Cara Menghemat Uang Ala Anak Kos yang Perlu Anda Ketahui

https://www.smaspeman99.com/2022/11/cara-menghemat-uang-ala-anak-kos-yang.html

Cara Menghemat Uang Ala Anak Kos yang Perlu Anda Ketahui - Untuk anak kos kalau tidak tahu cara menabung, setiap akhir bulan bisa mengandalkan stok mi instan. Apalagi jika Anda masih berstatus seorang pelajar dan masih belum memiliki penghasilan sendiri. Kemampuan mengatur keuangan adalah hal yang harus dimiliki jika ingin bertahan hidup di tanah perantauan. Berapapun uang bulanan yang diterima, tidak akan "cukup", jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak.

Apalagi jika harga barang yang ada di daerah kost jauh lebih tinggi dibandingkan di kota asal Anda. Semakin sulit jika Anda tidak dapat menahan godaan gaya hidup yang tidak sesuai dengan saldo akun Anda. Jika itu masalahnya, Anda harus siap menghadapi masa-masa kritis menjelang akhir setiap bulan. Mungkin wajar jika ini terjadi pada bulan-bulan pertama periode perantauan. 

Berikut adalah beberapa cara Menghemat Uang ala anak kos yang perlu Anda Ketahui pada sebelumnya:

Buatlah Anggaran Keuangan dengan Cermat

Setiap kali menerima kiriman uang, baik dari orang tua maupun dari gaji bulanan, segera buat anggaran keuangan selama sebulan. Catat pengeluaran rutin, seperti biaya sewa kost, makan sehari-hari, transportasi, kuota internet dan pulsa, hingga perlengkapan kerja atau kuliah.

Sesuaikanlah budget Anda, Anda boleh mengalokasikan dana hiburan dari anggaran, namun pastikan kebutuhan utama sudah terpenuhi. Sebaiknya pilih kost yang menyediakan fasilitas wifi, kulkas, dan dapur umum. Lebih bagus lagi jika biaya sewa sudah termasuk biaya listrik, air, gas, dan internet.

Lakukan Belanja Bulanan Secara Online

Sering bolak-balik ke toserba bisa membahayakan isi dompet. Belanja secara sedikit demi sedikit mungkin terkesan lebih ringan, namun seringkali tanpa disadari ada pengeluaran tambahan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Di sisi lain, membeli kebutuhan sekaligus akan membuat kita lebih fokus pada barang yang kita butuhkan. Selain itu, karena kuantitas dan harga nominal barang yang dibeli sudah besar, kecenderungan untuk membeli barang tambahan menjadi berkurang.

Bagaimana Cara Menghemat Uang Ala Anak Kos yang Perlu Anda Ketahui?
 
Jika stok kebutuhan terpenuhi dan Anda tidak perlu mampir ke minimarket terdekat, godaan membeli barang secara impulsif bisa dihindari. Ingin lebih hemat? Lakukan pembelian secara online! Saat ini sudah banyak supermarket yang menyediakan fasilitas pembelian secara online melalui aplikasi. Atau Anda juga bisa berbelanja kebutuhan di official store hypermarket atau supermarket.

Pertimbangkan biaya pengiriman (jika ada) sebagai pengganti biaya transportasi jika berbelanja secara langsung. Anda juga dapat menghemat biaya makanan, waktu, dan tenaga secara bersamaan. Manfaatkan promo atau diskon cashback yang ada, sehingga pengeluaran akan semakin terpangkas.

Masak dan Bawa Bekal Makanan Sendiri

Tahukah Anda bahwa dengan membawa makanan yang Anda masak sendiri bisa menghemat biaya makan hingga 50 persen, bahkan jika Anda membeli makanan di kantin kampus? Sebagai gambaran, misalkan Anda membeli seporsi nasi, sayur cap cay, dan ayam goreng seharga Rp. 25 ribu. Dengan nominal yang sama, Anda bisa membeli bahan masakan untuk dua hingga tiga porsi sekaligus.

Lakukan perhitungan, Anda dapat menghemat uang sambil melatih keterampilan memasak Anda. Tapi, jika Anda merasa terlalu sibuk hingga tidak sempat memasak, setidaknya bawalah nasi sendiri. Mengapa? Sebab, rata-rata harga dua piring nasi yang Anda beli di kantin atau warung makan sama dengan harga satu liter nasi atau sekitar 10 porsi nasi. Perbedaan yang cukup besar, bukan?

Manfaatkan Waktu Luang dengan Kegiatan Bermanfaat

Sesekali Anda bisa pergi ke bioskop atau hang out bersama teman-teman untuk menghilangkan stres tentu tidak apa-apa, bahkan terkadang perlu. Tapi, mulai waspada jika dompet Anda lebih cepat menipis. Apalagi jika uang bulanan yang Anda miliki jadi sering habis sebelum waktunya. 

Artinya aktivitas yang dipilih mulai melebihi kemampuan finansial. Untuk mengisi waktu luang sekaligus menyegarkan pikiran dari rutinitas, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Itulah ulasan cara Menghemat Uang ala anak kos yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.