Fungsi Pupuk Borat Untuk Kebun Kelapa Sawit

 https://www.smaspeman99.com/2023/07/fungsi-pupuk-borat-untuk-kebun-kelapa.html

Kali  ini kita akan membahas hal atau fungsi  dari pada borat, karena selama ini para petani sawit masih bingung apa manfaat dari pada pupuk borat. Sebetulnya untuk pupuk borat yang ada di Indonesia khususnya.

Berikut beberapa fungsi borat untuk kebun kelapa sawit, yakni:

* Jadi salah satu pupuk  borat itu adalah mengandung senyawa bahan beracun.
Yang mana bisa dipakai sebagai  bahan yang lain yang tidak bisa dimanfaatkan untuk tanaman. Tetapi  perlu kita ketahui bahwasanya borak ini adalah senyawa yang banyak bisa berfungsi terhadap tanaman.

* Borat adalah membantu proses penyerbukan untuk bunga di tanaman kelapa sawit.
Ini perlu anda ketahui bahwasanya sedikit banyak mengetahui bahwa saja pupuk borat ini berfungsi untuk membantu dalam hal penyerbukan tanaman kelapa sawit. Ketika kita  memberikan pupuk borat untuk tanaman kelapa sawit dia secara otomatis akan membantu  dalam hal penyerbukannya ataupun   memaksimalkan penyerbukan.

Makanya kalau seumpama tanaman sawit kita mungkin penyerbukannya kurang kemudian dalam perlakuan kita lakukan penyerbukan secara manual mungkin  bisa kita. Tambahkan lagi pupuk borak supaya untuk merangsang pertumbuhan bunga untuk  tanaman kelapa sawit.

* Fungsi dari pupuk borat adalah meningkatkan produktivitas buah.
Itu otomatis karena dalam arti dia bisa merangsang pertumbuhan bunga maupun penyerbukan. Maka produktivitas  tanaman kita akan bertambah tentunya, tapi inget  bahwasanya pupuk borat ini adalah pupuk mikro. Pupuk mikro adalah kandungan  yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit untuk tanaman.

Jadi ketika kita melakukan pemberian pakan tanaman kita berikan pupuk. Kebutuhan pupuk mikro ini adalah kebutuhan dalam jumlah sedikit untuk  tanaman artinya kalau kita sudah fatal mungkin sudah kita lakukan pemupukan KCL kemudian masih kita mengalami kekurangan buahnya maka   kita akan bisa kita tambahkan pupuk borak sebagai  perangsang untuk peningkatan produktivitas   tanaman kita seperti itu.

* Membantu menguraikan organisme di dalam  tanah.
Membantu mengurai bahan-bahan organik ke dalam tanah artinya membantu pertumbuhan  mikroorganisme kedalam tanah. Jadi secara logika pupuk yang membantu petumbuhan atau  membantu mengurai bahan organik sehingga menjadikan pupuk unsur hara dalam tanah maka pupuk borat ini sangat-sangat berpotensi meningkatkan produksi buah.

Dengan kita membantu microgreens untuk mengurai bahan-bahan organik sehingga menjadi  pupuk tentunya baik itu mengusir pupuk nitrogen, fosfor, kalium. Tentang pupuk mikro ini yang tahunnya ada defenisi saja memang ketika kita kekurangan pupuk borat maka yang terjadi untuk tanaman kita adalah pasti   daunnya bergerigi dan semacam membentuk tombak. Disini kita harus tangani dan disini harus kita telaah bagaimana kita melakukan pemupukannya  untuk tanaman kelapa sawit khususnya untuk borak.
   
Biasanya pemberian  pupuk borat ini diberikan pada saat TBM, maupun umur setahun cukup  dilakukan satu kali transfer. Dilakukan sekali itu, rekomendasinya. Jadi untuk pemakaiannya sekarang bagaimana kita memakai untuk tanaman kelapa sawit.  Kita tahu pupuk mikro adalah pupuk bulat, jadi pupuk mikro pupuk yang dibutuhkan tanaman dalam  jumlah sedikit. Hati-hati kita melakukan pemupukan lebih dari pada dosis yang di anjuran dari pada pupuk borak ini.   

Pupuk borak ketika masa TBM, ini kita perlakuannya adalah 100 gr. Tidak boleh lebih dari pada 150 gr per pokok. Bukan kilo ya tapi gram per pokok, kemudian pemberiannya terhadap tanaman ini  tidak jauh berbeda dengan pupuk makro yang lainnya. Jadi pemupukannya kurang lebih maksimal dari pokok kita adalah kurang lebih lima puluh senti paling jauh artinya   kalau lebih dekat lebih bagus. Karena penyerapannya dia sedikit maka yang dibutuhkan seperti itu. Semoga bermanfaat.