Benar Atau Salah Kendala Cuaca Berpengaruh Pada Perkebunan Kelapa Sawit

https://www.smaspeman99.com/2023/03/benar-atau-salah-kendala-cuaca.html

Hal ini memang benar, kondisi cuaca memang sangat mempengaruhi pada semua kegiatan di perkebunan sawit dan juga di bagian produksi perkebunan kelapa sawit yang sudah berbuah atau berproduksi.

Kali ini kita akan membahas hanya pada perkebunan yang sudah berproduksi saja. Sehingga pembahasannya lebih terperinci.

Berikut beberapa faktor kendala ada 2, yakni:

1. Kondisi cuaca hujan

2. Kondisi cuaca kemarau

Berikut penjelasannya mengenai ke 2 item tersebut:

1. Kondisi cuaca hujan
Pada kondisi cuaca hujan atau musim hujan buah kelapa sawit biasanya akan meningkat atau melimpah. Hal ini di sebabkan oleh hujan sangat baik untuk buah kelapa sawit dan bisa meningkatkan produksi buah sawit.

Namun yang menjadi kendala atau kekurangannya dari musim hujan tersebut pada perkebunan yakni pemanenan yang terkendala, juga pada alat transport yang akan banyak mengalami masalah atau problem di kebun.

Kendalanya bisa seperti panen yang terlambat, pengangkutan yang lambat akibat jalan rusak, becek atau berlumpur karena hujan tersebut. Alat angkut seperti dump truk angkut buah ke pabrik akan banyak mengalami kendala di kebun. Namun buah biasanya akan meningkat dan pabrik pengolahan akan meningkatkan produksinya. Sehingga hal ini baik untuk pencapaian target pengolahan oleh perusahaan.

2. Kondisi cuaca kemarau
Pada musim kemarau semua masalah di kebun akan tidak terlalu banyak masalah karena dengan musim kering jalan kebun akan kering dan bagus. Namun untuk produksi buah pada kelapa sawit biasanya akan mengalami penurunan dari produksi secara umum. Hal ini sangat di pengaruhi oleh kendala cuaca. 

Dan buah di pabrik pengolahan akan sedikit untuk di olah. Sehingga untuk mengatasinya maka pihak pabrik akan menampung buah dari luar atau buah masyarakat lebih banyak, hal ini di lakukan agar target produksi bisa terjaga. Dengan beberapa kendala tersebut sehingga banyak perusahaan perkebunan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya sehingga proses produksi terjaga. 

Caranya seperti melakukan perbaikan jalan, pembersihan parit dan lain sebagainya yang sudah ada di rencanakan pada pekerjaan perkebunan kelapa sawit. Meskipun masih ada beberapa masalah di sana disi, namun pihak kebun terus melakukan perbaikan-perbaikan. Itulah beberapa kendala yang sering di hadapi oleh perkebunan kelapa sawit. Semoga bermanfaat.