4 Kelebihan Gula Kelapa Dari Gula Pasir

https://www.smaspeman99.com/2021/12/4-kelebihan-gula-kelapa-dari-gula-pasir.html

Lebih sehat gula kelapa atau gula pasir

Hi sobat semua kali ini membahas gula kelapa dan gula pasir yang banyak diperdebatkan yakni gula kelapa atau gula pasir lebih sehat yang mana?

Seperti kita mengetahui karena kencing manis terlalu populer di mana-mana, orang sakit kencing manis mulai sadar dari makan gula pasir sudah mulai pelan-pelan pindah ke gula aren yaitu gula jawa. Kalau di bilang gula aren itu lebih baik dari pada gula pasir atau yang dikatakan gula tebu. Gula tebu itu karena kandungannya tinggi gulanya menjadikan kita bisa terkena penyakit diabetes. Namun gula aren pun orang sekarang makin pinter, mengenalkan dan makin luas mulai berpindah lagi ke namanya gula kelapa organik.

Kenapa karena gula kelapa organik itu lebih banyak kandungannya yang lebih baik malah manfaat gula kelapa itu bisa menjaga ketahanan tubuh kita. Bisa sampai menyembuhkan beberapa macam penyakit. Juga bisa gula kelapa organik itu baik yang bisa tidak hanya menurunkan diabetes atau kencing manis.

Sekaligus juga bisa memperbaiki banyak penyakit-penyakit juga, kebaikan dari gula kelapa ini justru untuk kesehatan didasarkan banyaknya kandungan zat yang berguna untuk tubuh. Seperti banyaknya mineral, banyaknya vitamin, banyaknya zat besi yang ditemui di dalam gula kelapa ini yang tidak terdapat pada gula lainnya.

Untuk campuran di makanan dan di minuman tergantung selera kita, karena dirasanya lebih resat, lebih gurih dan lebih khas. Bahwa gula kelapa itu sangat baik pada tubuh. Jadi sekarang pertanyaannya benarkah gula kelapa lebih sehat daripada gula biasa?

Didalam gula kelapa tidak mengandung fruktosa, dia mengandung 80% sukrosa, sedangkan kita tahu fruktosa tidak baik untuk kesehatan kita. Jika kita bandingkan dengan gula biasa mengandung 50% fruktosa 50% sukrosa, kalau pada gula jagung mengandung 50% fruktosa 45% sukrosa. Makanya kalau kita bisa coba gula kelapa yang mengandung 80% sukrosa baik untuk kesehatan kita.

Itu jauh lebih bisa manfaatkan dan baik untuk tubuh dan bisa mengurangi dan menghindari penyakit diabetes atau kencing manis. Maka dari itu kita marilah pelajarin proses pembuatan gula kelapa, prosesnya yakni bunga dari pohon dipotong, cairannya ditaruh dalam kontainer dan digodok sampai uapnya keluar, tinggal sisa butiran gula jadi kristal. Butiran gula tersebut sangat mirip dengan gula pasir biasa.

Cuman lebih kecil lebih dan warnanya kecoklat, ini adalah gula kelapa kalau di lihat proses begitu alami. Inilah yang menjadikan berhasiat tinggi karena masih mengandung zat-zat yang baik seperti zat besi, potasium dan asam lemak. Jaringan rantai pendek polifenol juga antioksidan di dalam gula kelapa ada substansi serat yang namakan inulin.

Serat-serat di dalam gula kelapa ini yang bisa memperlambat penyerapan glukosa kedalam tubuh kita dengan ada inulin ini di dalam gula kelapa kita bisa mendapatkan indeks yang lebih rendah. Yang bisa memperlambat menyerapnya gula ke dalam darah, marilah kita mengenal kelebihan dan kekurangan dari gula kelapa:

1. Mencegah diabetes

Gula kelapa bisa mencegah diabetes, karena berdasarkan dari luar negeri banyak dokter sudah sarankan penderita diabetes, pasiennya untuk menggantikan gula tebu dengan gula kelapa yang organik karena gula kelapa bisa berfungsi sebagai membantu mengurangi penyakit diabetes. Karena di dalam gula kelapa kalau dibawa ke lab, memiliki  rendah kadar glue semiq indeks / IG yang diterima dibanding dengan gula tebu di angka 60. Jadi gula kelapa itu makan manis yang kita tetap bisa nikmati yang masuk ke dalam perut.

Kalau makan gula kelapa, pelan-pelan gula darah kita makin mengecil dibanding sama gula tebu makin nambah. Karena dia conversion indeks yaitu sampai 60% dengan glue semiqq indeks hanya 35 di gula kelapa, ini akan bisa memperlambat proses penyerapan glukosa ke dalam darah. Dengan melambatnya ini salah satu yang bisa perbaiki diabetes, kencing manis kita.

2. Mencegah terjadinya anemia atau kurang darah

Kenapa? gula kelapa mengandung zat besi yang melimpah, kedua melancarkan sirkulasi darah, ketiga proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Dalam gula kelapa banyak mineralnya menjadi efektif untuk tubuh.

Zat besi ini baik untuk orang yang kekurangan sel darah merah yaitu anemia, karena akan bisa menumbuhkan sel darah baru dan juga di dalam gula kelapa itu mengandung namanya folat. Jadi folat itu dapat mencegahnya terjadinya penyakit anemia dengan sangat ampuh.

3. Gula kelapa ini bisa mengatur tekanan darah

Tekanan darah yang ketinggian bisa jadi normal, yang rendah bisa jadi normal. Sederhananya kalau ketinggian gula darah atau tekanan darah kita tinggi bisa diubah menjadikan normal, kalau yang kekurangan darah, tekanan jadi rendah bisa dinaikin dengan tumbuhan sel darah baru dan ada folatnya, ada banyak mineral.

Yang bisa membalikkan menjadi tekanan darahnya balik ke kondisi normal dan itu baik juga seringkali orang tidak bisa menaik turunkan tekanan darahnya tidak normal distabilkan. Juga dengan minum gula kelapa ini baik dan lebih baik dari pada obat prinsipnya bisa mengatur, menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh.

Sedangkan kalau obat tekanan darah tinggi, dikasih obat untuk tekanan ke bawah kalau sampai melebihi kita harus makan obat yang bisa naikin, dengan gula kelapa kita makan setiap hari menggantikan gula pasir. Tekanan darah tinggi bisa ke normal, tekanan darah rendah bisa normal.

Dan seperti di ketahui juga jika terasa lemas, loyo dengan makan gula kelapa juga bisa berfungsi yang sama meningkatkan lebih banyak energi. Kalau makan gula bisa lebih semangat lagi. Orang lelah, kecapean dengan minum satu gelas gula kelapa saja langsung badan bisa pulih kembali, normal kembali.

Memang gula bisa memberi energi supaya kalau lagi lemes, kekurangan energi dengan minum gula kelapa yang dicampur teh atau campur kopi memang bisa langsung merubah tubuh kita membakar energi baru menjadi lebih segar, lebih fit, dan lebih sehat. Satu lagi banyak orang tidak tahu dengan makan gula kelapa bisa menumbuhkan, meningkatkan pertumbuhan bifidobacteria, di dalam tubuh dengan memperbaiki bakteri-bakteri yang didalam usus. Membuat selalu sehat, membantu organ lain, membantu pencernaan berarti di dalam gula kelapa bisa meningkatkan kesehatan pencernaan termasuk didalam usus.

Itu ditumbuhkan bifidobacteria yang bisa membalas menumbuhkan pencernaan lebih sehat, lebih bagus. Ibaratnya menumbuhkan bakteri bakteri sehat atau probiotik untuk wujud membuang kotoran-kotoran, racun-racun dari usus pencernaan sendiri. Sehingga dengan makan gula kelapa secara rutin gantikan gula biasa bisa juga serat gula kelapanya itu mengatasi sembelit.

4. Menghindari mual hingga mules

Ibaratnya juga yang menjadi sepenuhnya tidak benar atau tidak sehat akan dikuras, dibersihkan termasuk racun-racun toksit juga dibersihkan sampai bisa mencegah dari kanker usus. Luar biasa ini gula kelapa, juga bisa memperbaiki atau mengurangi rasa ketakutan didalam tubuh.

Kalau orang seringkali memiliki rasa ketakutan yang berlebihan, pikiran ada rasa ketakutan, kurang tenang otaknya. Dengan makan gula kelapa ini karena mengandung hormon dan neurotransmiter yang bisa menenangkan otak. Hal ini yang menetralisirkan pikiran yang tegang, grogi yang kuat, terlalu ketakutan berlebihan, ditenangkan dengan rasa manisnya atau neuro transmitternya.

Ini di dirubah, ditenangkan pikiran menjadi terasa lebih rileks, lebih tenang, lebih santai tidak grogi lagi, tidak ketakutan yang berlebihan yang tidak semestinya. Manisnya gula kelapa bisa  berfungsi perbaiki rasa cemas. Gula kelapa juga bisa mencegah stress, tadi kalau di bilang mencegah ketakutan, sekarang mencegah stres karena dasarnya di dalam gula kelapa itu mengandung polifenol sama fitonutrisi yang bagus bisa menenangkan. Membuat kita jadi tenang, menghilangin stres, ini semua dasar dari gula kelapa punya salah satu hasiat yang jarang sekali orang ketahui.

Jadi gula kelapa mampu menurunkan berat badan, mungkin orang makan manis bisa menurunkan berat badan justru banyak yang belum mengerti. Dengan makan gula kelapa bisa menurunkan berat badan seperti kita ketahui kalau gula tebu itu mengandung 50% trus 50% sucrose.

Jadi fruktosa itu yang buruk biasanya kalau di dalam gula tebu banyak fruktosa, kalau makan fruktosa akan berubah lemak menjadi meningkatkan berat badan. Jadi makan manis itu makan fructus kalau tinggi bisa merubah menjadi lemak dibadan kita. Sedangkan di dalam gula kelapa tidak ada fruktosa, adanya sukrosa dan ada lagi yang namanya potasium.

Potasium yang tinggi di dalam gula kelapa akan meningkatkan metabolism, didetox, dibersihkan racun-racun di buang dan lemaknya pun juga dikuras. Di luar negeri sudah diakui pengganti gula tebu dan gula aren, kalau orang mau diet yang makanya madu dan gula kelapa.

Gula kelapa juga dapat meredakan demam dan flu di dalam musim-musim sekarang ini perubahan cuaca yang terlalu drastis sering kena flu, daya tahan akan menurun. Biasanya makan gula pasir atau gula tebu malah imun tubuh makin banyak gula makin lemah. Justru dengan kondisi ini kalau kita makan gula kelapa yang natural serba alami yang banyak mineral dan vitaminnya.

Biasanya kalau orang minum jahe sama lemon ditambah gula kelapa bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Merendahkan flu dan demam juga seperti sudah di pelajari gula kelapa bukan hanya sekedar manisnya kita nikmati dan ada khasiatnya yang bisa memperbaiki dengan suatu hari menggantikan konsumsi gula pasir dengan gula kelapa. Ini bisa manfaatkan banyak hasiatnya untuk kesehatan tubuh dari yang namanya kencing manis , bisa diperbaiki atau diabetes, bisa menurunkan tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah bisa dinormalkan.

Stres bisa dihilangkan dan banyak sekali hasiat-khasiat sederhana gula kelapa yang proses alami dan harganya juga tidak mahal. Secara proses natural, alami banyak hasiatnya, banyak potasium, banyak polifenol, banyak vitamin-vitamin yang baik buat kesehatan tubuh. Untuk menghindari dihari tua atau di kemudian harinya penyakit diabet. Cobalah sehari-hari ganti gula dengan gula kelapa yang sehat.