Mengatasi Kegiatan Saat Hamil Muda

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/mengatasi-kegiatan-saat-hamil-muda.html

Ceritanya, sesudah menikah hingga tiga tahun, akhirnya berhasil hamil, saya sangat gembira sebab di umur yang telah 33 tahun juga suami 37 tahun. Rencana kami cukup memiliki dua anak saja. Saya bekerja di sebuah bank yang memiliki tanggung jawab besar. Sering kali harus pulang kerja hingga malam, beruntung pada hari sabtu dan minggu libur jadi bisa beristirahat.

Jadwal menstruasi terakhir saya pada tiga bulan yang lalu, ketika badan saya mengalami kegemukan sebab cukup beruntung tidak ada gangguan untuk nafsu makan serta muntah-muntah. Perlukah kegiatan sehari-hari saya di ubah supaya kehamilan saya berjalan dengan baik? Untuk itu dokter harus tahun terkadang saya ada tugas di luar kota seperti pemeriksaan kegiatan di kantor cabang.

Saya suka berenang yang saya lakukan di hari libur yakni sabtu dan minggu, sebelum hamil berat badan ideal sekitar 55kg/160 cm. Saya rutin menjaga berat tubuh dengan melakukan diet serta olah raga. Seperti apa diet selama hamil dan menyusui nantinya? saya minta saran tentang kegiatan seksual selama hamil.

“Saya mengucapkan selamat untuk kehamilannya, semoga berjalan dengan lancar serta mendapatkan bayi yang sehat. Ibu hamil disarankan melakukan pemeriksaan dengan rutin supaya menjamin kesehatan si ibu dan janin didalam kandungannya. Umumnya pemeriksaan di adakan sebulan sekali hingga usia kehamilan di tujuh bulan, pengecekan lanjutan akan semakin rutin di laksanakan.

Akhir-akhir ini pemerintah telah mengadakan program gerakan sayang ibu dengan tujuan untuk mengurangi angka kematian pada ibu saat melahirkan. Diantaranya dengan mengadakan pemeriksaan rutin sebelum melahirkan jika bisa setiap bulan. Minimal pemeriksaan empat kali selama kehamilan, pasangan sangat di harapkan agar selalu tanggap dan peduli pada kehamilan istrinya, selalu menemani serta mengantarkan istri pada pelayanan kesehatan yang di butuhkan.

Di rekomendasikan sebelum memiliki rencana kehamilan ada baiknya berkonsultasi pada dokter, untuk bisa di rencanakan berbagai pemeriksaan yang di butuhkan demi menjaga kesehatan calon bayi. Seperti pengecekan talasemia serta penyakit menular misalnya hepatitis B juga penyakit menular seksual. 

Jika di dapati sebelumnya bisa di lakukan agar penyakit tersebut tidak berpengaruh pada kesehatan bayi yang dikandung. Ketika hamil, anda tidak makan untuk anda sendiri namun juga pada pertumbuhan janin, jadi harus di perhatikan untuk mengonsumsi nutrisi yang cukup, bayak protein, kalsium, besi juga seng di banding sebelum hamil.

Supaya anda bisa memakan daging, ikan, keju, serta kacang-kacangan sebagai sumber protein, sedangkan konsumsi hati, ginjal serta buah - buahan juga sayuran hijau yang memiliki kadar zat besi, dokter umumnya menambahkan dengan multivitamin.

Bertambahnya berat badan saat hamil hingga sepuluh hingga lima belas kilogram, semoga anda tidak merokok juga minum alkohol sebab umumnya kurang bagus untuk janin. Anda bisa melanjutkan kegiatan anda saat hamil kecuali dokter membatasi. Olah raga rutin seperti berenang untuk menambah kebugaran, namun perlu menghindari olah raga yang beresiko pada cedera.

Jika kesehatan anda baik-baik saja serta tidak ada pembatasan dari dokter, anda bisa melakukan kegiatan hingga mendekati hari melahirkan. Umumnya cuti hamil dapat di ambil selama tiga bulan, satu setengah bulan sebelum melahirkan serta satu setengah bulan sesudah lahiran. Untuk pekerjaan hingga keluar kota tidak ada pembatasan yang di lakukan perusahaan anda, walaupun perusahaan maskapai penerbangan melakukan pembatasan karena beresiko melahirkan di pesawat.

Jika anda bepergia keluar daerah, perlu meminta saran dari dokter anda serta dokter yang bisa di hubungi di kota tujuan apabila ada kejadian darurat. Selama bepergian tidak boleh mengangkat beban yang berat serta menyediakan waktu istirahat.

Mengenai kegiatan hubungan intim selama kehamilan biasanya tidak ada pembatasan, beberapa perempuan hamil memiliki rasa ingin melakukan hubungan intim yang meningkat. Ibu hamil yang telah mengalami keguguran saat hamil muda yang mengalami bercak perdarahan, ada baiknya konsultasi pada dokter maupun kebidanan tentang kegiatan seksualnya. Semoga sehat selalu dan lancar hingga proses kelahiran, ungkap dr.Samsuridjal.