Perceraian Dan Tindakan Pencegahannya

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/08/perceraian-dan-tindakan-pencegahannya.html

Perceraian merupakan perpisahan atau putusnya hubungan sebuah rumah tangga disebabkan oleh permasalahan. Banyak terjadi perceraian disebabkan oleh bermacam-macam masalah seperti:

* Perselingkuhan

* Perekonomian kurang baik

* Pasangan yang kurang bisa memuaskan

* Karena pekerjaan

* Karena keluarga dekat maupun teman jauh.

* Kurangnya kehangatan diantara pasangan.

Rata - rata kasus yang paling tinggi menyebabkan perceraian adalah karena perselingkuhan. Pasangan yang berselingkuh dikarenakan tidak adanya atau kurangnya komunikasi yang baik, sehingga melanggar komitmen untuk menjaga keutuhan rumah tangganya.

Pada umumnya selingkuh muncul karena adanya kedekatan dengan orang lain biasanya karena hubungan kerja sehingga sering bertemu, adanya kecocokan dan perasaan yang lebih nyaman ketimbang pasangan sendiri, seringnya hubungan kontak mata atau sering bertemu pandang sehingga adanya ketertarikan dan rangsangan alamiah.

Perceraian yang disebabkan oleh faktor ekonomi: hal ini terjadi karena pasangan yang kurang saling menerima dan saling berusaha untuk memberi pasangannya kelayakan dalam rejekin. Namun pada semua orang itu berbeda - beda, ada yang banyak ada yang kecil dan pasangan harus saling bersukur dengan yang ada. 

Jika tidak bersukur maka akan membuat jenuh dan bosa dengan keadaan yang kekurangan atau yang pas-pasan sehingga menganggap pasangannya tidak mampu memenuhi semuanya termasuk keinginannya.

Manusia memiliki batasan dan kemampuan, hanya dengan bantuan pasangan semuanya akan terlewati. Bila hal ini tidak dapat dijalankan maka salah satu pasangan akan mencari seseorang yang memiliki ekonomi yang lebih mapan sehingga akan terjadi perselingkuhan yang berakibat pada perceraian.

Dampak dari perceraian

Perceraian akan berdampak buruk pada kehidupan rumah tangga, kelangsungan rumah tangga akan hancur juga anak akan jadi korban yang juga berdampak pada mentalnya, perceraian juga akan membuat semua keluarga dari kedua belah pihak akan retak.

Bagaimana tindakan pencegahan supaya perceraian tidak terjadi:

* Komitmen mempertahankan rumah tangga bagi kedua pasangan demi anak.

* Agar dapat memaafkan kesalahan, bila salah satu pasangan bersalah demi keluarga meskipun itu berat namun harus ada konsekuensi yang harus ditanggung.

* Setiap mengambil keputusan agar melihat anak sehingga rumah tangga bisa di pertahankan.

* Membuat komitmen bersama untuk saling percaya diantara pasangan, dan tidak menghianati komitmen tersebut.

* Saling terbuka untuk saling melengkapi kekurangan pasangan masing - masing.