager kebun memiliki peran sebagai pengawasan dan kontrol dalam satu estate, mengurusi semua divisi, termasuk traksi serta berkordinasi dengan gis dan humas. Tanggung jawab yang besar termasuk mengurusi area tanam perkebunan dengan luas 2000-6000 hektar kebun, mengawasi produksi sawit dan menjaga cost dan target, juga kesejahteraan karyawan dan perumahan yang layak untuk karyawan.

8. Senior manager kebun ( GEM ): berkisar 15 jt-30 jt Rupiah    
Senior manager kebun termasuk posisi yang sangat eksklusive serta tanggung jawab yang besar. Senior manager membawahi 2-3 manager estate, luas area tanggung jawab sekitar 6000-10.000 hektar kebun sawit. 

Senior manager menanggung jawabi semua kegiatan kebun dan produksi kebun dengan melakukan pengawasan dan kordinasi dengan manager estate.

9. Kordinator traksi atau Askep traksi: berkisar 8 jt-12 jt
Gaji seorang kordinator traksi lumayan besar loh, namun begitu juga tanggung jawabnya yang besar. Kordinator traksi bertanggung jawab kepada manager traksi, sebagai penanggung jawab di kebun dan berkordinasi dengan semua staf kebun juga asisten traksi.

Kordinator traksi memegang kendali dan tanggung jawab hingga dua estate serta semua operasional unit dan pemeliharaannya. Kordinator traksi mengawasi dan berkordinasi dengan asisten traksi sebagai kepala workshop di estate.

10. Manager traksi: sekitar 10 jt-20 jt Rupiah
Manager traksi biasanya berlokasi di kantor pusat atau berada di central workshop. Manager traksi mengawasi dan bertanggung jawab di satu wilayah, bisa area tanggung jawabnya 3-5 estate.

Manager traksi mengawasi dan berkordinasi dengan manager kebun serta kordinator traksi, bertanggung jawab dan mengawasi operasional unit, pemeliharaan, pengadaan suku cadang, dan pengadaan unit untuk kebutuhan kebun.

Catatan:
Staf perkebunan di fasilitasi dengan kendaraan transport, minyak kendaraan, pulsa data untuk komunikasi dan pelaporan, pemberian uang makan dan pembantu serta fasilitas perumahan yang di sediakan oleh perusahaan.

Bekerja di perkebunan kelapa sawit memiliki tanggung jawab dan beban yang tinggi. Jauh dari keramaian serta tempat tinggal di pedalaman dengan hak cuti hanya sekali setahun. Dalam penentuan gaji sangat bervariasi, bisa di dapat ketika proses wawancara dan nego gaji, itu semua tergantung dari pengalaman kerja dan skill kerjanya.

Juga termasuk karyawan baru berada pada range gaji tersebut, bila terdapat perbedaan pada tiap kebun dan wilayah, cuman berbeda sedikit saja.

Bagaimana?

Apakah anda berminat bekerja di perkebunan kelapa sawit, yang kerjanya sangat unik dan memiliki tantangan yang tinggi.