Apa Saja Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Perempuan Atau Wanita di Perkebunan Kelapa Sawit?

 https://www.smaspeman99.com/2022/04/apa-saja-jenis-jenis-pekerjaan-untuk.html

Segala kegiatan pekerjaan di perkebunan kelapa sawit bukan hanya di kerjakan oleh para pria atau laki-laki saja, namun para wanita juga turut berperan untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit, sehingga peran wanita sangat penting. Sebab di perkebunan kelapa sawit cukup banyak jenis-jenis pekerjaaan yang dilakukan dan membutuhkan banyak pekerjaan.

Berikut beberapa jenis-jenis pekerjaan untuk wanita di perkebunan kelapa sawit:

1. Krani
Pekerjaan seorang krani juga dikerjakan oleh wanita, dan sudah banyak pekerjaan sebagai krani yang di lakukan oleh perempuan atau wanita. Misalnya pada krani teknik, krani pembukuan, krani tanam, krani pembibitan, krani keuangan, semua jenis pekerjaan tersebut banyak juga yang di kerajakan oleh perempuan. Mereka adalah orang-oranga yang memiliki kemampuan di bidang perkantoran atau lulusan yang memiliki latar belakang pendidikan yang baik.

2. Kepala tata usaha (KTU)
Kepala administrasi ada juga yang dikerjakan oleh wanita atau perempuan, namun masih terbilang sangat sedikit karena masih banyak yang di lakukan oleh para pria. Hal ini di karenakan tidak semua perempuan atau wanita yang tahan bekerja di kebun dan tekanan yang tinggi. Karena seorang KTU memiliki tanggung jawab yang besar dan pekerjaannya yang super sibuk dan mengurusi semua administrasi di kebun.

3. Karyawan bibitan
Untuk bagian pembibitan yang dimulai dari pembuatan polibet, menanam bibit sawit hingga merawatnya dari mulai pemupukan hingga penyiramab tanaman bibit sawit setiap hari hampir sebagian besar pekerjaan ini dilakukan oleh para perempuan atau wanita. Mereka selalu merawat tanaman, menjaga agar subur dan mencegah agar tidak di serang oleh penyakit hingga sampai pada waktunya siap untuk di tanam di lahan.

4. Karyawan perawatan
Untuk bagian perawatan juga sebagian besar di lakukan oleh para wanita atau perempuan, mulai dari pemupukan tanaman sawit yang belum menghasilkan, penyemprotan tanaman, hingga pembersihan lahan perkebunan. Para wanita membersihkan rumput yang akan bisa menghambat pertumbuhan dari tanaman kelapa sawit. Dalam pekerjaan ini para wanita di bentuk dalam beberapa tim untuk melakukan perawatan seperti tim penyemprotan, tim pemupukan, tim garuk piringan, hingga menabur racun untuk hama tikus yang akan menyerang kelapa sawit.

5. Karyawan gudang
Didalam gudang juga peran tenaga wanita atau perempuan sangat berperan didalam pekerjaan tersebut, seperti karyawan untuk until pupuk atau penakaran pupuk dengan menimpang sesuai dengan dosisi kebutuhan untuk dilapangan, melayani kebutuhan logistik di kebun dan lainnya.

6. Bagian dapur
Untuk bagian dapur di kebun peran karyawan wanita atau perempuan sangat di perlukan di kebun seperti memasak di dapaur untuk gues hause atau untuk tamu-tamu penting di perkebunan apabila ada tamu penting atau pertemuan-pertemuan atau meeting yang dilakukan di kebun. Memasak untuk para staf kebun, peran wanita juga di butuhkan untuk menyiapkan makanan untuk staf kebun termasuk asisten maupun manager di kebun.

Jadi itulah beberapa jenis pekerjaan untuk wanita atau perempuan di kebun, yang tidak semuanya di tuliskan secara mendetail maupun ada yang terlewatkan. Namun peran untuk pekerjaan bagi wanita dan pria hampir sama pentingnya di perkebunan kelapa sawit. Semoga memberikan informasi dan pemahaman kita mengenai pekerjaan-pekerjaan di perkebunan kelapa sawit.