Stasiun Water Treatment (Wtp) - Pabrik Kelapa Sawit

Diagram aliran air di Pabrik

https://www.smaspeman99.com/2021/11/stasiun-water-treatment-wtp-pabrik.html

Sumber Air

Sumber air yang dipakai di pabrik umumnya dari air sungai. Untuk mengalirkannya menggunakan pompa menuju reservoir di lokasi pabrik. Reservoir atau penampungan sementara ini untuk proses penggendapan sebelum dilakukan pengolahan.

Clarifier

https://www.smaspeman99.com/2021/11/stasiun-water-treatment-wtp-pabrik.html

Sebuah sistem pengolahan air di pabrik menggunakan clarifier tank dalam penjernihan air. Standar yang lakukan disini merupakan yang memenuhi standar pabrik. Pengolahan yang utama yaitu air jernih dan Ph bisa diperoleh.

Air di pompakan dari reservoir menuju clarifier tank dari bagian bawah. Pada pipa pengisian clarifier tank ini di injeksikan bahan kimia untuk pengolahan air mempergunakan tiga buah injeksi pump. Adapun bahan - bahan kimia untuk air yang di gunakan tersebut seperti:

* N. 3276 (Koagulan)
Bahan kimia untuk menjernihkan air dengan mengikat kotoran yang ada dalam air,yang biasa disebut flog.

* N. 8173 ( Polymer/flocculant)
Bahan kimia untuk mengikat flog yang sudah terbentuk menjadi flog yang lebih besar dan mempertahankannya.

* Soda ash
Bahan kimia untuk menaikkan Ph air menjadi standar yaitu antara 6-7. Soda ash diinjeksikan setelah clarifier agar tidak mengganggu proses kerja dua bahan kimia sebelumnya.

Produk kimia yang dipakai di pabrik seperti Nalco. Selain itu di clarifier harus diperhatikan umpan air dengan mengatur tekanan air pompa agar flog yang sudah terbentuk tetap mengendap dibagian bawah clarifier tank. Pemakaian dosis kimia diatas berdasarkan keadaan air baku dan sesuai instruksi bagian laboratorium.

Water Basin

Kolam berbentuk bak panjang untuk menampung air bersih yang sudah diolah di pabrik kelapa sawit.

Sand Filter

https://www.smaspeman99.com/2021/11/stasiun-water-treatment-wtp-pabrik.html

Unit untuk menyaring air menggunakan pasir kwarsa. Penyaringan ini untuk membersihkan air dari sisa-sisa flog dan lumpur yang masih terikut.

Water Tower

Penampungan air bersih yang memiliki ketinggian ±18 m. Ini dimaksudkan untuk menciptakan gravitasi agar air bisa mengalir dengan cepat tanpa harus di pompa, selain itu dengan sistem gravitasi ini air akan tetap bisa di alirkan pada saat daya listrik sedang mati akibat suatu kerusakan. Water tower ini harus selalu di jaga agar tetap penuh pada saat pabrik normal.