4 Tips Merawat Aki Basah Agar Tahan Lama

 https://www.smaspeman99.com/2023/01/4-tips-merawat-aki-basah-agar-tahan-lama.html

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang aki mobil dan tips buat agar aki mobil anda awet. Berikut beberapa tips-tipsnya adalah pada saat mau bepergian mobil distarter tidak bisa hidup. 

Jadi cuman tetap snack doang tidak bisa nyala mesin mobilnya dan usut punya usut ditelusuri ternyata akinya soak atau ngedrop. Karena alternator dicek sudah oke dan ternyata yang sok adalah akinya, Pada hal akinya belum genap dua tahun atau setahun kurang.

Jadi bagaimana tips merawat aki mobil agar awet dan tidak ngetrip, yakni:

1. Untuk mobil yang jarang dipakai ataupun jarang digunakan dalam waktu agak lama. 

Alangkah baiknya yang pertama adalah panasi mobil 2-3 kali dalam seminggu agar aki mobil anda atau performa dalam aki mobil anda normal. Soalnya kalau terlalu lama tidak digunakan tidak dipanasi akan terjadi pengosongan muatan listrik pada aki itu sendiri.

Jadi harus dipanasi 2-3 kali dalam seminggu agar sirkulasi dari kelistrikan aki dan mobil tetap jalan normal dan stabil. Seperti itu, misalkan ditinggal mudik ataupun ada keperluan mendadak dan tidak ada orang untuk memanasi alangkah baiknya tips yang kedua adalah cabut sambungan aki yang negatif.

Jadi konektor terminal negatif ini dicabut saja, kalau misalkan tidak ada yang manasin dalam jangka waktu lama ataupun mau ditinggal mudik atau pada kondisi darurat dicabut saja terminal negatifnya agar tetap stabil. Dan tidak ada muatan listrik yang selalu mutar, selalu jalan ketika mobil tidak digunakan. Itu karena faktor terlalu lama ditinggal membuat aki akan drop ataupun swag.

2. Cek air aki
Jadi seperti ini kita harus cek selalu air aki, karena ada terdapat tulisan atau high level dan lower level. Kita sambil bersih-bersih bisa juga cek air akinya semua, bila air aki sudah di bawah atau lower alangkah baiknya ditambahin. Ditambahin dengan air aki, kalau untuk menambahkan air aki jangan salah ya, harus yang berwarna biru kemasanya.

Biasanya itu seperti air murni atau mineral murni, jadi untuk penambahan memakai air aki yang biru itu khusus untuk menambahkan. Jadi jangan sampai air aki di bawah level atau lower dan bahkan sampai platnya tidak terendam.

https://www.smaspeman99.com/2023/01/4-tips-merawat-aki-basah-agar-tahan-lama.html

3. Harus dicek juga dalamnya.
Bagaimana bawahnya yang ideal itu cek selalu di posisinya diatas lower saja. Jadi untuk penambahan sampai batas bawah upper, upper level. Itu sangat berpengaruh pada performa dari jadi kalau kedalaman aki sudah mulai turun di bawah lower segeralah diisi dengan air aki yang berwarna biru.

Untuk pengisian bahan akhir-akhir itu terus tips yang selanjutnya adalah apabila Terminal ataupun pull dari negatif ataupun juga yang positif ini ada keraknya. Akrabnya misalkan ada berkarat ataupun semacam kayak kerak, semacam kayak jamur, alangkah baiknya dibersihkan.

4. Lihat dari terminal ataupun pull dua-duanya yang negatif ataupun yang positif.
Apabila ada yang berkerak ataupun berjamur ataupun berkarat segera dibersihkan. Cara membersihkannya yaitu dengan cara sikat kawat, kalau yang bagus dengan cara dilepas dulu terus bersihkan semuanya, digosok-gosok, resiko merawat kalau tidak ada pakai sikat biasa tidak apa-apa. 

Harus sampai kerak itu hilang agar kerak atau kotoran itu tidak menempel lagi. Silakan dikasihkan oli sedikit saja, diolesin ke seluruh plat ke terminal ini sampai merata. Sedikit saja agar tidak ada kerak yang menempel lagi. Semoga bermanfaat.