Cara Mendidik Anak Agar Memiliki Karakter Yang Baik Sejak Kecil

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/cara-mendidik-anak-agar-memiliki.html

Anak adalah generasi masa depan, karakter dan kepribadian anak banyak di tempah dari dua lingkungan yakni lingkungan primadi (keluarga) dan lingkungan disekitar rumah (tempat tinggalnya).

Anak akan menjadi baik maupun jahat dalam kepribadiannya itu dipengaruhi oleh kedua lingkungan tersebut. Yang pertama adalah yang penting, bagaimana anak di didik di lingkungan keluarganya. 

Misalnya dalam pemberian pendidikan baik itu pendidikan formalnya juga informalnya, serta bagaimana karakter dalam keluarga itu sendiri. Karena anak akan lebih banyak mengadopsi dan meniru karakter tersebut.

Sebagai orang tua harus memberikan pendidikan yang baik dirumah, seperti:

* Mengajarkan anak mengenai agama yang benar.

* Mengajarkan anak untuk menghargai sesama juga menghormati orang lain terlebih yang lebih dewasa darinya.

* Mengajarkan anak mengenai tindakan - tindakan yang salah dan tidak benar supaya nantinya dia bisa paham dan mengantisipasinya.

* Mengajarkan anak bersosial media yang baik dan tidak boleh menghina maupun merendahkan orang lain, dan sebagainya.

Selalu jaga komunikasi dan kedekatan dengan anak, beri kebebasan pada anak untuk berkreativitas namun harus di awasi. Berkomunikasi dan berbagi pendapat adalah sesuatu yang baik pada anak, sebagai orang tua harus bisa mendengar keluhan dan keinginan si anak, sebab itu salah satu membentuk karakternya dalam mengutarakan pendapat hingga dia dewasa nanti.

Ajarkan anak selalu tentang kebaikan juga menjelaskan mengenai keburukan, agar dia bisa membedakan dan paham mana yang benar dan mana yang salah. Juga mengajarnya belajar tata krama dengan orang lain dan keluarganya.

Dengan mengajarkan pendidikan dasar tersebut anak telah memiliki pegangan yang sudah tertanam didalam dirinya. Juga pada lingkungan rumah, atau dengan orang - orang di sekitar lingkungan anda.

Dengan memberinya pendidikan dasar yang baik dari rumah yang tidak didapatnya di bangku sekolah, tentu dengan sendirinya dia akan bisa memilih berteman dengan siapa dan tempat bermain yang baik dan sesuai baginya. 

Namun sebagai orang tua tidak boleh langsung membebaskan begitu saja, tetap harus diawasi dan di kontrol karena anak masih belum stabil dan mudah terikut - ikut, pengawasan harus tetap dilakukan hingga dia telah dewasa nantinya.

Catatan:
Dengan memberinya pendidikan dasar ia akan memiliki karakter yang baik, memiliki etika dan kesopanan yang menjadi pegangan dasar hingga dewasa. Dimanapun kelak dia berada, karena sudah menanamkan pendidikan yang baik, dia tidak akan mudah terikut - ikut dengan orang lain. Sehingga dia akan menjadi anak yang memiliki kepribadian yang kuat.