Tanda Tanda Tanaman Kelapa Sawit Anda Kekurangan Unsur Hara

 https://www.smaspeman99.com/2023/10/tanda-tanda-tanaman-kelapa-sawit-anda.html

Mengulas mengenai ciri-ciri ataupun tanda-tanda tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara nitrogen, kekurangan unsur hara fosfor dan kekurangan unsur hara kalium. Tanaman kelapa sawit itu membutuhkan unsur hara makro dan unsur hara mikro, unsur hara makro yang artinya dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit dalam jumlah yang banyak.

Kemudian unsur hara mikro dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit dalam jumlah yang sedikit. Kalau seandainya kita mau itu banyak maka kita harus mencukupi dua unsur hara ini yaitu yang pertama unsur hara makro yang modern yang kedua unsur hara mikro.

Namun tahukah Anda ciri-ciri ataupun tanda-tanda tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara nitrogen, kekurangan unsur hara fosfor dan kekurangan unsur hara kalium:

* Adapun tanda-tanda atau ciri-ciri yang pertama yaitu kekurangan unsur hara nitrogen pada tanaman kelapa sawit adalah tahun kelapa sawit.

Daun sawit itu akan berwarna kuning dan biasanya yang berwarna kuning ini terjadi pada tanaman kelapa sawit yang sudah menghasilkan ataupun tanaman kelapa sawit yang sudah mulai panen.

* Tanda-tanda atau ciri-ciri yang kedua adalah daun tanaman kelapa sekitar itu akan berwarna hijau pucat dan pertumbuhan yaitu melambat dan juga kerdil dan biasanya tanaman kelapa sawit yang mengalami seperti ini tanaman kelapa sawit yang berumur satu tahun ke bawah ataupun yang baru ditanam.

Dan bagaimana cara mengatasinya kalau seandainya tanaman kelapa sawit kita kekurangan unsur hara nitrogen. Maka kita harus menggunakan pupuk yang mengandung unsur hara nitrogen, contoh pupuk urea ataupun pupuk Zeta. Karena dari kedua pupuk ini mengandung unsur hara nitrogen dan sangat baik sekali untuk tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara nitrogen.

Kemudian apa sih manfaat dari unsur hara nitrogen ini untuk tanaman kelapa sawit: 
 
# Manfaat yang pertama adalah memberi zat pewarna hijau pada tanaman kelapa sawit kita.
Kemudian manfaatnya memaksimalkan pertumbuhan tanaman kelapa sawit, Kita jadi itulah kira-kira manfaat dari unsur hara nitrogen untuk tanaman kelapa sawit.

# Kemudian ciri-ciri yang kedua yaitu tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara fosfor adalah batang dari pohon kelapa sawit
Daun sawit itu akan mengecil dan berbentuk piramid.
Kemudian ciri-ciri yang kedua yaitu gulma yang tumbuh di sekeliling tanaman.
Jadi daunnya akan berwarna ungu.

# Kemudian yang ketiga ciri-cirinya adalah perakaran tanaman kelapa sawit.
Sawit tidak tumbuh dengan normal, jadi kalau seandainya tanaman kelapa sawit Anda mengalami ciri-ciri yang di sebutkan tadi maka sudah dipastikan tanaman kelapa sawit tersebut kekurangan unsur fosfor.
 
Dan bagaimana cara mengatasinya, cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur fosfor yaitu kita bisa menggunakan pupuk TSP dan juga pupuk sp-36 karena dari kedua jenis pupuk ini mengandung unsur fosfor yang sangat baik sekali untuk tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara pospor.

*Kemudian yang ketiga ciri-ciri tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara kalium:
 
a. Tanda tanda tanaman kelapa sawit kita itu akan berwarna bercak keorenan.
Dan biasanya terjadi pada tanaman kelapa sawit yang sudah menghasilkan ataupun tanaman kelapa sawit yang sudah mulai panen.
 
b. Tanda-tanda atau ciri-ciri kekurangan unsur hara kalium kedua adalah buah tanaman kelapa sawit kita itu tidak besar-besar dan cenderung ringan.
 
c. Kemudian tanda-tanda atau ciri-ciri yang ketiga yaitu hasil panen kita merosot dari biasanya.

Jadi kalau seandainya kita menemukan ciri-ciri yang di sebutkan tadi maka sudah dipastikan tanaman kelapa sawit itu kekurangan unsur hara kalium dan bagaimana cara mengatasinya? 
 
Cara mengatasinya adalah kita memberikan pupuk yang mengandung unsur hara kalium yaitu bisa menggunakan pupuk KCL atau mop.

Karena pupuk KCL ini mengandung unsur hara kalium sebesar 60%, jadi sangat baik sekali untuk tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara kalium dan ada yang tahu tidak kira-kira apa manfaat dari unsur hara kalium lainnya untuk tanaman kelapa sawit:

a. Manfaat yang pertama adalah bisa membesarkan buah kelapa sawit. 
 
b. Kemudian yang kedua bisa mempercantik kualitas bentuk dan warna dari buah kelapa sawit kita.

Dan itulah tanda-tanda atau ciri-ciri tanaman kelapa sawit yang kekurangan unsur hara nitrogen, kekurangan unsur hara fosfor dan kekurangan unsur kalium dan manfaat dari tiga unsur hara ini untuk tanaman kelapa sawit. Semoga bermanfaat.