Rekomendasi 7 Portal Website Freelancer Buat Kamu yang Mau Dapat Penghasilan Tambahan

https://www.smaspeman99.com/2023/02/rekomendasi-7-portal-website-freelancer.html

Sekarang ini kerja dengan satu pekerjaan saja rasanya masih kurang cukup, karena kebutuhan terus meningkat sehingga mempengaruhi pendapatan. Tidak sedikit orang yang beralih jadi seorang freelance, dan mencoba melamar di portal website freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak portal website freelancer, tapi hanya beberapa yang dianggap paling relevan. Apa saja? Yuk langsung simak ulasannya dibawah ini!

7 Portal Website Freelancer

Berikut adalah beberapa portal website freelancer yang banyak dicari oleh jobseeker, antara lain:

1. Project.co.id

Situs yang pertama adalah Project.co.id yang merupakan situs freelance yang paling terkenal di Indonesia. Situs ini menawarkan banyak sekali jenis pekerjaan seperti: 

● Pengembangan website.

● Pembuatan konten.

● Copywriter.

● Desain.

● Data entry, dan masih banyak lagi. 

Situs ini sangat cocok buat freelancer pemula karena pilihan proyek yang ada pada situs ini sangat beragam disertai dengan tingkat kesulitan yang beragam pula.

Ada yang unik dari situs ini, yakni kamu bisa melakukan transaksi jual beli produk digital seperti ebook, desain grafis, template website, dan produk digital lainnya. Selain itu kamu juga bisa mengetahui proyek yang baru diunggah oleh klien, aktivitas pengguna, dan freelancer terbaik.

2. SribuLancer

Selanjutnya ada SribuLancer yang juga merupakan situs untuk mendaftar freelancer dari Indonesia. Situs ini juga menawarkan aneka macam bidang yang bisa kamu sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. Mulai dari keahlian desain grafis, fotografi, videografi, penulisan artikel, sampai dengan pembuatan website.

Situs ini juga tersedia dalam bahasa Inggris sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan klien dari dalam atau dari luar negeri. Bahkan yang lebih menarik lagi, Sribulancer juga mendukung pembayaran dalam mata uang USD maupun IDR.

3. 99design.com

Situs yang berikutnya ini hadir khusus untuk kamu yang gemar bahkan ahli di bidang desain. Kamu bisa mendaftarkan diri di situs ini secara gratis untuk menjadi freelancer desain.

Ada yang berbeda dengan portal website freelancer yang satu ini, yakni menerapkan sistem kontes dengan memajang beberapa karya dari penggunanya untuk dipilih oleh klien. Oleh sebab itu persaingan di situs ini juga terbilang ketat, karena klien hanya akan memilih desain atau karya yang cocok dengan perusahaan yang mereka rintis.

4. Toptal.com

Selanjutnya ada situ yang sering disebut sebagai situs freelance elit karena hanya di situs kamu ini kamu bisa bertemu dengan  freelancer yang memiliki jam terbang yang tinggi dan profesional. Oleh sebab itu situs ini juga menawarkan bayaran yang lebih banyak bila dibandingkan dengan situs-situs lainnya.

Karena bayaran yang ditawarkan lebih tinggi jangan heran kalau persaingan di situs ini terbilang sangat ketat sebab situs ini hanya menawarkan jasa dari para freelancer yang berbakat dan terbaik dari seluruh dunia.

Kalau kamu masih seorang pemula, maka tidak ada salahnya kalau kamu mendaftarkan diri di situs lainnya terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain adalah untuk menambah portofolio dan jam terbang kamu.

5. Fiverr

Rekomendasi lowongan kerja untuk freelancer adalah Fiver yang mempunyai sistem kerja unik bila dibandingkan dengan website freelance lainnya. Apabila di website lain klien yang mengumumkan atau mengunggah lowongan kerja untuk freelancer. Di Fiverr kamu sebagai freelancer yang harus mengumumkan kamu sedang mencari klien.

Dengan sistem ini tentu akan memudahkan kamu bila dibandingkan sistem yang biasa.  Kamu tidak harus  apply atau membuat promosi pada pengumuman klien satu persatu. Kamu hanya perlu mengunggah pengumuman dan menunggu klien yang sesuai dengan jasa yang kamu tawarkan serta menghubungi kamu untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

6. Fastwork

Buat kamu yang masih pemula, situs ini bisa jadi pilihan untuk mengisi proyek freelancer kamu. Karena hanya situs itu  kamu bisa mengerjakan proyek dengan bahasa Indonesia, bahkan ada banyak klien lokal yang ingin bekerjasama dengan kamu.

Melihat pengalaman para freelancer yang pakai situs ini, mereka cepat mendapat banyak proyek. Walau kamu membuka harga tinggi, jangan khawatir tidak akan laku karena masih ada klien yang akan mendekati kamu untuk melakukan penawaran.

Itu dia 6 portal website freelancer yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menarik untuk dicoba kan?