Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga untuk Calon IRT

 https://www.smaspeman99.com/2022/11/kunci-sukses-mengatur-keuangan-keluarga.html

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga untuk Calon IRT- Peran ibu rumah tangga dalam rumah tangga sangat beragam, yaitu sebagai pendidik, pengelola, sekaligus perencana keuangan. Kecermatan Anda dalam mengelola keuangan sangat berpengaruh, karena keuangan bisa dibilang sebagai urat nadi sebuah keluarga. Mengelola keuangan rumah tangga memang sulit dan mudah. Ada saja kebutuhan yang membuat Anda harus mengeluarkan uang melebihi anggaran Anda.

Terbuka, Jujur dan Apa Adanya dengan Pasangan

Dalam rumah tangga kejujuran adalah faktor terpenting dalam Mengatur Keuangan Keluarga. Selain perselingkuhan, ketidak jujuran soal keuangan merupakan hal yang juga bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga Anda. Bahkan bisa lebih menghancurkan dari pada perselingkuhan atau kebutuhan seksual yang tidak terpenuhi. Uang adalah masalah yang sensitif, apalagi jika suami istri memiliki pandangan berbeda mengenai penggunaan uang dan kebutuhan yang harus diprioritaskan.

Bersikap jujur dan terbuka adalah salah satu langkah pertama yang perlu Anda ambil, untuk mengatasi kepercayaan karena kebohongan finansial. Atau jika Anda mencurigai pasangan Anda tidak jujur tentang keuangan, mintalah penjelasan. Lakukan dengan kepala dingin, jangan emosi.

Mulailah bersikap terbuka tentang masalah keuangan. Berapa banyak yang digunakan dan untuk apa. Anda tidak perlu melarang atau membatasi pengeluaran suami Anda dalam satu bulan penuh. Cukup memberinya keyakinan bahwa ia bisa matang dalam mengelola keuangannya sendiri.

Punya Dana Darurat

Dana darurat dalam sebuah keluarga memiliki peran penting, terutama dalam situasi darurat. Dana darurat yang harus disiapkan saat kita menikah adalah biaya 6 atau 12 bulan. Langkah awal dalam dana darurat adalah memangkas pengeluaran yang tidak perlu, seperti membeli mainan untuk anak yang belum tentu digunakan, membeli pernak-pernik yang tidak dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Kita harus menentukan pengeluaran bulanan, besaran dana darurat dan kemana menyimpannya. Produk keuangan apa yang bisa digunakan untuk persiapan dana darurat. Intinya dana darurat harus disimpan dalam produk keuangan yang mudah diambil, aman dan tidak spekulatif.


Apa Saja Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga untuk Calon IRT?
Orang-orang biasanya akan menyimpan dana daruratnya di tabungan, deposito, emas dan reksadana pasar uang dan lain-lainnya. Jangan pernah lupa, bahwa Anda sangat perlu untuk memantau jumlah dana darurat yang sudah terkumpul, apalagi dan tentunya berhati-hati dengan inflasi.

Punya Asuransi yang Tepat

Di zaman sekarang ini, sehat itu tidak mudah dan sakit itu tidak murah. Jadi Anda sangat perlu dalam memiliki asuransi terutama untuk kepala keluarga Anda sendiri. Sebelum menentukan perusahaan asuransi yang mana, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu reputasi dari perusahaan tersebut. Sama seperti Anda ingin berbelanja di mall, ketika memilih asuransi, bandingkan dulu fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi lainnya.

Dengan tingkat premi yang sama, apa yang diberikan oleh perusahaan asuransi? Apakah nilai yang diberikan adil atau tidak? Jangan sampai Anda salah memilih ya. Perhatikan juga bahwa yang termasuk dalam jaringan layanan perawatan ini termasuk rumah sakit rujukan dan kantor layanan. Pilih salah satu yang memiliki jaringan penyebaran yang cukup luas atau setidaknya yang memiliki call center. Sebab, kita tidak tahu kapan dan di mana kita atau keluarga kita jatuh sakit.

Dengan jaringan pelayanan yang luas, di manapun kita sakit, kita akan mendapatkan pelayanan perawatan yang sesuai. Carilah referensi yang objektif agar tidak menyesal nantinya. Jangan sampai kita mengalami pembayaran premi yang mudah, namun mendapatkan klaim tidaklah sulit. Layanan buruk semacam ini biasa terjadi di antara pelanggan perusahaan asuransi tertentu.

Disiplin dalam Mencatat Keuangan

Dengan mencatat, maka Anda akan segera mengetahui kebocoran yang sering luput dari perhatian Anda, namun ini akan berdampak pada kondisi keuangan keluarga kita. Misalnya belanja parkir, naik ojek online, uang jajan tambahan, dan lain sebagainya. Pengeluaran ini ternyata cukup besar jika di akumulasikan dalam satu bulan. Namun, karena pengeluaran tersebut terkesan kecil. 

Maka Anda mungkin tidak akan repot dan kurang berpikir saat mengeluarkan uang. Setelah menambal kebocoran keuangan, Anda bisa hidup lebih sejahtera, bisa menabung dan berinvestasi. Itulah ulasan kunci sukses Mengatur Keuangan Keluarga untuk calon IRT. Semoga bermanfaat.