Perbedaan Bos Dan Seorang Pelatih

https://www.smaspeman99.com/2021/10/perbedaan-bos-dan-seorang-pelatih.html

Perbedaan seorang Bos:

* Banyak bicara
Seorang bos lebih banyak berbicara atau teori ketika bertemu dengan para bawahannya, karena dia merupakan pimpinan tertinggi sehingga bawahannya akan lebih mendengar dan bisa menerapkannya di bidangnya masing - masing.

* Memegang kendali
Seorang bos memegang kendali penuh pada apa yang di pimpinnya, termasuk mengawasi semua bawahan, kontrol pada perusahaan dan juga termasuk pada administrasi.

* Memerintah
Seorang bos memiliki sifat-sifat memerintah, hal ini di karenakan dia memegang kendali penuh dan penentu keputusan. Ini di karenakan seorang bos hanya memiliki keahlian managemen dan untuk lapangan belum tentu dia menguasai sepenuhnya.

* Bekerja untuknya
Seorang bos tidak sama dengan seorang pelatih, seorang bos tidak menerima gaji dari pimpinannya. Karena dia sendiri pimpinan tertinggi di perusahaan tersebut, dia bekerja untuknya sendiri, kesuksesan dia bekerja dan memimpin semua bawahannya akan memberikan keuntungan atau laba bagi perusahaan, dengan otomatis keuntungan tersebut merupakan miliknya sendiri, sebab dia pemilik perusahaan tersebut.

* Menyalahkan
Seorang bos selalu menginginkan hasil yang sempurna dari yang di jalankan oleh perusahaan juga termasuk yang di kerjakan oleh para bawahannya. Bos menginginkan semua berjalan sesuai dengan target yang di sepakati yang di keluarkan oleh managemen. 

Sering kali setiap ada bos yang melakukan kunjungan ke perusahaan cabangnya di daerah bila dia menemukan sesuatu yang kurang baik, bos lebih cenderung menyalahkan kinerja dari bawahannya tersebut, dan bahkan bisa memecat bawahannya jika tidak sesuai keinginannya.

*Menjaga jarak
Seorang bos akan lebih cenderung selalu menjaga jarak dengan bawahannya, untuk menjaga image sebagai bos. Dengan menjaga jarak tersebut seorang bos memberi sekat kepada anak buahnya untuk tidak terlalu dekat, hal ini di lakukan agar anak buah selalu tidak memiliki peluang untuk bersantai-santai bekerja karena dekat dengan bos. Cara ini banyak di lakukan para bos untuk memiliki karakter, sehingga anak buah juga banyak yang meniru sifat tersebut, dan ikut - ikutan menjaga image pada bawahan yang di pimpinnya.

Perbedaan Seorang Pelatih:

* Banyak mendengar
Seorang pelatih sangat berbeda dengan gaya seorang bos, pelatih akan lebih cenderung banyak mendengar dan menerima masukan dari pihak manapun termasuk dari bawahannya. Hal ini di lakukan untuk lebih banyak menerima segala kekurangan dan membuat suatu strategi dan perencanaan untuk melengkapi kekurangan yang di terima tersebut.

* Memegang komitmen
Pelatih selalu memegang komitmen, hal ini di lakukan untuk menyatukan sebuah tujuan untuk menjacapai target atau goal yang di buat. Dengan sebuah komitmen maka semua akan mematuhi dan menjalankan sesuai apa yang telah di sepakati. Sehingga semua bekerja sesuai dengan aturan kesepakatan untuk mencapai sebuah target.

* Challange
Seorang pelatih lebih menyukai sebuah tantangan, hal ini di lakukan untuk mencapai tujuan. Dengan melakukan berbagai perencanaan dan menerapkan berbagai strategi kepada anak buahnya atau bawahannya. Challange yang di terapkan untuk menjalankan berbagai strategi dan alternatif strategi agar apa yang di laksanakan bisa tercapai.

* Bertanggung jawab
Pelatih itu memiliki tanggung jawab yang sangat besar yang di bebankan oleh seorang bos kepadanya. Kemajuan dan perkebangan itu semua tergantung kepada pelatih, karena bertanggung jawab sebagai ahli trategi. Sehingga beban dari seorang pelatih cukup besar tantangannya, sehingga apa yang akan di laksanakan dan di terapkan merupakan tanggung jawab besar dari pelatih tersebut.

* Menjaga hubungan
Pelatih memiliki andil maupun peranan yang sangat besar untuk menjaga hubungan sesama bawahannya. Seorang pelatih selalu berusaha membuat semua bawahannya bekerja dengan kompak dan lebih solid untuk tujuan yang di sepakati. Hal ini harus di miliki seorang pelatih yakni kemampuan untuk meredam dan menyelesaikan segala persoalan yang timbul agar semua bawahannya bekerja dengan kompak atau solid.