Penjelasan Perbedaan Blog dan Website

https://www.smaspeman99.com/2023/03/penjelasan-perbedaan-blog-dan-website.html

Penjelasan Perbedaan Blog dan Website - Blog dan website bukanlah hal baru saat ini. Anda sering menjumpai blog dan website bahkan untuk hal terkecil sekalipun karena ketergantungan seseorang terhadap internet di era sekarang ini sangat tinggi. 

Blog dan website memang bisa dijadikan area review untuk sesuatu yang berhubungan yang ingin Anda pasarkan di blog atau website Anda. Meski begitu, ada beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui tentang blog dan website ini.

Berikut adalah penjelasan dan perbedaan Blog dan Website yang perlu Anda ketahui sebelumnya:

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah istilah yang diambil dari gabungan dua suku kata, yaitu web dan blog. Secara umum, blog ini merupakan salah satu bagian dari website yang berfungsi untuk menampilkan konten atau catatan secara dinamis, tanpa harus mengganggu informasi yang ada di halaman utama.

Apa itu Website?

Pengertian website ini sendiri adalah sekumpulan halaman terkait yang dapat diakses secara online. Sebuah situs web membutuhkan nama domain dan hosting web untuk bekerja secara normal.

Perbedaan Blog dan Website

Jenis Konten
Sebagai informasi, blog merupakan salah satu platform yang biasa digunakan untuk menampilkan konten berupa teks, gambar, video ataupun audio. Tidak ada batasan berapa lama atau berapa banyak foto yang ingin Anda tampilkan. Oleh karena itu, jenis konten dari blog biasanya lebih bervariasi dibandingkan website. Anda bisa mengisi blog dengan catatan perjalanan seperti diary. 

Hal itu dilakukan oleh beberapa artis sebelum terkenal sebagai content creator. Di sisi lain, jenis konten website hampir sama dengan blog. Anda bisa menambahkan alamat perusahaan, informasi produk, kontak, visi dan misi perusahaan, dan lain-lain. Namun sebaiknya berbagai informasi tersebut dipisahkan menjadi beberapa halaman khusus agar terlihat lebih rapi dan profesional.

Gaya Bahasa yang Berbeda
Sebuah website sering menggunakan gaya bahasa formal karena akan ditujukan untuk semua kalangan. Teknik penulisannya juga tidak sembarangan, biasanya pada halaman website menggunakan teknik copywriting yang dapat mendorong audience untuk melakukan sebuah action. Untuk kebutuhan konten blog, maka cara penyampaiannya sendiri relatif bebas dan santai. 

Apa Saja Perbedaan Blog dan Website?
Dalam beberapa kesempatan, bahkan ada perusahaan yang menggunakan teknik seperti bercerita dengan teman dekat. Tujuannya sendiri adalah untuk membangun kedekatan dengan para pembaca, tentu saja agar tidak mudah bosan ketika menikmati informasi yang disampaikan setiap hari.

Pengelolaan
Di era digital seperti sekarang ini, website ibarat mall yang menjadi aset paling penting bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, sistem pengelolaan website juga harus dilakukan secara profesional. Agar bisa lebih optimal, sistem pengelolaan website biasanya dibagi menjadi beberapa bagian. Ini bisa berasal dari web developer, programmer, designer, copywriter, hingga product manager.

Sedangkan untuk blog, sistem pengelolaannya lebih sederhana. Anda juga bisa menggunakan CMS (Content Management System) yang bisa didapatkan secara gratis. Menggunakan CMS seperti WordPress atau Blogspot akan lebih memudahkan pengelolaan blog Anda sehingga lebih optimal.

Proses Pembuatan yang Berbeda
Seperti yang sudah disampaikan pada poin sebelumnya, saat membuat blog Anda bisa menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress atau Blogspot. Selain sangat bebas dan fleksibel untuk dikembangkan, proses pembuatan blog juga sangat mudah untuk dilakukan. Tidak perlu keahlian coding atau bahasa pemrograman, karena semua fungsi adalah WYSIWYG (What You See Is What You Get). Proses pembuatan website juga jauh lebih rumit daripada sebuah blog. 

Untuk membuat website e-commerce misalnya, Anda harus membuat desain UI/UX sesuai kebutuhan. Kemudian, perlu dilakukan coding agar website bisa memiliki tampilan yang sangat menarik sekaligus berfungsi dengan normal. Sebuah website baik itu company profile, online shop, maupun portfolio website umumnya membutuhkan integrasi fitur-fitur khusus agar bisa digunakan.

Misalnya fitur check out barang di website toko online, fitur member area di website forum, atau fitur domain name whois seperti yang biasa kita lihat di website penyedia hosting. Itukah ulasan perbedaan Blog dan Website. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan terima kasih.