17+ Makanan Untuk Kesehatan Retina Mata

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Mata merupakan kunci seseorang dapat melihat dunia, oleh karena itu supaya tiap orang disarankan memakan makanan berguna pada kesehatan mata. Terdapat beberapa macam yang sudah berhasil sangat bagus untuk kesehatan mata.

Umumnya orang mempercayai jika kemampuan penglihatan yang menurun merupakan keharusa dari penuaan yang tidak dapat di hindari. Namun pola hidup sehat misalnya memakan makanan yang menyehatkan mata bisa menurunkan gejala timbulnya masalah pada mata.

Terdapat bermacam nutrisi yang dapat menurunkan gejala pada mata, khusus yang berhubungan dengan usia seperti zinc, vitamin C, copper, betakaroten dan vitamin E. Juga terdapat lemak omega 3, lutein serta zexanthin yang tidak kalah bagusnya untuk kesehatan mata.

Agar memastikan mata selalu terjaga kesehatannya juga menurunkan efek pada mata karena faktor usia, terkait beberapa makanan yang baik pada kesehatan mata yang sangat disarankan untuk di konsumsi:

1. Brokoli

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Makanan yang bagus untuk kesehatan mata ini cukup komplit dengan berbagai nutrisi yang unggul. Vitamin A (misalnya lutein, zeaxanthin juga betakaroten), vitamin E dan vitamin C. Semuanya merupakan antioksidan yang menjaga sel mata dari radikal bebas, sejenis molekul tidak stabil memecah jaringan sehat, sebab retina mata sangat rentan.

2. Wortel

Wortel bukan cerita mitos yang mengatakan makan wortel baik pada kesehatan mata anda. Zat betakaroten yang terdapat dalam wortel masuk pada menu makanan untuk kesehatan mata. Juga wortel memiliki vitamin A yang mempunyai bagian protein seperti rhodopsin.

Protein ini yang berperan pada retinan untuk menyerap cahaya, pada buah yang lain juga bagus untuk mata seperti paprika, tomat, labu, stroberi serta jagung yang menghasilkan vitamin A dan vitamin C bagus pada mata.

3. Alpukat

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Buah alpukat mempunyai kadar lutein yang banyak dari buah lain, lutein bisa berfungsi mencegah degenerasi makular serta katarak. Alpukat mempunyai manfaat bisa menyerap nutrisi penting misalnya alfa juga beta karoten yang membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh secara baik, juga menjaga kesehatan mata anda.

Lemak jenuh tunggal pada alpukat berguna untuk mata untuk meningkatkan penyerapan karotenoid. Kadar tembaga pada alpukat penting untuk imunitas dan saraf tubuh. Juga akan vitamin B6 yang berfungsi sebagai metabolisme dan menyehatkan otak.

4. Sayuran berdaun hijau

Pada sayuran hijau kaya akan lutein, zeaxanthin serta vitamin C, terdapat pada bayam, pak coy, kale yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Mengolahnya harus menjaga vitamin dan nutrisi, dengan tidak memasak terlalu matang.

5. Buah tomat

Kandungan tomat bagus pada kulit dan kesehatan mata. Tomat memiliki vitamin C, vitamin A serta lycopene, untuk ketiga nutrisi ini berguna untuk mata. Juga tomat memiliki likopen yakni senyawa pelindung mata dari radikal bebas.

Disamping kandungan vitamin E pada tomat juga bisa menangkal kerusakan retina serta menjaga penglihatan selalu baik. Memakan tomat rutin sebuah dalam sehari bisa mengatasi masalah pada penglihatan anda.

6. Coklat hitam

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Coklat hitam diketahui bisa meningkatkan ketajaman pandangan mata. Pada coklat tersebut memiliki flavanoid yang menjaga pembuluh darah mata juga dengan otomatis menguatkan kornea dan retina. Untuk anda yang tidak suka dengan wortel, memakan coklat hitam atau dark chocolate murni bisa sebagai alternatif. 

Disamping itu coklat hitam juga bisa meningkatkan peredaran darah pada otak serta berperan dalam mencegah gangguan pembulu darah pada otak, misalnya demensia juga stroke. Coklat hitam memiliki peran juga pada otak lainnya seperti dalam meningkatkan fungsi kognitif anda.

7. Kacang-kacangan

Kacang - kacangan merupakan makanan kesehatan yang bagus untuk mata. Hal ini dikarenakan akan kandungan asam lemak omega 3 pada kacangan tersebut. Bukan hanya itu, ternyata kacang memiliki vitamin E yang baik dalam melindungi mata dari gejala kerusakan disebabkan oleh penuaan. Pada beberapa macam kacang - kacangan yang bagus pada kesehatan mata yakni kacang mete, kacang merah, kacang brazil dan walmut.

8. Buah jeruk

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Jeruk adalah sebagai sumber vitamin C yang sangat baik juga berguna pada kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dari buah jeruk bagus mata, vitamin yang terdapat pada buah dan sayuran segar ini berguna pada pembuluh darah yang menyehatkan mata. Juga vitamin C bisa mencegah dari timbulnya katarak, juga sebagai solusi degenerasi makula yang berhubungan berkurangnya fungsi penglihatan pada mata.

9. Buah manggis

Buah manggis mirip seperti jeruk, daging buah manggis baik untuk kesehatan mata. Buah manggis mempunyai kandungan xanthones yakni senyawa molekul besar yang berupa kumpulan molekul kecil yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang melindungan kesehatan mata. Antioksidan sangat bagus melindungi dari polusi juga dari radikal bebas, menambah imunitas menangkal sel abnormal misalnya kanker.

10. Buah sitrus

Sitrus adalah buah yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, hal ini disebabkan vitamin C yang tinggi didalamnya. Juga kandungan vitamin E, vitamin C yakni jenis antioksidan yang dapat menangkal permasalahan pada mata. Misalnya buah sitrus yang disarankan seperti jeruk, lemon, juga jeruk nipis.

11. Buah pepaya

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Buah pepaya memiliki semua antiokasidan esensial, vitamin serta mineral yang berguna melindungi tubuh agar selalu bugar. Pepaya juga mempunyai enzim yang menyehatkan, antioksidan yakni karoten, vitamin C, flavanoid, Vitamin A, vitamin B, magnesium, kalsium, kalium, protein, karbohidrat juga serat. 

Buah pepaya yang memiliki rasanya yang manis terdapat lycopene yang bagus. Juga baik untuk kesehatan mata, memakan pepaya dengan rutin akan bisa membantu penglihatan selalu terjaga dengan baik.

12. Kuaci atau biji bunga matahari

Sambil bersantai anda bisa memakan kuaci yang ternyata baik juga untuk kesehatan mata. Kuaci memiliki vitamin E dan zinc, sehingga baik untuk mata. Pola hidup juga perlu di perhatikan, ada beberapa hal untuk menjaga kesehatan mata yakni: rutin periksa mata pada dokter, ketika di depan layar komputer pastikan mata harus sejajar, saat mata terasa kering agar sering berkedip, perlu mengistrahatkan mata jika terasa lelah.

Hal diatas penting diterapkan bila keseharian anda di depan komputer, jangan membuat kesehatan mata anda berkurang karena gaya hidup yang kurang baik. Jangan lupa selalu makan makanan yang baik pada kesehatan mata juga masukkan pada menu makanan harian anda.

13. Gandum

Mengonsumsi penghasil karbohidrat seperti pada beras merah, quinoa, gandum utuh, roti gandum yang lengkap mengandung zinc, vitamin E, niasin juga nutrisi lain guna meningkatkan kesehatan mata keseluruhan. Gandum memiliki indeks glikemik rendah yang berperan menurunkan resiko degenerasi makula karena usia.

14. Daging sapi

Sebagai sumber protein hewani yang tinggi kadar zinc pada daging sapi, telah di buktikan dalam sebuah studi, zinc bisa menghambat masalah penglihatan karena usia, misalnya rabun sampai degenerasi makula.

Retina mata terdapat banyak zinc, diantaranya jaringan pembuluh darah pada area retina. Hal ini yang menjadikan daging sapi begitu disarankan, namun juga harus mengkonsumsi sesuai porsi yang wajar.

15. Telur

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Pada telur banyak mengandung protein yang bagus untuk mata, juga terdapat vitamin E, lutein, vitamin A, zeaxanthia, omega 3 juga zinc yang baik untuk melindungi mata dari kebutaan dan menurunkan kekeringan pada mata.

Juga sangat mudah di peroleh melalui hidangan apapun, telur mempunya kadar zat gizi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Telur berguna meningkatkan jumlah pigmen pelindung untuk makula, pada mata yang mengatur penglihatan utama.

16. Jagung

Makan jagung juga bisa berfungsi dalam menjaga kesehatan mata, ini di karenakan pada jagung sebagai sumber makanan yang terdapat zeaxanthin dan lutein yang bagus pada mata. Jagung juga memiliki kadar antioksidan yang berfungsi baik untuk mata. Hal menarik dalam peningkatan jumlah lutein pada jagung bila dalam keadaan sudah dimasak.

17. Makan ikan

https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/17-makanan-untuk-kesehatan-retina-mata.html

Tak perlu diragukan lagi bila ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang paling baik, komponen terbaik ada pada minyak ikan seperti tuna, sarden, salmon, bilis, herring serta ikan trout. Pada beberapa penerlitian mengungkap fakta jika memakan cukup minyak ikan bisa menekan gejala mata kering, juga pada mata kering yang sering terjadi jika seseorang cukup lama di depan layar komputer.