Tim Mekanik Dan Fungsi Pekerjaannya Di Pertambangan Batu Bara

 https://www.smaspeman99.com/2022/05/tim-mekanik-dan-fungsi-pekerjaannya-di.html

Untuk pekerjaan disetiap bidang pada pertambangan batu bara, sudah sangat spesifik yang artinya pekerjaannya sudah lebih fokus pada bidangnya masing-masing.

Begitu juga dengan pekerjaan mekanik tambang, terbagi menjadi dua yakni:

1. Mekanik service alat berat
Mekanik service alat berat pekerjaannya khusus menangani bagian service alat, termasuk penggantian filter, oli, berdasarkan jadwal schedule servicenya, alat yang dikerjakan seperti excapator, dump truk (HD), loader, buldozer, mesin pompa air dan lain sebagainya.

Di dalam mekanik service ada juga tim yang khusus menangani unit kecil, mereka mengurusi unit seperti dump truk hauling batubara atau angkut batu bara dari tambang menuju crusher batu bara dan juga mobil support yakni light vehicle (LV).

2. Mekanik maitenance
Untuk mekanik maintenance pada pertambangan batu bara yakni pengecekan kerusakan unit, penggantian dan perbaikan unit, serta overhoule atau pembongkaran mesin. Juga untuk overhoule alat big digger atau alat yang besar, memiliki tim mekanik khusus atau tersendiri dari tim mekanik biasa. Hal ini sengaja di bagi-bagi secara khusus supaya pekerjaan lebih mudah di kerjakan dan unit tidak terlalu lama berhenti atau breakdown.

3. Mekanik crusher        
Mekanik crusher atau pemecah batu bara memiliki tim mekanik sendiri yang mengurusi bangian penggantian oli dan komponen yang rusak dan lainnya di crusher batu bara. Mekanik crusher khusus untuk menangani maintenance atau perbaikan di crsuher batu bara, seperti pembongkaran gear box, perbaikan rantai hopper, perbaikan conveyor yang sobek atau robek, perbaikan sambungan conveyor yang terkelupas, penggantian satu set conveyor jika sudah jadi schedule penggantiannya. 
 
Penggantian plate hopper yang sudah menipis, dan penggantian gigi drum hopper apabila ada yang patah dan adsjust gigi hopper untuk menentukan ukuran batu bara sesuai permintaan.

4. Mekanik tyre atau ban
Mekanik ini secara khusus untuk mengganti ban yang bocor, pecah dan melakukan perbaikan pada ban maupun repair ban. Mereka memiliki kemampuan yang khusus di masalah ban dan tekanan agin pada ban, mereka bertanggung jawab melakukan penggantian di lapangan maupun di workshop.

Inilah beberapa tim-tim para mekanik di pertambangan batu bara, yang memiliki pekerjaan-pekerjaan khusus sesuai dengan bagian-bagiannya. Semoga artikel ini menambah pemahaman kita bersama.