Stasiun Kernel-Pabrik Kelapa sawit

Merupakan stasiun tempat pengolahan inti sawit hasil dari pengolahan bagian press yang bagian-bagiannya yaitu:

Cake breaker conveyor (Cbc)

https://maspeman99.blogspot.com/2021/10/stasiun-kernel-pabrik-kelapa-sawit.html

Fibre dan nut yang keluar dari mesin press masih bergumpal menjadi satu dan mengandung banyak air, fungsi dari Cbc adalah untuk mengurai fibre dan nut sehingga mempercepat proses evaporasi atau penguapan kandungan air sekaligus mengangkutnya kebagian defricarfer.

Defericarper

Alat pemisah fibre dan nut yang sudah terurai di Cbc dan bekerja dengan sistim perbedaan berat jenis kedua bahan diatas, Defricarper terpasang diujung depan nut polishing drum dimana disebelah atas dihubungkan dengan ducting ke fibrecyclon dan diantara dua bagian ini terhubung keluaran dari Cbc tempat mengumpan fibre dan nut.

Pada saat fan fibre cyclone bekerja terjadi hisapan di pipa ducting akibat terjadi kevacuman dibagian fibre cyclone. Ini membuat fibre yang mempunyai berat jenis lebih ringan akan terhisap ke fibre cyclone sedangkan nut yang lebih berat akan jatuh ke bawah di polishing drum, untuk menjaga fibrecyclon tetap vakum dan hisapan tetap kuat maka di pasang airlock dibagian bawah fibre cyclone sekaligus mengatur keluarnya fibre yang akan dibawa oleh fibre shell conveyor kebagian boiler sebagai bahan bakar.

Di bagian bawah air lock fibre cyclone dibuat lobang pengawasan untuk mengontrol jika terjadi penyumbatan di air lock, sekaligus sebagai tempat untuk mengambil sample oleh sample boy dari bagian laboratorium untuk dianalisa losses kernelnya.

Nut polishing drum

Sebuah alat berbentuk drum berputar yang berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa fibre yang masih melekat di nut. Pada saat drum berputar nut akan terguling-guling sehingga terjadi gesekan antara nut satu dengan yang lain dan terhadap dinding drum selain itu nut akan ikut berputar dan akan tertumpah ke bawah sehingga sisa-sisa fibre akan terhisap ke fibre cyclone dan didapat nut yang bersih dan mempermudah proses pemecahan biji.

Nut auger

Alat berbentuk screw conveyor yang mengangkut nut dari polishing drum ke nut depricarper.

Nut defericarper

Terpasang di ujung belakang nut auger dan tersambung dengan pipa hisapan distoner coulum. Gunanya untuk memisahkan nut dengan batu ataupun buah yang masih terikut yang bisa merusak ripple mill.

Destoner coloumb (Line I)

Alat berbentuk tabung hampa yang berfungsi untuk menghisap nut yang selanjutnya keluar melalui air lock destoner dalam yang sekaligus menjaga kehampaan di tabung distoner coulum.

Wet nut cyclone (Line II)

Prinsip kerja hampir sama dengan Distoner.

Nut distributing

Alat berbentuk screw conveyor yang mana terdapat dua buah keluaran untuk mengangkut dan membagi rata nut kedua bagian di nut hopper.

Nut hopper

Alat berbentuk bak dengan keluaran dua buah berbentuk limas, tempat menampung nut sebelum di umpan ke ripple mill.

Ripple mill

Sebuah alat pemecah nut dengan rotor berputar dan stationare plate yang bergerigi. Rotor terdiri dari dua lapis susunan rotor bar di bagian luar dan dalam untuk mendapatkan effisiensi yang dikehendaki, dengan cara menyetel jarak antara rotor dan plate bergerigi. 

Di Pks effesiensi yang dikehendaki adalah 95%. Nut dari nut hopper diumpankan ke ripple mill diatur oleh vibrating ripple mill yang dibagian bawahnya dilengkapi magnet untuk menangkap besi atau logam lain yang terikut yang bisa merusak rotor dan stationary plate.

Craced mixture conveyor

Alat berbentuk screw conveyor untuk menggangkut inti sawit yang masih bercampur dengan cangkang ke craced mixture elevator. Di bagian bawah conveyor ini dibuat sliding door tempat sample boy mengmbil sample untuk dianalisa efesiensinya.

Craced mixture elevator

Alat berbentuk timba vertical untuk mengangkut inti sawit dan cangkang ke Ltds I untuk proses pemisahan. Di bagian atas craced mixture elevator terdapat air lock untuk mengatur pengumpanan ke Ltds I.

Ltds I

Suatu peralatan supaya memisahkan inti dan cangkang dengan sistem hisapan angin. Cangkang dan inti yang bercampur terdapat debu, sisa-sisa serabut dan cangkang yang halus. Pada saat fan Ltds I bekerja nut yang utuh akan jatuh ke bagian bawah dan di terima wet kernel conveyor mengikat nut yang bulat susah melayang,

sedangkan cangkang yang lebar dan nut pecah akan terhisap ke atas tetapi tidak sampai ke cyclone Ltds tetapi jatuh dan keluar melalui air lock Ltds I dalam dan terhisap ke Ltds II, sedangkan yang terikut ke cyclone Ltds I adalah cangkang yang tipis serta particle halus yang lain menuju cyclone Ltds dan ditampung di shell hopper.

Ltds II

Sistem kerja Ltds II relatif sama dengan Ltds I. Cangkang dan inti dari Ltds I akan terhisap keatas selanjutnya jatuh dan keluar melalui air lock Ltds II dalam dan selanjutnya di umpan ke claybath untuk proses pemisahan.

Claybath

Pemisahan inti dan cangkang di atas adalah menggunakan sistem kering. Akan tetapi kedua alat diatas hanya memisahkan nut utuh dan cangkang yang tipis dan ringan, sementara inti utuh dan cangkang tebal belum bisa dipisahkan maka digunakan cara pemisahan inti dan cangkang menggunakan clay bath.

Claybath merupakan cara pemisahan inti dan cangkang menggunakan perbedaan berat jenis kedua bahan tersebut inti sawit basah mempunyai berat jenis 1.07 sedangkan cangkang 1.15-1.20, maka untuk memisahkan kedua bahan tersebut dibuat larutan dengan BJ 1.12 atau diantara berat jenis kedua bahan tersebut. 

Di Pks untuk membuat larutan ini menggunakan air dan calcium carbonat dan cairan ini dipompakan ke atas bejana berbentuk kerucut yang mempunyai keluaran di bibir bejana atas dan dibagian bawah kerucut dan disambung pipa U ke atas untuk menjaga level larutan di dalam bejana.

Inti dan cangkang masuk ke dalam bejana, inti akan mengapung selanjutnya keluar lewat sebelah atas bejana menuju vibrating clay bath dan disiram dengan air selanjutnya jatuh ke wet kernel conveyor. Sedangkan cangkang akan tenggelam dan keluar melalui pipa U ke vibrating clay bath dan dihisap oleh shell transfer fan menuju penampungan cangkang.

Wet kernel conveyor

Sebuah alat berbentuk screw conveyor yang berfungsi untuk mengangkut inti basah baik dari Ltds I, Ltds II dan dari clay bath menuju wet kernel elevator.

Wet kernel elevator

Sebuah alat berbentuk timba vertical yang berfungsi untuk mengangkut inti basah ke nut silo. Di sebelah atas dari wet kernel elevator ini dibuat alat untuk mengarahkan inti basah sesuai yang di kehendaki.

Kernel silo

Tempat untuk mengeringkan inti dengan cara menghembuskan udara panas dari bagian bawah dan keluar dari lobang-lobang pipa di sekeliling nut silo.

Kernel silo fan

Fan untuk menghembuskan udara ke nut silo yang sebelumnya melalui hiter.

Dry kernel conveyor

Alat berbentuk screw conveyor untuk mengirim inti kering ke kernel transfer fan.

Kernel transfer fan

Alat untuk mengirim kernel atau inti kernel ke bulking kernel yang selanjutnya dilakukan pengarungan.