Stasiun Bantingan-Pabrik Kelapa Sawit

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/10/stasiun-bantingan-pabrik-kelapa-sawit.html

Tippler

Setelah buah keluar dari rebusan yang ditarik dengan capstan satu persatu lori dipindahkan ke jalur rel tippler dengan transfer carry. Di stasiun ini tidak terlalu rumit sebab alat ini adalah untuk membalikan lori agar buah bisa dituang ke bunch conveyor secara berputar oleh tenaga hidrolik buatan vickers dengan tekanan kerja ±50 bar.

Waktu penuangan ±10 menit mengikuti siklus rebusan. Di stasiun ini ada bagian pendukungnya yaitu:

* Bunch  Conveyor

* Auto Feeder

Thresher

Sebagai alat penebah atau pemipil buah berbentuk drum berputar yang mempunyai kisi-kisi untuk melewatkan buah yang sudah terpipil. Buah dari bunch conveyor masuk kedalam threser bagian depan selanjutnya janjangan buah ini akan ikut berputar dan terbanting-banting di dalam drum berputar ini mengakibatkan lepasnya buah dari tandannya.

Kecepatan putar dari threser ini ±24 rpm. Jika terlalu cepat tandan akan lengket ke dinding threser dan tidak akan terbanting sehingga pemipilan tidak sempurna. Dalam stasiun threser  ini ada bagian pendukungnya yaitu:

* Stasiun Empty Bunch, yang terdiri:
- Horizontal Conveyor untuk mengangkut tandan kosong ke Inceaned Conveyor.

- Inceaned Empty Bunch Conveyor untuk menggangkut tandan kosong dari horizontal conveyor ke distributing conveyor.

- Distributing Conveyor Empty Bunch untuk membagi tandan kosong ke empty bunch hopper agar merata ke semua bagian yang selanjutnya jika sudah penuh akan keluar melalui over flow kelantai bawah.


* Empty Bunch Hopper
Tempat menampung tandan kosong yang lantainya dibuat miring agar waktu pintu hopper yang digerakan hidrolik dibuka tandan kosong bisa meluncur turun dengan mudah yang selanjutnya diangkut ke kebun.

Under Threser Conveyor

Buah yang sudah keluar dari kisi-kisi threser diterima oleh under threser untuk kemudian diangkut oleh conveyor ini ke bottom cross conveyor. Di beberapa Pks terdapat tiga threser dan under threser yang dijalankan bergantian untuk memudahkan pembersihan dan perawatan.

Bottom Cross Conveyor

Yaitu conveyor untuk mengangkut buah dari under threser ke fruit elevator.