Tugas Dan Jenis Pekerjaan Divisi Maintenance (Perawatan)-Pabrik Sawit

 https://www.smaspeman99.com/2021/11/tugas-dan-jenis-pekerjaan-divisi.html

Tujuan dari divisi maintenance:

* Mencegah throughtput, kualitas (kadar air, ffa, kotoran) Cpo dan kernel sesuai dengan apa yng diinginkan perusahaan.

* Mencapai biaya perawatan serendah mungkin.

* Selalu mendata dan pengecekan persediaan spearpart digudang pada batas stok akhir.

* Memenuhi kebutuhan produksi sesuai dengan rencana.

Juga tujuan lainnya seperti: menjamin mesin selalu dalam kondisi baik dan siap pakai, menjamin kesiapan mesin cadangan akan digunakan apabila mesin yang utama mengalami kerusakan, menjamin keselamatan manusia yang akan mengoperasikannya, memperpanjang masa pakai  atau umur mesin.

Sistem kerja divisi maintenance:

* Asisten maintenance menerima laporan gangguan atau kerusakan alat dari divisi proses. Laporan tersebut dicatat dan dibuat job rencana kerja harian.

* Mandor membuat atau membagi job kerja pada mekanik dan mengawasinya.

* Hasil kerja dicatat oleh bagian krani maintenance dlam kartu laporan kerja dan kartu perawatan mesin.

Jenis pekerjaan divisi maintenance:

* Melakukan pemeliharaan dan perawatan saat mesin belum beroperasi (preventive maintenance).

* Melakukan pemeliharaan pada saat proses berhenti (preventive shutdown maintenance).

* Pelaksanaan pekerjaan penggantian pada komponen yang rusak pada saat proses produksi berhenti (corrective shutdown).

* Melakukan pekerjaan untuk penggantian peralatan yang menyebabkan stop proses namun material untuk penggantian tersebut sudah tersedia (corrective breakdown).

* Disamping pemeliharaan mesin pabrik, bagian pemeliharaan juga bertugas memelihara bangunan sipil seperti kantor, gedung, drainase, dan pasilitas jalan.

Mekanik lubrikasi

* Melakukan pelumasan tiap mesin secara teratur sesuai jadwal harian, mingguan, dan bulanan.

* Pengawasan pada bagian mesin yang berkaitan pada pelumasan dan penambahan grease pada kebocoran seal gear box, level oli.

Sistem Metode Pemeliharaan Mesin:

* Schedule pelumasan semua bearing
Sistem pelumasan bearing-bearing di Pks dilakukan setiap satu minggu sekali dengan menggunakan Grease Titanlube. Tujuan pelumasan disini adalah untuk mencegah dan mengurangi keausan spare part serta memperbaiki jalannya unit mesin sehingga unit mesin dapat beroperasi dengan baik sehingga masa penggantian spare part dapat diperpanjang.

* Schedule pelumasan bushing-bushing conveyor dan roda lori
Pelumasan bushing-bushing conveyor di Pks dilakukan setiap hari pada saat melakukan preventive maintenance dengan menggunakan oli bekas. Sedangkan untuk pelumasan bushing roda lori dilakukan setiap hari minimal 5 lori sehingga dalam satu minggu bushing roda lori semua sudah dilakukan pelumasan. Untuk pelumasan bushing-bushing roda lori menggunakan grease Titan lube.

* Schedule pembersihan brush strainer
Brush strainer di bersihkan setiap satu minggu sekali, di pabrik. Baru pada umumnya dilakukan pada setiap sekali seminggu. Tujuan dilakukannya pembersihan pada unit brush strainer adalah mencegah terjadinya penyumbatan di saringan brush strainer  sehingga umpan ke sludge centrifuge tetap berjalan optimal.

* Schedule pelumasan chain-chain sproket
Pelumasan terhadap chain-chain dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya keausan terhadap chain-chain dan sprocket sehingga dapat memperpanjang usia dan masa penggantian spare part tersebut.