Roda Gigi-Penjelasan Serta Fungsinya

 https://maspeman99.blogspot.com/2021/09/roda-gigi-penjelasan-serta-fungsinya.html

Roda gigi merupakan komponen dalam mesin yang berputar berfungsi untuk mentransmisikan daya. Pada roda gigi mempunyai gigi yang bersinggungan diantara gigi pada roda gigi lainnya. Keduanya ataupun lebih roda gigi yang bersinggungan juga yang bekerja bersamaan yang dinamakan dengan transmisi roda gigi juga dapat menperoleh keuntungan mekanis dari rasio jumlah gigi. 

Pada roda gigi dapat mengubah kecepatan putaran, torsi serta arah daya pada sumber daya. Roda gigi tidak semuanya bersinggungan pada gigi lainnya, pada kasus saat pemasangan roda gigi juga pinion berpusat maupun di hasilkan oleh adanya gaya translasi, tidak dari gaya rotasi.

Bila buah roda gigi yang saling bersinggungan akan meneruskan gerakan rotasi. Roda gigi ukuran yang lebih kecil akan bergerak lebih cepat, sehingga mempunyai torsi lebih rendah. Pada roda gigi yang lebih besar akan bergerak lebih lambat, tapi mempunyai torsi yang lebih tinggi. Besar kecepatan putar serta torsi keduanya proporsional.

Untuk transmisi roda gigi analog pada transmisi sabuk juga puli, keunggulan dari transmisi roda gigi pada sabuk serta puli merupakan keberadaan gigi yang bisa mengurangi slip serta daya transmisinya akan lebih besar. Hal ini membuat roda gigi tidak dapat mentransmisikan daya sejauh kemampuan di lakukan oleh transmisi roda juga puli kecuali terdapat banyak gigi yang terhubung didalamnya.

Disaat dua roda gigi pada jumlah gigi tidak sama di kombinasikan, manfaat mekanis akan di peroleh, baik dari segi kecepatan putar atau dari segi torsi yang dapat di hitung pada persamaan secara sederhana. Roda gigi dalam jumlah gigi lebih besar memiliki peran guna untuk mengurangi kecepatan putar tapi menaikkan torsinya.

Di dalam rasio kecepatan yang telah di analisa pada jumlah giginya yaitu keunggulan roda gigi yang mengalahkan mekanisme transmisi lainnya seperti pada sabuk serta puli. Pada mesin yang presisi misalnya jam tangan mendapatkan banyak keuntunga pada rasio kecepatan putar yang benar. 

Pada kasusu ketika sumber daya serta beban berdekatan, roda gigi mempunyai keunggulan sebab dapat di rancang dengan roda gigi ukuran yang kecil. Kelemahannya dari roda gigi tersebut yakni produksinya yang lebih mahal juga memerlukan pelumasan yang mengharuskan biaya dalam pengoperasiannya yang mahal.

Seorang ilmuwan yunani kuno yakni archimedes yang pertama kali membuat pengembangan pada roda gigi dalam ilmu mekanika di sekolah aleksandria sekitar abad ketiga sebelum masehi. Dalam mekanisme antikythera yakni seperti pengaplikasian roda gigi yang awalnya sangat rumit. Lama waktu pengerjaan mekanisme ini diperkirakan sekitar 150 hingga 100 sebelum masehi.