Stasiun Press-Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/10/stasiun-press-pabrik-pengolahan-kelapa.html

Digester

Buah yang sudah terpipil dari tandan rebus mengandung kelopak spiklet dan sampah lainnya. Bahan ini diantar oleh fruit elevator yang berbentuk alat penimba buah dan dilanjutkan ke di ditributing conveyor untuk membagi bahan ini ke unit digester dengan sama rata. Material ini disebut Material Passing to Digester (Mdp). Digester adalah sebuah alat berbentuk bejana vertikal yang terpasang di Pks berkapasitas 3500 L. 

Material passing to digester, di dalam digester mempunyai alat-alat:

* Dua pasang lengan pencacah yang panjang atau betel long arm.

* Dua pasang lengan-lengan pencacah yang pendek atau betel short arm.

* Satu pasang lengan pelempar untuk melempar MPD ke press.

Kegunaan dari lengan-lengan pencacah diatas adalah untuk melumatkan buah atau melepaskan mesocrap dari cangkangnya yang akan mempermudah proses extrasi minyak di press. Selama buah berada dalam digester suhu harus dipertahankan ±95ºC.

Dibagian bawah dari digester terdapat pipa yang dilengkapi valve untuk mengalirkan minyak yang tersaring oleh strainer digester, agar tidak terjadi kelebihan minyak yang membuat buah sawit tercacah karena terlalu licin dan buah juga jadi mengambang karena pengaruh injeksi steam.

Akan tetapi buah juga tidak boleh terlalu kering karena buah menjadi padat membuat lengan pencacah menjadi berat yang akhirnya berpengaruh ke electromotor. Dalam digester putaran lengan pencacah harus diatur agar potentionsince didapat dengan hasil pencacahan buah yang sempurna dan kapasitas olah tercapai.

Press

Yakni alat untuk extrasi minyak kelapa sawit. Adapun di pabrik olah sawit, jenis mesin press yang dipergunakan adalah jenis continuous twin screw press yang terdiri dari empat bagian pokok seperti:

* Cast iron spur ger box

* Motor penggerak dan reducer gear

* Rangka body press

* Corong pengatur tekanan

Di Pks, hidrolik bekerja bekerja secara manual ataupun automatic. Proses manual dilakukan pada saat awal start proses selanjutnya setelah didapat kestabilan supply bahan dari digester dialihkan ke mode automatic yang di kontrol oleh ampremeter electromotor. Ampere disetting pada dua posisi yaitu high dan low dibagian digital meter relay.

Pada saat ampere high tercapai hidrolik akan release sampai ampere mencapai low level sehingga hidrolik akan kembali aktif, dengan demikian akan tercapai tekanan yang konstan dalam press cage dan extrasi minyak akan lebih sempurna. 

Pengoperasian press yang baik dapat dicapai dengan meminimalkan variasi qualitas bahan yang ada didalam digester dengan cara menjaga kestabilan temperature draine dan juga level yang konstan. Suhu rata-rata yang baik adalah 90-95ºC.