Cara Mengatasi Rasa Stuck Menulis Artikel

https://www.smaspeman99.com/2023/02/cara-mengatasi-rasa-stuck-menulis.html

Cara Mengatasi Rasa Stuck Menulis Artikel - Beberapa blogger mungkin mengalami saat-saat ketika mereka tidak tahu lagi harus menulis apa. Kehabisan ide, stuck, bahkan tidak ada keinginan untuk terus ngeblog. Tidak masalah, itu hal yang wajar. 

Ketika Anda mulai membuat blog, meski hanya sebatas hobi saja, perasaan stuck bisa saja terjadi pada kapan saja. Sekali lagi hal itu wajar, namun yang menjadi masalah adalah ketika para blogger menjadi malas melanjutkan hobi ngeblognya.

Berikut adalah cara mengatasi Rasa Stuck Menulis Artikel yang bisa dicoba pada sebelumnya:

Jangan Terlalu Perfeksionis

Perfeksionisme memiliki dua sisi berbeda. Di satu sisi akan menghasilkan karya yang luar biasa, di sisi lain akan menghabiskan energi lebih dari yang dibutuhkan dan juga membutuhkan waktu penyelesaian yang lebih lama. Jika dibiarkan terlalu banyak, sifat ini akan memberikan pengaruh negatif. Anda akan terus merasa cemas dan takut dengan pendapat orang lain tentang tulisan Anda. 

Cobalah untuk tidak mempedulikan pendapat negatif orang lain kecuali pendapat tersebut bersifat konstruktif. Jangan terlalu terpaku pada hasil akhir dan hargai diri Anda karena telah berjuang selama proses pembuatan. Jadilah percaya diri dan publikasikan tulisan Anda setelah selesai. Sempurnakan sesuai kebutuhan tanpa harus mengejar standar kesempurnaan yang terlalu tinggi.

Lakukan Blog walking

Blog walking adalah kegiatan berkeliling mengunjungi blog orang lain. Membaca postingan blogger lain bisa membuka perspektif baru tentang banyak hal. Anda dapat menilai suatu masalah dari banyak sisi berkat membaca pendapat dari berbagai sudut pandang. Perbedaan gaya penulisan juga dapat menambah perbendaharaan kata dan memperluas wawasan. Asupan informasi baru seperti ini mampu memberikan ide dan inspirasi segar sehingga kreativitas bisa mengalir kembali.

Buat Kerangka Tulisan

Anda bisa langsung menulis saja sesuai dengan apa yang ada di kepala Anda saat itu. Padahal kerangka itu cukup penting agar isi tulisan tidak melebar dari pokok bahasan. Inilah yang kita mulai agar terbiasa. Menulis mengikuti kerangka penulisan seperti bekerja dengan buku panduan. 

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Stuck Menulis Artikel?
Anda juga dapat menyelesaikan paragraf demi paragraf dengan lebih mudah dan tidak membuang ide dengan sia-sia karena fokus Anda jelas ke mana harus pergi. Ketika Anda mengalami kebuntuan, baca kembali outline tersebut agar Anda ingat hal-hal apa saja yang perlu ditambahkan.

Membuat Tulisan Dengan Niche Berbeda
Jika Anda merasa benar-benar merasa stuck saat menulis topik yang sama, cobalah menulis topik yang sangat berbeda dari biasanya. Menulis relung yang tidak biasa akan melatih keterampilan pemrosesan kosa kata. Siapa tahu pada akhirnya Anda bisa membuat blog baru dari niche tersebut. 

Semakin banyak blog, maka akan semakin banyak juga penghasilan yang akan didapatkan bukan? Jika Anda ingin segera mencoba, maka segera pelajari terlebih dahulu topik artikel yang paling banyak dicari di Google agar Anda semua bisa mendapatkan traffic yang signifikan di blog Anda.

Anda Harus Menyediakan Catatan Kecil untuk Mencatat Ide-Ide Terbaru
Memang menulis artikel tidak sepanjang menulis novel. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk menulis artikel. Masalahnya adalah ketika Anda tidak dapat menemukan ide. Padahal artikelnya tinggal setengah lagi selesai dan idenya tiba-tiba hilang. Jika Anda mengalami masalah yang sama, cara ampuh yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan catatan kecil untuk mencatat ide-ide baru. 

Mungkin Anda sedang jalan-jalan, atau sedang berada di kampus dan di sekolah, tetap memberikan catatan-catatan kecil. Tujuannya adalah untuk menuliskan ide-ide yang tidak sengaja terlintas di benak Anda. Alhasil, Anda tidak akan lupa menuangkan kembali ide-ide terbaru Anda ketika menulis.

Menonton Film Kesukaan Kamu
Rasa stuck saat menulis artikel sangat mudah diatasi jika tahu caranya. Cara efektif yang bisa Anda coba adalah dengan menonton film favorit Anda. Biasanya dengan menonton film, otomatis daya imajinasi akan bekerja. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mengeksplorasi ide setelah menonton film. Itulah ulasan cara mengatasi Rasa Stuck Menulis Artikel. Semoga bemanfaat.