Kantongi Uang Sampai Berjuta-Juta, Intip Gaji Kerja TKI di Korea

https://www.smaspeman99.com/2023/02/kantongi-uang-sampai-berjuta-juta-intip.html

Korea merupakan salah satu negara yang menjadi incaran para TKI Indonesia. Hal tersebut karena memang Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memberikan pendapatan dengan nilai yang cukup besar. Jadi jangan heran kalau banyak warga Indonesia yang tertarik dengan besaran gaji kerja TKI di Korea yang bisa sampai berjuta-juta. 

Keberangkatan TKI ke Korea tiap tahunnya juga mengalami peningkatan. Karena tidak sedikit keuntungan yang kamu dapatkan bila bekerja ke Korea. Tidak hanya mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Bekerja di Korea kamu juga bisa berkesempatan untuk bertemu dengan artis-artis sana yang tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian kamu akan semakin termotivasi untuk lebih bersemangat dalam bekerja. Jika kamu tertarik bekerja ke negara ini, yuk intip berapa sebenarnya gaji yang  bisa kamu kumpulkan jika bekerja di Korea.

Kisaran Gaji Kerja TKI di Korea

Perihal gaji ini tentunya bergantung pada beberapa hal, yaitu dilihat dari Ijazah yang digunakan, keterampilan serta keahlian nya. Bukan hal itu saja, pengalaman kerja juga menjadi perhitungan. Misalnya pada tahun 2022 lalu, dilansir dari berbagai sumber, gaji yang diperoleh TKI Korea bisa mencapai Rp233.000.000 per bulannya.

Namun besaran gaji tersebut tergantung kota dan tempat bekerja. Misal saja TKI yang bekerja di Bucheon, gajinya sekitar 3.600.000 KRW. Untuk gaji di daerah Busan, gajinya sekitar 4.290.000 KRW. Gaji di daerah Daegu berkisar sekitar 4.130.000 KRW.

Gaji yang diterapkan di daerah Daejeon sekitar 4.060.000, sedang di daerah Goyang sekitar 3.760.000. Gaji untuk daerah Gwangju sekitar 3.980.000, sedang di daerah Incheon sekitar 4.210.000. Gaji kerja TKI di Korea bagian Seongnam berkisar 3.670.000 KRW dan gaji di Seoul sekitar 4.360.000 KRW.

Untuk gaji di Suweon, kisaran 3.910.000 KRW, sedangkan untuk Ulsan sekitar 3.840.000 KRW. Rentan gaji paling besar memang untuk kota Seoul, seba memang kota tersebut menjadi jantung dari negara Korea.

Layaknya negara lain, sebuah Ibukota akan memiliki standar gaji berbeda dibanding dengan kota lainnya. Jadi jika ingin bekerja ke Korea usahakan untuk bekerja di daerah Seoul. Sebab kota itulah yang memiliki upah yang tinggi dibanding kota lainnya.

Gaji kerja yang menjanjikan itulah salah satu alasan kamu harus mencoba mendaftar kerja di Korea. Namun jangan lantas kamu lupa untuk menabung uang gaji kamu, agar ketika kembali ke tanah air usaha kamu merantau tidak sia-sia.

Syarat Kerja di Korea Selatan

Lantas, apakah ada syarat khusus untuk bisa kerja di Korea Selatan?
Jawabannya tentu saja ada! Dan berikut adalah beberapa syarat yang harus diketahui oleh calon pekerja di Korea Selatan, antara lain:

1. Syarat Kriteria
Ada beberapa syarat kriteria yang harus kamu penuhi, diantaranya:

● Pendidikan terakhir minimal SLTP sederajat

● Pria dan wanita usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun saat mendaftar

● Tidak dalam keadaan dicekal untuk bepergian ke luar negeri oleh pemerintah Indonesia

● Sehat secara jasmani dan rohani

● Tidak buta warna total atau parsial

● Tidak memiliki riwayat penyakit hepatitis, TBC, penyakit kelamin, HIV, dan lain-lain

2. Berkas dan Dokumen
Bekerja di Korea bukan berarti kamu tidak menyiapkan berkas dan dokumen, tetapi sebaliknya. Kamu wajib untuk menyiapkannya. Bila melamar melalui BP2MI, berikut beberapa berkas dan dokumen yang harus kamu siapkan antara lain e-KTP, ijazah terakhir (minimal SMP), paspor yang masih berlaku, surat keterangan tidak buta warna, dan email pribadi yang masih aktif.

3. Lulus Ujian EPS-TOPIK
Syarat selanjutnya yang harus diperhatikan adalah lulus ujian EPS-TOPIK. Ujian EPS-TOPIK (Employment Permit System - Test Of Proficiency In Korean) ini sendiri adalah ujian tahap 1 untuk mengetahui kemampuan berbahasa Korea kamu. Isi dari ujian ini terdiri dari 40 soal, yaitu 20 soal membaca berupa pilihan ganda dan 20 soal mendengar.

4. Lulus Ujian Kemampuan
Setelah itu adalah mengikuti ujian kemampuan atau skill test yang dilakukan setelah kamu dinyatakan lulus dari ujian EPS-TOPIK. Ujian ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni tes wawancara, tes kekuatan fisik, dan tes kemampuan dasar. Kalau sudah dinyatakan lulus skill test, kamu bisa mencetak sertifikat dan melamar pekerjaan di laman resmi BP2MI.

Bagaimana, kamu pasti semakin tertarik bukan setelah mengetahui kisaran gaji kerja TKI di Korea Selatan berapa? Yuk, latihan dari sekarang dan ikuti syarat yang ada di atas!