Cocokkan Keterampilan Anda Untuk Menemukan Pekerjaan yang Sesuai

 https://www.smaspeman99.com/2024/03/cocokkan-keterampilan-anda-untuk.html

Keterampilan mengacu pada hal-hal yang Anda lakukan dengan baik. Kunci untuk menemukan pekerjaan yang paling tepat di industri ini yaitu mengenali keterampilan Anda sendiri dan mengomunikasikan pentingnya pekerjaan tersebut secara tertulis dan lisan kepada calon pemberi kerja. 

Mayoritas keterampilan yang paling layak digunakan adalah keterampilan yang digunakan dalam berbagai lingkungan kerja. Apa saja keterampilan tersebut? Apakah mencocokkan keterampilan Anda untuk menemukan pekerjaan yang tepat akan berhasil?

1. Tentukan keterampilan Anda

Ini akan membantu Anda menjadi kandidat utama untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Suatu keterampilan tidak berarti harus diadaptasi dalam lingkungan kerja. Bila ini adalah pencarian kerja pertama Anda dan Anda belum mempunyai pengalaman kerja hingga saat ini, Anda masih memiliki peluang di industri ini. Mayoritas keterampilan, termasuk yang berbasis pengetahuan dan bisa ditransfer, dapat diserap dan dikembangkan sebagai sukarelawan, pelajar, ibu rumah tangga, atau dalam aktivitas pribadi Anda lainnya.

Keterampilan yang sudah Anda gunakan untuk kegiatan tersebut masih dapat diterapkan pada pekerjaan yang Anda inginkan. Mengatur dan membuat daftar keahlian pribadi Anda dapat membantu Anda mengisi lamaran pekerjaan dengan mudah, memberikan informasi berguna untuk wawancara kerja, dan menyiapkan resume yang berkualitas. 

Pertama, Anda harus mengkategorikan keterampilan dengan memisahkan minat dan bakat Anda dari pengalaman kerja Anda.

* Bakat dan minat
Ini mencakup semua hobi Anda, aktivitas yang pernah Anda lakukan di masa lalu, dan semua hal yang menarik minat Anda. Dengan membuat daftar semua ini, Anda bisa memeriksa keterampilan yang diperlukan untuk mencapai setiap item. Keterampilan berdasarkan bakat dan minat bisa berupa pekerjaan rumah tangga, bermain basket, memperbaiki mobil, dan masih banyak lagi. 

Semua hal ini bisa menentukan apakah Anda mampu bekerja dalam tim, mampu menangani banyak tugas, mempunyai pengetahuan yang baik mengenai perkembangan manusia, pengetahuan tentang elektronik, dan kemampuan untuk mendiagnosis masalah mekanis dan numerik. Daftarnya terus bertambah, tetapi pastikan untuk mempertimbangkan keterampilan yang akan bermanfaat bagi lingkungan kerja.

* Riwayat pekerjaan
Ini termasuk pekerjaan sukarela, paruh waktu, lepas, musim panas, dan penuh waktu. Setelah Anda mencantumkan semua pekerjaan Anda sebelumnya, periksa keterampilan yang Anda lakukan dalam setiap tugas pekerjaan.

2. Meminta bantuan

Anda bisa pergi ke layanan pekerjaan yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Anda juga bisa mencari pekerjaan sendiri. Namun, selalu ingat untuk mencocokkan keterampilan dan kemampuan Anda dalam daftar Anda dengan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan dari berbagai pekerjaan. 

Dalam kebanyakan kasus, orang yang mencari pekerjaan diancam dengan jabatan. Hal ini seharusnya tidak terjadi. Selama keterampilan dan kemampuan Anda bisa memenuhi persyaratan beban kerja dan jabatan, kemungkinan Anda memperoleh pekerjaan yang Anda inginkan akan meningkat. Semoga bermanfaat.