Tujuan Dan Jenis-Jenis Perawatan Pabrik Kelapa Sawit (Mill)

https://www.smaspeman99.com/2022/03/tujuan-dan-jenis-jenis-perawatan-pabrik.html

Tujuan perawatan

Tujuan kerja perawatan  mesin pabrik bisa dibagi dalam beberapa hal:

* Supaya mesin selalu dalam kondisi baik dan siap pakai.

* Memaksimalkan kesiapan mesin cadangan yang akan digunakan apabila mesin yang utama mengalami kerusakan.

* Menjamin keselamatan manusia yang akan mengoperasikannya.

* Memperpanjang masa pakai atau umur pada mesin.

Bagian perawatan mesin pabrik

* Pemeliharaan mesin pabrik untuk mencegah atau memperbaiki kerusakan mesin-mesin, sehingga bisa beroperasi dengan baik dan sesuai standar.

* Disamping pemeliharaan mesin pabrik, bagian pemeliharaan juga bertugas memelihara bangunan sipil seperti kantor, gedung, drainase, serta fasilitas jalan.

Jenis-jenis metode perawatan

* Preventive maintenance.
Sistem ini mempunyai perencanaan dengan mengandalkan inspeksi yang disusun dengan cara sistematis dan sesuai dengan kondisi. Dengan adanya perencanaan ini maka segala sesuatu dapat disiapkan  dengan lebih seksama.

* Breakdown maintenance.
Sistem jenis ini tidak mempunyai perencanaa perawatan apapun.

Produktive maintenance

Cakupan perencanaan dalam sistem ini lebih luas dibandingkan dengan metode preventive maintenance. Perencanaan ini meliputi inspeksi, penggantian komponen dan overhaul.

Sistem pemeliharaan mesin
* Schedule pelumasan bearing
Sistem pelumasan bearing di pabrik kelapa sawit biasanya dilakukan setiap satu minggu sekali dengan menggunakan grease titanlube. Tujuan pelumasan disini yaitu untuk mencegah dan mengurangi keausan sparepart juga memperbaiki jalannya unit mesin sehingga unit mesin bisa beroperasi dengan baik sehingga masa penggantian sparepart bisa diperpanjang.

* Schedule pelumasan bushing conveyor dan roda lori
Pelumasan bushing conveyor di pabrik dilakukan setiap hari pada saat melakukan preventive maintenance dengan menggunakan oli bekas. Sedangkan untuk pelumasan bushing roda lori dilakukan setiap hari minimal lima lori, sehingga dalam seminggu bushing roda lori semua sudah dilakukan pelumasan. Untuk pelumasan bushing roda lori menggunakan grease titanlube.

* Schedule pembersihan brush strainer
Brush strainer dibersihkan setiap satu minggu sekali, biasanya dilakukan setiap sekali seminggu. Tujuan dilakukannya pembersihan pada unit brush strainer yaitu mencegah terjadinya penyumbatan di saringan brush strainer  sehingga umpan ke sludge centrifuge dapat berjalan  secara optimal.

* Schedule pelumasan chain sproket
Pelumasan terhadap chain atau rantai dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya keausan terhadap chain dan sprocket sehingga bisa memperpanjang usia juga masa penggantian sparepart tersebut.