Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

 https://www.smaspeman99.com/2023/03/bagaimana-cara-menghasilkan-uang-dari_3.html

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Youtube - YouTube adalah platform berbagi video paling populer. Menurut berbagai data, 94% pengguna internet di Indonesia telah mengakses platform YouTube di tahun 2020 dan akan terus bertambah di tahun ini. Tidak heran jika penghasilan youtuber Indonesia besar, sehingga banyak yang mencari cara untuk mendapatkan uang di Youtube.

Berikut adalah beberapa cara Menghasilkan Uang dari Youtube yang bisa Anda coba sebelumnya:

Buatlah Channel Youtube

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari youtube adalah dengan membuat channel youtube. Logikanya, bagaimana mau mendulang emas dari Youtube kalau wadahnya saja tidak punya? Caranya sangat mudah, asalkan Anda hanya memiliki Akun Google. 

Lalu buka Youtube Anda dan buat akun. Setelah channel Anda telah jadi, Anda perlu memikirkan nama apa yang cocok dan mudah dikenal banyak orang. Anda juga perlu memikirkan tema apa yang cocok dan nyaman untuk Anda. Usahakan untuk selalu konsisten dengan tema tersebut.

Coba Monetisasi Channel Youtube Anda

Selanjutnya, agar channel YouTube bisa dimonetisasi, Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Jika tidak, Anda tidak bisa memonetisasi channel Youtube tersebut. Anda juga harus bisa memiliki 1000 subscriber dan memiliki jam tayang hingga 4000 jam dalam 1 tahun terakhir. 

Nah disinilah anda harus berusaha keras untuk memenuhinya. Ketika 2 syarat sudah terpenuhi, kini Anda bisa memonetisasi YouTube dengan memasukkan Informasi Akun, klik Creator Studios. Kemudian klik Fitur Saluran dan Status, pilih Aktifkan Monetisasi, dan setujui pernyataan tersebut.

Jangan Lupa Sambungkan dengan Google Adsense

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang selain dari jumlah penonton yaitu menghubungkan Youtube dengan Google Adsense.  Anda bisa mendapatkan uang dengan memasang iklan di video yang di unggah. Iklan akan muncul setelah fitur monetisasi diaktifkan. 

Untuk bisa terhubung dengan Google Adsense, Anda harus meng-approve akun Adsense dengan akun Youtube. Anda dapat melakukan tracking penghasilan yang akan Anda dapatkan nanti melalui Youtube Analytics dan dapat membayar setelah Anda menyelesaikan Youtube Payment Treshold.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Youtube?
 
Cobalah untuk Endorse
Salah satu keuntungan memiliki channel YouTube yang memiliki banyak subscriber adalah pemilik produk atau brand tertentu sering menghubungi mereka untuk mengiklankan produknya. Melalui video yang diposting di saluran, Anda dapat melakukan promosi dengan gaya Anda sendiri. Selain itu, Andajuga bisa mencantumkan link produk yang akan dipromosikan di kolom deskripsi.

Jika Anda jarang atau belum pernah mendapatkan kesempatan endorsement, Anda harus menambah subscriber. Namun jika sudah memiliki banyak subscriber dan belum ada endorsement, Anda bisa mempromosikan jasa anda ke calon klien dan membagikannya ke berbagai media sosial.

Jangan Lupakan Pemasaran Afiliasi
Pemasaran afiliasi adalah salah satu cara yang paling esfektif untuk bisa menghasilkan uang secara online melalui Youtube. Namun, kebanyakan bisnis hanya menggunakan blog untuk mengarahkan pengunjung ke link afiliasi. Jadi, Anda dapat menerapkan metode ini di saluran YouTube Anda.

Dengan memiliki channel YouTube yang menarik, Anda hanya perlu mencari media yang cocok untuk mengarahkan Anda ke link afiliasi tersebut. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak pengunjung ke saluran Anda, bersama dengan lebih banyak penggemar niche atau tema saluran YouTube Anda.

Lakukan Live Speaking
Jika Anda seorang Youtuber sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar di media sosial, maka Anda dapat melakukan streaming secara live dan bertemu dengan penggemar yang Anda miliki pada sebelumnya. Dengan hal ini, maka Anda dapat berinteraksi dengan orang-orang yang sudah terhubung ke saluran live streaming. Selain melakukan meet and greet, Anda juga bisa menyisipkan promosi channel YouTube atau mempromosikan produk Anda jika Anda memiliki bisnis lain. 

Cara yang satu ini cukup efektif untuk membangkitkan rasa penasaran orang-orang yang menonton saluran live streaming Anda. Selain itu, lebih baik jika Anda memiliki barang dagangan sendiri dari saluran YouTube Anda. Hal ini bisa dikatakan sebagai ciri dari usaha sampingan. Manfaatkan pembicaraan langsung dan jual sebanyak mungkin dari basis penggemar yang terkumpul. Itulah ulasan tentang bagaimana cara Menghasilkan Uang dari Youtube. Semoga bermanfaat untuk Anda.