Tips Resign Terbaik Secara Profesional di Dunia Kerja

https://www.smaspeman99.com/2023/06/tips-resign-terbaik-secara-profesional.html

Ketika anda telah berada di posisi beberapa kali, di mana anda harus mengundurkan diri dari pekerjaan karena telah dicari dan ditawari posisi yang lebih tinggi atau gaji yang lebih tinggi di tempat lain. Tapi, bagaimana Anda mengundurkan diri dari pekerjaan serta menjaga dari membakar jembatan Anda?

Sebagian besar perusahaan meminta karyawan mereka untuk memberikan pemberitahuan pengunduran diri dua minggu, tetapi tidak semuanya. Anda bekerja untuk sebuah perusahaan bertahun-tahun yang meminta pemberitahuan pengunduran diri selama empat minggu. 

Ini agak berlebihan dan belum pernah mendengar permintaan seperti ini sejak itu. Lalu, ada perusahaan yang meminta individu tersebut untuk pergi segera sesudah mereka memberikan pemberitahuan pengunduran diri, tidak peduli berapapun jangka waktu yang ditawarkan karyawan tersebut. 

Dan ini biasanya untuk menutupi perusahaan terutama ketika karyawan tersebut mempunyai akses ke informasi sensitif atau berpotensi merusak perusahaan secara finansial melalui penipuan penjualan, misalnya. Sementara seorang karyawan biasanya tidak dianggap sebagai seseorang yang akan merugikan perusahaan. 

Beberapa perusahaan mempunyai kebijakan ini untuk melindungi kepentingan terbaik mereka. Walaupun Anda tidak diharuskan oleh undang-undang untuk memberikan pemberitahuan kepada pemberi kerja bahwa Anda berhenti sebelum hari Anda pergi, itu merupakan isyarat profesional.

Berikut beberapa hal yang perlu diingat saat mengundurkan diri, yakni:

1. Surat pengunduran diri
Tulis surat pengunduran diri serta nyatakan bahwa Anda berterima kasih atas waktu yang Anda miliki di perusahaan juga bantuan yang Anda terima dalam karir profesional Anda atau bila Anda merasa nyaman melakukannya dan tanggal hari kerja terakhir Anda ini biasanya 2 minggu.

2. Mengundurkan diri secara pribadi
Bila memungkinkan, berikan pemberitahuan pengunduran diri Anda kepada atasan langsung atau Direktur SDM Anda secara langsung serta jelaskan alasan Anda selengkap yang Anda rasa nyaman.

3. Persyaratan jangka waktu pengunduran diri
Baca buku pegangan atau kontrak karyawan Anda untuk mengetahui apakah Anda diharuskan memberikan pemberitahuan untuk menerima pembayaran tertentu ketika Anda pergi. 

Walaupun merupakan undang-undang bahwa Anda menerima uang karena gaji Anda, beberapa perusahaan memerlukan pengunduran diri dalam jangka waktu tertentu untuk menerima pembayaran tambahan atau walaupun tidak umum.

4. Jadilah perhatian
Tidak boleh bertindak terlalu cemas untuk keluar dari sana. Pekerjaan baru Anda sedang menunggu dan Anda sekarang dianggap sebagai pengatur waktu singkat, namun tetap tenang dan jangan bertingkah seolah Anda tidak sabar menunggu hari terakhir Anda.

5. Melepaskan tanggung jawab
Telusuri semua tanggung jawab, tugas juga proyek Anda dan pastikan semua informasi yang Anda punya kepada orang atau beberapa orang yang akan menangani barang-barang tersebut setelah Anda pergi. 

Memberikan sebanyak mungkin informasi kepada orang lain mengenai apa yang Anda lakukan dalam peran Anda akan membantu Anda mendapatkan rekomendasi yang lebih baik dan kemungkinan untuk kembali lagi di masa mendatang bila di butuhkan.

6. Tetap positif
Jangan pernah berbicara negatif mengenai waktu Anda dengan perusahaan, tentang atasan Anda, tentang perusahaan, maupun tentang rekan kerja Anda, bahkan di wawancara keluar. Anda mungkin bertemu dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda dalam satu kapasitas atau lainnya dan Anda pasti mau menjaga rasa hormat mereka dan membuat mereka memikirkan Anda dengan cara yang positif.

7. Profesionalisme
Tetap profesional dengan semua orang. Tidak boleh menceritakan rekan kerja yang menyebalkan yang mengganggu Anda sebab dia tidak menarik atau memiliki kebiasaan yang sangat menyebalkan. Ini tidak profesional serta akan membuat Anda terlihat buruk di mata orang lain di perusahaan, belum lagi Anda masih bisa ditulis sampai Anda tidak lagi menjadi karyawan.

Sebagian besar perusahaan, bagaimanapun perusahaan yang bagus, akan senang untuk Anda bila Anda sudah menemukan peluang lain yang memenuhi kebutuhan Anda lebih baik dari yang mereka bisa. Dan sebagian besar perusahaan lebih suka pemberitahuan pengunduran diri setidaknya 2 minggu sehingga mereka bisa mempekerjakan seseorang untuk menggantikan Anda dan memberi Anda juga mereka waktu untuk mengalihkan tanggung jawab Anda kepada orang lain. Semoga bermanfaat.