Stasiun Penerimaan Buah-Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

Merupakan sebuah station tempat pertama kali buah diterima di area Pks. Baik buah dari kebun Pks itu sendiri maupun buah dari pihak ketiga sebagai supplier. Yang masuk dalam stasiun ini adalah:

Jembatan timbang (Weight bridge)

Suatu alat tempat untuk menimbang semua buah sebelum dilakukan pengolahan. Tujuan penimbangan ini yakni untuk mengetahui berat buah, dengan demikian dapat diketahui rendeman minyak sawit dan inti sawit yang akan diperoleh setelah proses, di Pks  penimbangan berbentuk jembatan yang ditempat sudutnya disangga oleh Load cell sebagai sensornya.

Grading

Tempat untuk melakukan penentuan mutu buah yang akan diolah. Agar bisa diperoleh mutu minyak yang baik, adapun tugas-tugas dari bagian grading seperti :

* Melaksanakan grading buah berdasarkan standard  ketentuan yang sudah berlaku di Pks tersebut dalam menentukan jenis buah juga tingkat kematangan buah.

* Mengarahkan kendaraan pengangkut buah keposisi mana buah harus dibongkar, sesuai dengan keadaan buah dengan tujuan buah yang terlalu matang bisa diolah terlebih dahulu.

* Mengisi buku laporan harian penerimaan buah dan proses gradingnya.

* Mencatat nomor kendaraan pengangkut dan menerima surat pengantar buah yang asli dari kebun kepada sopir pengangkut.

* Menyerahkan hasil grading yang berwarna hijau dan kuning ke sopir pengangkut buah sementara warna putih dan merah kebagian laboratorium.

Loading ramp

https://maspeman99.blogspot.com/2021/10/stasiun-penerimaan-buah-pabrik.html

Lokasi untuk penampungan buah sementara sebelum dimasukkan kedalam Lori. Pengaturan buah di loading ramp diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi stagnasi atau terputusnya siklus perebusan. Dalam pengisian buah kedalam lori sebisa mungkin menggunakan system “ FIFO “ yaitu First in First Out atau buah masuk lebih dulu olah lebih dulu.

Loading Ramp yang ada di Pks masih banyak jenis loading ramp by atau pintu dan setiap pintu terdapat 2 sliding door yang digerakan oleh hidrolik bertekanan kerja 50 bar dan berkapasitas 15 ton/pintu. Kapasitas lorinya adalah 7,5 ton. Buah yang sudah terisi ke dalam lori kemudian ditarik menggunakan capstand kearah sterilizer yang sebelumnya diluruskan arah relnya menggunakan transfer carry.