Cari Tahu Gaji Kerja TKI di Jepang yang Bikin Geleng-Geleng

https://www.smaspeman99.com/2023/02/cari-tahu-gaji-kerja-tki-di-jepang-yang.html

Menjadi TKI Jepang memang menjadi salah satu impian banyak orang saat ini. Namun sebelum kamu berangkat ke sana, ada baiknya ketahui dulu besaran gaji kerjaTKI di Jepang. Ada hal yang perlu kamu tahu, bahwa gaji antara warga negara asing dan warga negara dan tenaga kerja lokal adalah sama.

Untuk nominalnya sendiri mengikuti dari standar upah minimum yang berlaku di prefektur tersebut. Meskipun terdapat potongan sebesar 20 persen dari penghasilan tersebut. Ehm, jadi berapa sebenarnya pendapatan yang bisa didapatkan ya? Berikut adalah ulasannya.

Standar Gaji Kerja TKI di Jepang

Menurut Ohayo Jepang, bahwasanya upah paling tinggi di Jepang adalah sekitar Rp 118.000 apabila dirupiahkan. Upah tersebut berlaku untuk Tokyo sebagai ibukota dari negara Jepang. Untuk upah paling rendahnya adalah sekitar Rp 93.000 jika dirupiahkan.

Untuk aturan kerja tidak begitu berbeda dengan Indonesia yaitu 8 jam dalam satu hari, setara dengan 40 jam dalam seminggu. Jadi semisal kamu bekerja di Okinawa, kamu bisa mendapatkan gaji Rp 118.000 x 40 jam x 4 minggu = Rp 14.900.000.

Jika dirupiahkan maka besaran gaji yang  bisa kamu kumpulkan hampir di angka Rp 15.000.000. Cukup fantastis bukan. Itu belum semua loh. Sebab di Jepang terdapat fasilitas berupa tunjangan, fasilitas asuransi, dan juga upah untuk lembur.

Untuk peraturan perihal berkaitan dengan lembur ini, Jepang sendiri menerapkan aturan yang cukup tegas. Yang mana aturannya adalah seperti berikut.

1. Jika terdapat lembur di luar jam kerja, maka akan mendapat kenaikan upah 25 persen.

2. Untuk jam kerja malam dari jam 9 malam hingga jam 5 pagi maka akan mendapat kenaikan upah 25 persen.

3. Jika lembur pada hari libur, maka akan mendapat penambahan upah 35 persen.
Tentunya ketiga faktor di atas dipengaruhi juga oleh profesi yang digeluti oleh pekerja. Beberapa profesi yang penghasilannya lebih tinggi di Jepang adalah perawat dan juga perawat lansia. Kedua profesi tersebut gajinya bisa mencapai Rp 30.000.000 tiap bulannya.

Selain pekerjaan full time kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan part timeloh. Biasanya pekerjaan ini dikerjakan oleh mahasiswa atau pelajar. Jadi selain menuntut ilmu mereka juga bisa mendapat penghasilan sendiri. Gaji kerja untuk part time ini juga lumayan tinggi berkisar Rp 96.000 jika dirupiahkan.  Jadi tinggal sesuaikan saja mana pekerjaan yang pas untuk kamu lakukan ya.

Cara Melamar Pekerjaan di Jepang

Berikut adalah beberapa cara untuk melamar pekerjaan di Jepang, antara lain:
1. Mencari Lowongan Kerjanya
Tahap yang pertama adalah mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kredibilitas kamu. Kamu bisa cari informasi terkait lowongan kerja di Jepang dari website kedutaan, biro imigrasi Jepang ataupun kementerian luar negeri Jepang. 

2. Membuat CV
Tahap yang kedua adalah membuat CV, bedanya CV di Jepang sudah disiapkan oleh perusahaan dan bisa kamu download melalui internet. Isi secara benar dan jujur, tanpa melebih-lebihkan skill yang kamu miliki. 

3. Wawancara Tahap 1
Wawancara pertama akan dilakukan apabila CV dianggap telah lulus seleksi. Kamu akan diwawancara oleh penanggung jawab. Nanti kamu akan ditanya mengenai pengalaman kerja, kemampuan berbahasa Jepang, keseharian dan juga hobi. Pertanyaan yang diberikan masih pertanyaan ringan tapi tetap usahakan untuk sopan dan ramah.

4. Tes Tertulis
Tahap selanjutnya adalah tes tertulis dan materi yang diujikan biasanya seputar matematika, tes huruf kanji, dan psikologi.

5. Wawancara Tahap 2
Kalau sudah lulus tes tulis, kamu akan masuk ke tahap wawancara kedua. Yang mana pada tahap ini kamu akan langsung diwawancara oleh staff HRD baik secara langsung atau video conference kalau jarak kamu cukup jauh. Nanti kamu akan ditanya seputar keseriusan bekerja, tempat tinggal, sampai dengan seputar gaji dan tunjangan.

6. Wawancara Akhir
Tahap wawancara belum selesai, karena nantinya kamu akan diwawancara oleh petinggi perusahaan. Sebelumnya kamu akan diminta untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan kelebihan kekurangan, dan motivasi bekerja di Jepang. 

7. Diterima Bekerja
Bila semua tahap selesai dan dinyatakan diterima maka kamu akan menerima pemberitahuan diterima bekerja yang disebut dengan Naitei dalam bahasa Jepang. Naitei biasanya akan dikirimkan setelah seminggu berselang dari wawancara akhir. Bila sudah menerima Naitei, sebaiknya kamu segera persiapkan semua hal yang diperlukan untuk berangkat ke Jepang.

Itu dia perkiraan gaji kerja TKI di Jepang dan cara melamar kerja di sana. Semoga ulasannya bermanfaat yah!