Apa Saja Staf Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Dan Tugas Serta Wewenang Mereka

 https://www.smaspeman99.com/2022/03/apa-saja-staf-pabrik-kelapa-sawit-pks.html

Untuk melaksanakan pekerjaan pada bagian masing-masing dalam pembagian kerja di pabrik kelapa sawit (Pks), dalam aktivitas kerja.

Berikut beberapa staf dan deskripsi pekerjaannya juga apa wewenangnya di dalam pekerjaan tersebut:

1. Mill Manager (manager pabrik)
Seorang mill manager adalah pimpinan di pabrik kelapa sawit tersebut. Bertanggung jawab kepada seluruh operasioal pabrik serta memastikan  kemampuan pabrik sesuai standar sehingga bisa beroperasi.

2. Asisten kepala pabrik (Askep)
Askep merupakan senior Asisten atau wakil manager di pabrik tersebut. Pekerjaannya melakukan pengawasan pada semua proses pengolahan dan perawatan pabrik sesuai standar dan SOP yang sudah ditetapkan.

Memonitor dan memastikan throughput tercapai sesuai standar, memonitor serta memastikan pemakaian material atau komponen untuk seluruh kegiatan proses dan maintenance terkontrol sesuai standar yang ditetapkan.

3. Asisten maintenance dan elektrik
Di pabrik ada sedikit perbedaan mengenai asisten maintenance dan elektrik. Ada perusahaan yang memisahkan antara maintenance dan elektrik sehingga memiliki 2 asisten, ada juga perusahaan yang memperkerjakan satu orang yang merangkap asisten maintenance dan elektrik. 

Tugasnya:
* Mengawasi serta memastikan semua proses perbaikan seluruh alat dan mesin pabrik berjalan sesuai dengan rencana, memakai material dan tenaga kerja secara efektif juga efisien.

* Melakukan pengecekan langsung pada mesin-mesin yang sudah dilakukan perbaikan guna memastikan mesin bisa beroperasi kembali dengan baik.

* Membuat rencana kerja dan check list preventive maintenance semua peralatan pabrik.

4. Asisten proses (Asisten pengolahan)

Tugas dan tanggung jawabnya:
* Memonitor serta memastikan proses pengolahan TBS berjalan dengan baik sesuai standar dan SOP yang sudah ditetapkan.

* Mengawasi dan memeriksa kualitas serta losses minyak secara visual juga bisa mengambil tindakan jika memang diperlukan.

5. Asisten quality control (QC)
Asisten QC atau asisten laboratorium adalah orang yang bertanggung jawab memeriksa dan menjaga mutu minyak CPO agar tetap baik sesuai standar.

Tugas dan tanggung jawabnya seperti:
* Melakukan pengawasan serta memastikan proses pengambilan sample cair dan padat yang dilakukan petugas sample sudah sesuai dengan frekuensi, interval jumlah, waktu dan tempat pengambilan yang sudah ditentukan.

* Memastikan proses pengujian atas seluruh sample yang diambil sudah memenuhi persyaratan pengujian sampling.

* Melakukan pengawasan dan memastikan grading TBS sesuai dengan SOP yang ditetapkan.

* Memastikan seluruh perhitungan analisa sudah dilakukan secara benar dan dituangkan ke dalam laporan laboratorium sesuai fakta.

* Melakukan pengawasan atas jalannya proses pengolahan, dengan cara melakukan analisa terhadap throughput dari suatu alat, mulai dari efisiensi, kapasitas juga analisa losses.

* Melakukan koordinasi dengan pihak proses mengenai hasil produksi, penyimpangan yang terjadi selama proses, supaya didapat solusinya dan tentunya peningkatan kualitas terhadap hasil produksi.

* Memastikan kriteria produksi yang akan dijual sesuai dengan spesifikasi kontrak dengan costumer.

6. Asisten grading (sortasi)
Asisten grading yang bertugas mengawasi mutu dan jenis buah yang masuk kepabrik, baik buah dari kebun inti maupun buah dari masyarakat.

Tugasnya: mengawasi dan bertanggung jawab yang berhubungan dengan sortasi dan grading bahan baku sebelum di proses produksi oleh pabrik, ini dilakukan oleh bagian riset dan depelovment pabrik. 

7. Kepala tata usaha (Ktu)
Kepala tata usaha menangani seluruh bagian administrasi di pabrik tersebut.

Adapun yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya yaitu:

* Memeriksa serta memastikan seluruh transaksi keuangan (cash dan non-cash) yang terjadi pada unit tersebut sudah dicatat serta dialokasikan tepat waktu.

* Memeriksa dan memastikan seluruh penerimaan TBS di-upload dengan benar dan up-todate.

* Melakukan monitoring serta memastikan seluruh transaksi permintaan pembelian, penerimaan barang, pembayaran juga pengeluaran stock gudang dicatat dengan benar dan tepat waktu.

* Memonitor serta memastikan seluruh penyimpanan di gudang dengan benar.

* Memonitor juga memastikan semua data dan personal semua karyawan dibawah tanggung jawabnya selalu up-to date dan seragam.

8. Kepala gudang
Kepala gudang adalah orang yang bertanggung jawab mengenai aktifitas persediaan produk dan spare part mesin yang digunakan di pabrik tersebut.