Alasan Penting Kenapa Menabung Tidak Membuat Kaya

https://www.smaspeman99.com/2023/02/alasan-penting-kenapa-menabung-tidak.html

Alasan Penting Kenapa Menabung Tidak Membuat Kaya - Keuangan akan selalu menjadi masalah bagi semua manusia terutama pada masa seperti sekarang, tidak peduli seberapa pintar Anda atau seberapa tinggi pekerjaan Anda. Dengan sistem pendidikan saat ini, sungguh ironis bahwa kita tidak diajari tentang uang, tetapi tujuan utama kita adalah menghasilkannya untuk memenuhi kebutuhan.

Berikut adalahbeberapa alasan penting kenapa Menabung Tidak Membuat Kaya:

Meski Tabungan Berbunga, Inflasi Tidak Bisa Dilawan
Banyak orang beranggapan bahwa menabung akan tetap menguntungkan karena ada bunganya. Itu sangat benar sekali, namun jika dibandingkan dengan persentase inflasi, suku bunga masih relatif kecil. Jika kita perhatikan secara sekasama, bank-bank yang ada di Indonesia pada umumnya memberikan bunga yang tidak lebih dari 2% dari nilai tabungan. Sementara itu, selama beberapa tahun terakhir, nilai uang kita mengalami penurunan rata-rata 5,5% per tahun akibat inflasi. 

Perbedaan ini cukup besar, bukan? Inflasi bisa melonjak sangat besar jika ada situasi tertentu di negara tersebut. Berdasarkan catatan sejarah yang ada pada sebelumnya, terjadi inflasi besar-besaran hingga 635% pada tahun 1966 akibat perubahan nilai mata uang. Kita harus mewaspadai kondisi yang tidak terduga tersebut agar tidak bergantung sepenuhnya pada tabungan yang ada.

Ada Biaya Administrasi yang Harus Dibayar
Inflasi bukanlah satu-satunya hal yang akan mengurangi nilai tabungan. Ada biaya administrasi yang harus dibayarkan ke bank setiap bulan. Jumlahnya akan terus bervariasi, ini tergantung dari bank yang Anda gunakan pada sebelumnya. Rata-rata bank BUMN atau swasta mengenakan biaya administrasi berkisar Rp. 15.000-Rp. 20.000 per bulan yang akan dipotong langsung dari tabungan.

Dampak Kebutuhan Darurat
Peristiwa hidup tidak terjadi dalam garis lurus, terkadang terjadi hal-hal yang tidak direncanakan, seperti kematian orang yang dicintai, kehilangan mata pencaharian, kebakaran, kecelakaan, perampokan dan segala macam hal tak terduga lainnya. Ketika ini terjadi, Anda tidak punya pilihan selain menggunakan apa pun yang telah Anda simpan untuk memenuhi kebutuhan darurat itu. 

Apa Saja Alasan Penting Kenapa Menabung Tidak Membuat Kaya?
Terlepas dari tujuan awal Anda menabung. Anda akan lega bahwa setidaknya dengan menggunakan tabungan yang Anda miliki, Anda akan bisa mengatasi masalah tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa tanpa disadari hal itu dapat menghancurkan semua tabungan Anda dan membuat semuanya terlihat sia-sia? Anda mungkin harus memulai dari awal lagi untuk bisa menyimpannya lagi.

Pendapatan Naik, Pengeluaran Juga Naik
Berdasarkan data dari seorang ahli, karyawan yang ada di Indonesia rata-rata mendapatkan kenaikan gaji antara 6 hingga 10% setiap tahunnya. Namun meskipun pendapatannya naik, inflasi akan membuat kebutuhan hidupnya juga meningkat. Singkatnya, kenaikan gaji sebenarnya adalah salah satu hal yang semu dan tidak akan pernah mengubah kondisi keuangan Anda secara signifikan.

Lalu, apa saja hal krusial yang harus dilakukan agar pundi-pundi kekayaan Anda terus bertambah? Selain mencari penghasilan tambahan, cara lain adalah dengan membiarkan uang bekerja untuk Anda melalui passive income. Beberapa contoh passive income yang patut dicoba antara lain membangun rumah kontrakan, membuat channel youtube, menulis buku dan lain sebagainya.

Jadi Apa yang Harus Dilakukan?
Lalu apa saja hal yang bisa membuat diri Anda kaya? Jawabannya cukup mudah! Jadikan uang Anda bekerja dengan berinvestasi. Dari pada menabung, akan jauh lebih baik sisihkan uang Anda untuk mulai berinvestasi. Investasi bisa membuat uang Anda berlipat ganda. Pilih jenis instrumen investasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang Anda miliki. Menciptakan sebuah impian kebebasan finansial bukanlah hanya tentang berapa banyak uang yang kita hasilkan atau simpan. 

Ini tentang apa saja hal yang kita lakukan dengan uang itu. Bagi banyak orang pada saat ini, gagasan berinvestasi dapat memicu dua emosi didalam diri seseorang, seperti ketakutan akan risiko dan kebingungan. Ini adalah dua alasan utama mengapa orang tidak pernah mulai berinvestasi. Namun, jangan pernah biarkan rasa takut dan kebingungan menghalangi Anda untuk bisa menjadi kaya.

Pada dasarnya, investasi adalah bisnis dan setiap bisnis memiliki risiko. Risiko ini tidak dapat dihilangkan, namun juga dapat diminimalisir dengan pengelolaan keuangan yang baik. Itulah ulasan tentang alasan penting kenapa Menabung Tidak Membuat Kaya. Semoga bermanfaat untuk Anda.