Tahukah Anda Fungsi Parit Gajah Pada Perkebunan Kelapa Sawit?

 https://www.smaspeman99.com/2023/08/tahukah-anda-fungsi-parit-gajah-pada.html

Apakah pernah anda lihat atau ada di sekitar anda perkebunan kelapa sawit dan mereka membuat parit besar di sepanjang area pinggiran perkebunan tersebut!

Bila memang anda, berikut akan kita bahas beberapa fungsinya yang perlu anda ketahui dan penjelasannya.

Berikut beberapa fungsi dari parit gajah perkebunan sawit, yakni:

1. Pembatas area kebun dengan area sekitar
Pada pembatas kebun terluar sering kali memang di buat parit gajah atau parit besar, fungsinya untuk membatasi dengan misalnya perkebunan lain atau perkampungan di sekitar. 

Sehingga di lakukan isolasi untuk menandakan batas dari kebun tersebut. Pembatasan tersebut di lakukan di sepanjang areal perkebunan dengan menggunakan alat berat seperti excapator.

https://www.smaspeman99.com/2023/08/tahukah-anda-fungsi-parit-gajah-pada.html

2. Sebagai pengendali banjir
Parit gajah memang sengaja di lakukan untuk mempunyai fungsi salah satunya sebagai pengendali banjir. Apabila pada musim hujan dengan tingkat air yang melimpah atau berlebih akan sering kebanjiran di areal kebun sawit. 

Dengan adanya banyak air yang merendam area kebun dengan waktu yang lama hingga berhari-hari akan membuat awit mati dan juga tidak bagus untuk pertumbuhan sawit juga berpengaruh ke buah sawit tersebut. Sehingga dengan parit gajah akan cepat mengendalikan banjir dengan mengalirkannya ke sungai di areal kebun tersebut.

3. Sebagai pengendali hewan perusak kebun
Parit gajah bisa juga berfungsi sebagai pengendali hewan perusak tanaman misalnya seperti gajah, babi, orang utan dan lainnya. Karena bisa merusak tanaman sawit apalagi yang masih kecil- kecil. 

Juga pada sawit yang sudah berbuah bisa di rusak oleh hewan seperti gajah. Dengan membuat parit akan mempersulit hewan tersebut untuk merusak tanaman sawit, karena parit yang luas dan dalam.

https://www.smaspeman99.com/2023/08/tahukah-anda-fungsi-parit-gajah-pada.html

4. Mengurangi tingkat pencurian buah pada kebun sawit TM
Kita sering dengar dengan kehilangan buah atau yang disebut pencurian buah kelapa sawit. Karena buah sawit termasuk memiliki harga yang lumayan tinggi, sehingga bila terdapat area yang berdekatan dengan masyarakat sering kehilangan buah. Karena tingkat pencurian buah yang tinggi akan berdampak pada kerugian pada perusahaan, disebabkan perawatan sawit hingga menghasilkan lumayan tinggi. 

Bila sawit sering di curi maka biaya yang di keluarkan perusahaan tidak tertutupi dan perusahaan tidak mendapat keuntungan. Jadi oleh karena itu dengan di buatnya parit gajah akan mengurangi tingkat kehilangan pada buah sawit. Semoga bermanfaat.