Karakteristik dan Jenis Perusahaan Dagang yang Perlu Anda Ketahui

https://www.smaspeman99.com/2023/01/karakteristik-dan-jenis-perusahaan.html

Karakteristik dan Jenis Perusahaan Dagang yang Perlu Anda Ketahui - Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat cukup mengenal perusahaan dagang. Dikarenakan segala macam kegiatan jual beli menjadi salah satu kegiatan yang berlangsung sejak dulu hingga sekarang. Jika Anda pernah bertemu toko di lingkungan sekitar, maka itu juga termasuk dalam kategori perusahaan dagang.

Pengertian Perusahaan Dagang?
Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang membeli dan menjual barang dengan harga di atas harga pokok untuk mendapatkan keuntungan. Dalam perusahaan dagang, keuntungan diperoleh dengan cara mencari selisih antara harga jual dengan harga pokok penjualan. Sedangkan untuk mendapatkan laba bersih, laba kotor dikurangi dengan biaya operasional barang tersebut. Ada banyak contoh perusahaan dagang, salah satunya adalah mini market atau toko kelontong. 

Perusahaan dagang pertama-tama membeli berbagai produk, kemudian memelihara persediaannya, dan terakhir mendistribusikan produk ke pelanggan melalui transaksi. Perusahaan hanya menjualnya kembali dengan menetapkan harga yang lebih tinggi dari harga beli. Dari situlah perusahaan memperoleh keuntungan, yaitu dari selisih harga jual dan harga beli dari produk yang telah dijual.

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Sama seperti jenis perusahaan pada umumnya, perusahaan dagang memiliki beberapa karakteristik atau karakteristik tersendiri, berikut adalah karakteristik yang perlu Anda ketahui sebelumnya:

Aktivitas Utama
Kegiatan utama perusahaan biasanya berupa pembelian, pengelolaan dan pemeliharaan stok, pengeluaran biaya operasional, serta penjualan produk-produk tersebut. Dengan begitu, ciri khas perusahaan dagang adalah tidak mengolah atau mengubah produk yang akan dijual ke konsumen.

Modal
Modal untuk jenis perusahaan ini biasanya diperoleh dari harga pokok barang atau produk yang telah terjual. Oleh karena itu, jika produk tersebut tidak segera terjual, maka kemungkinan besar tidak akan ada lagi modal untuk membeli produk berikutnya atau istilahnya modal 'stagnan', sehingga harus mencari alternatif untuk menutup kredit dan kas perusahaan yang berkurang.

Seperti Apa Karakteristik dan Jenis Perusahaan Dagang yang Perlu Anda Ketahui?

Penghasilan
Pendapatan utama perusahaan dagang adalah murni dari hasil penjualan. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak perlu menyiapkan mesin-mesin operasional dan bahan baku lainnya, sehingga tidak sama dengan perusahaan manufaktur yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi perusahaan. Oleh karena itu, jika penjualan menurun, otomatis pendapatan juga akan berkurang. 

Begitu pula sebaliknya, jika penjualan meningkat, maka keuntungan atau keuntungan yang didapat bisa jauh lebih besar. Oleh karena itu penjualan merupakan hal penting yang harus terus diupayakan oleh perusahaan guna meningkatkan pendapatan. Artinya, semua manajemen penjualan harus diarahkan dengan baik agar omzet dapat meningkat dan terjadi perputaran modal yang baik.

Perhitungan keuntungan
Ciri-ciri lainnya dari perusahaan dagang adalah keuntungan yang telah diperoleh dengan menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli. Dalam hal ini, perhitungan keuntungan total biasanya berupa selisih antara total hasil penjualan dengan total harga beli dan biaya operasional.

Jenis Perusahaan Dagang

Secara umum, perusahaan dagang terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

Perusahaan Perdagangan Menurut Jenis Produk
Perusahaan dagang ini dibagi lagi menjadi dua kategori. Berikut adalah pembagian kategorinya:

Produksi Atau Perusahaan Barang Mentah
Sesuai dengan namanya, jenis perusahaan ini memperdagangkan produk berupa bahan baku atau raw material yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan suatu produk atau alat produksi. Nantinya bahan baku tersebut akan segera menghasilkan produk yang lainnya juga.

Sasaran dari perusahaan jenis ini pada umumnya bukan masyarakat biasa, melainkan sektor bisnis atau industri yang membutuhkan bahan baku yang sangat banyak sekali. Misalnya perusahaan serat kapas, perusahaan mesin pencacah, perusahaan mesin bubut, dan masih banya yang lainnya juga.

Perusahaan Barang Jadi
Berbeda dengan perusahaan barang mentah, barang atau produk yang digunakan perusahaan jenis ini adalah barang jadi, yaitu produk akhir sehingga dapat langsung dikonsumsi. Umumnya target pasar perusahaan jenis ini berasal dari sektor bisnis, pemerintah, masyarakat umum, hingga perusahaan yang membutuhkan barang jadi. Itulah ulasan tentang karakteristik dan jenis Perusahaan Dagang yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.