Perawatan Kulit: Bagaimana Kulit Berubah Seiring Usia?

https://www.smaspeman99.com/2024/04/perawatan-kulit-bagaimana-kulit-berubah.html

Seiring bertambahnya usia, kulit juga mengalami perubahan. Perubahan pada kulit bersifat intrinsik dan ekstrinsik. Perubahan intrinsik merupakan perubahan yang muncul seiring bertambahnya usia tubuh. Perubahan ekstrinsik adalah perubahan yang terjadi karena faktor eksternal seperti sinar matahari, merokok, gravitasi, dan perawatan kulit yang buruk. 

Kita tidak dapat menghentikan perubahan intrinsik apapun karena hal itu sudah diprogram dalam tubuh kita, tapi kita pasti dapat mengubah kebiasaan dan mengurangi perubahan karena faktor ekstrinsik. Mari kita lihat perubahan kulit seiring bertambahnya usia. Seperti yang Anda ketahui, kulit memiliki tiga lapisan: Epidermis (lapisan terluar), Dermis (lapisan tengah) dan lapisan subkutan yang berada di bawah dermis.

Seiring bertambahnya usia, epidermis atau lapisan terluar mulai menipis. Melanosit (sel yang mengandung pigmen) berkurang. Walaupun melanosit berkurang jumlahnya, ukurannya bertambah. Hal ini memberikan tampilan pucat pada kulit. Perubahan penuaan akibat sinar matahari seperti muncul bintik-bintik liver atau lentigo. Mereka juga disebut bintik-bintik penuaan. 

Pembuluh darah di dermis mulai kehilangan kekuatannya dan mudah menimbulkan memar dan pendarahan di bawah kulit. Lapisan subkutan yang memberi bantalan lemak pada kulit menipis. Hal ini sekali lagi meningkatkan risiko cedera kulit. Kelenjar keringat dan kelenjar sebaceous menjadi kurang aktif. Seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan kekenyalan, tekstur, dan kekuatannya.

Dengan bintik-bintik penuaan dan pigmentasi lainnya, tampilannya hilang. Dengan melemahnya kekuatan, kulit menjadi mudah mengalami kerusakan. Penyembuhan menjadi sangat lambat. Penyembuhan mungkin empat kali lebih lambat pada usia tua dibandingkan pada masa muda. 

Kulit menjadi kering dan indra peraba kita, panas, dan lain-lain berkurang drastis. Pertumbuhan lain seperti kutil, semakin merusak penampilan. Kerutan muncul di kulit di semua tempat. Ketika lemak di bawah lapisan subkutan hilang, rongga muncul di pipi dan rongga mata. Rahang terbentuk karena gravitasi.

Rambutnya beruban dan memutih

Ada orang yang mengalami kerontokan rambut dan ada pula yang menumbuhkan rambut di tempat yang tidak diinginkan. Kuku menjadi tipis dan bulan sabit pada kuku menghilang. Seperti halnya setiap bagian tubuh kita, kulit menua dan menyebabkan perubahan yang merusak penampilan sepenuhnya. 

Kerusakan akibat sinar matahari bisa mempercepat penuaan kulit dan juga dapat menyebabkan penyakit kulit seperti kanker kulit dan lainnya. Perawatan kulit secara teratur diperlukan bersamaan dengan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari untuk mempertahankan penampilan awet muda untuk waktu yang lebih lama.

Artikel ini hanya untuk tujuan informatif. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai nasihat medis dan bukan pengganti nasihat medis profesional. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk masalah medis Anda. Semoga bermanfaat.