Manfaat Penting Buah Bengkoang yang Penting Untuk Kesehatan

 https://www.smaspeman99.com/2023/09/manfaat-penting-buah-bengkoang-yang.html

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bengkoang juga memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan, yakni:

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Bengkoang kaya akan kandungan serat, adapun kandungan serat terbukti baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Kandungan ini bisa meningkatkan massa feses dan melembutkannya sehingga Anda bisa terhindar dari sembelit.

Menjaga sistem imun tubuh
Dalam 100 gr buah bengkoang terkandung sekitar 40% kebutuhan vitamin C. Harian asupan vitamin C dalam tubuh berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang terdapat pada bengkoang mengandung zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas yang merupakan akar dari berbagai penyakit kronis.

Menjaga kesehatan jantung
Kandungan antioksidan yang ada dalam jenis umbi ini dapat melawan radikal bebas dan termasuk pada jantung. Selain itu serat di dalamnya pun dapat membantu menurunkan peradangan kadar kolesterol jahat atau LDL dan tekanan darah.

Meningkatkan kepadatan tulang
Bengkuang mengandung kalsium, magnesium, tembaga, fosfor dan zat besi. Berbagai jenis mineral ini diketahui bermanfaat bagi tubuh. Untuk meningkatkan kepadatan tulang serta membantu menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

Selain itu bengkuang juga mengandung insulin yaitu salah satu jenis prebiotik yang dapat membantu mempertahankan mineral di tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengontrol berat badan
Bengkoang merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat, sehingga bengkoang bisa anda gunakan sebagai pilihan buah untuk menurunkan berat badan. Selain itu kandungan serat dalam bengkoang juga bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga bisa membantu menjaga pola makan Anda.

Menjaga kesehatan otak
Hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang penting untuk menunjang perkembangan otak serta menjaga kesehatan sistem syaraf dan sistem kekebalan. 

https://www.smaspeman99.com/2023/09/manfaat-penting-buah-bengkoang-yang.html

Menjaga kesehatan kulit
Manfaat bengkoang untuk menjaga kesehatan kulit tentu sudah sering Anda dengar. Khasiat ini bisa anda peroleh karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah bengkoang. Adapun vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat. 

Vitamin C berperan penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Selain itu vitamin C juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering serta melindungi kulit dari sinar matahari.

Menurunkan risiko kanker
Efek antioksidan dari vitamin C, vitamin E, selenium dan senyawa lainnya yang terkandung dalam bengkoang juga berdampak positif pada pencegahan penyakit kanker. 

Senyawa antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan sel yang merupakan penyebab berbagai penyakit kronis seperti kanker. Itulah manfaat bengkoang. Semoga bermanfaat.