4 Orang Yang Membantu Pekerjaan Asisten Teknik Perkebunan Sawit

 https://www.smaspeman99.com/2021/12/4-orang-yang-membantu-pekerjaan-asisten.html

Sobat semuanya yang membaca artikel ini, saya akan mengulas pekerjaan - pekerjaan yang di lakukan oleh seorang Asisten teknik di perkebunan kelapa sawit. Mungkin sudah ada yang membahas pada artikel lainnya. Namun kali saya akan membahas sesuai dengan apa yang saya lalukan di lapangan dan workshop perkebunan.

Apa saja kah itu semua?

Mari simak penjelasan - penjelasan saya berikut ini:

Di perkebunan kelapa sawit itu yakni menanam dan merawat kelapa sawit, mulai dari pembukaan lahan, penanaman kelapa sawit, merawat hingga besar, dan yang terakhir proses pemanenan buah kelapa sawit. 

Fungsi dari asisten teknik / asisten traksi yaitu melakukan perawatan pada semua alat - alat yang di gunakan didalam perkebunan tersebut, kemudian mendistribusikan peralatan ke semua afdeling berdasarkan pekerjaan dan permintaan dari rekan kerja asisten kebun, juga ada yang namanya merawat jalan agar segala kegiatan bekerja dengan lancar dan yang terakhir membangun maupun merawat prasarana lainnya seperti: titi panen, gorong - gorong, perumahan dan sebagainya.

Dalam pekerjaan yang banyak tersebut Asisten teknik atau traksi harus melakukan pekerjaan itu setiap hari, dan bertanggung jawab kepada menager kebun sebagai atasan langsung di tempat kerja, juga bertanggung jawab kepada manager traksi sebagai atasan langsung yang berkedudukan di kantor wilayah atau kantor pusat.

Bukan hanya mengerjakan bagian pekerjaan lapangan saja, asisten traksi atau asisten teknik juga mengurusi bagian administrasi di kantor, atau administrasi teknik. Seperti apa pekerjaan yang di lakukan dalam administrasi. 

Yakni melakukan pengecekan kepada semua anggota traksi termasuk kehadirannya, mengecek kesiapan kendaraan serta alat berat, memeriksa semua inventaris peralatan transport, memeriksa buku tuga kerja karyawan bengkel, memonitoring semua kelancaran yang berkaitan transport, pengecekan penugasan harian dan pencatatan setiap adanya penyimpangan, pemeriksaan administrasi ketersediaan speartpart, membuat perencanaan kerja bengkel serta transport dan pekerjaan bangunan atau tukang, pengawasan kebersihan dan keamanan wilayah perbengkelan.

Dalam melakukan semua pekerjaan yang banyak dan rumit itu, semua pekerjaan yang di lakukan oleh Asisten traksi di bantu oleh beberapa bawahan untuk melakukan pengawasan langsung pada tiap - tiap pekerjaan tersebut. Siapa saja yang membantu asisten traksi atau asisten teknik.

Berikut daftar bagian - bagian yang membantu pekerjaan asisten teknik/asisten traksi:

1. Kepala bengkel

Yang pertama ini ada kepala bengkel atau mandor mekanik, yang membantu asisten teknik untuk melakukan pekerjaan di bagian perbengkelan maupun di lapangan. Seperti apa pekerjaan yang di lakukannya: yakni melaksanakan apa yang di tugaskan oleh asisten tekni, mengatur tenaga kerja mekanik baik itu di worksop maupun yang di lapangan, mengawasi karyawan yang khusus membersihkan alat, mengawasi pekerjaan perbaikan di setiap alat juga servicenya, mengatur serta menata area perbengkelan dan juga kebersihannya.

2. Mandor traksi/transport

Selanjutnya asistek teknik itu di bantu oleh seorang mandor transport, yang mengurusi masalah kendaraan dan alat berat. Seperti apa pekerjaannya yakni: melaksanakan instruksi pekerjaan yang di berikan oleh asisten teknik/traksi, melakukan pengaturan pada semua alat transport baik itu di perbengkelan maupun di afdeling, memeriksa keadaan alat transport bersama para operator maupun sopir, mengatur jadwal pencucian semua unit, melakukan pemeriksaan pada bukur kerja atau carlog operator setiap hari dengan benar, melakukan pencatatan permasalahan transport dan berkordinasi dengan asisten teknik dan kepala perbengkelan, melakukan pengawasan kelancaran angkutan.

Termasuk juga permasalahan atau kendala - kendala kendaraan angkutan buah yang terpuruk di afdeling, dan mengupayakan agar semua berjalan lancar. Sehingga support pekerjaan di afdeling bisa tercover dengan baik.

3. Mandor bangunan / kepala tukang

Mandor bagunan juga di bawah asisten teknik untuk melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan bangunan. Pada beberapa perusahaan perkebunan, sebagian sudah terpisah strukturnya yakni di bawah seorang asisten sipil.

Namun sebagian perusahaan masih banyak yang membuat struktur pekerjaan bagunan masih di bawah asisten teknik/traksi. Apa saja bentuk pekerjaannya yakni melaksanakan apa yang di instruksikan asisten teknik atau traksi, mengatur dan mengawasi pekerjaan bangunan (seperti melakukan perawatan perumahan, membuat gorong - gorong, membuat titi panen dari beton, membangun jembatan ukutan kecil untuk kelancaran kebun, dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan bangunan), melakukan pemeriksaan bahan - bahan bangunan dan memeriksa hasil kerja anak buahnya dalam perbaikan semua prasarana di kebun.

4. Krani teknik/traksi

Yang terakhir yaitu krani teknik yang membantu asisten teknik untuk mengurusi bagian administrasi di perbengkelan baik itu administrasi bengkel, transport dan sipil. Apa saja pekerjaan yang di kerjakan: melakukan pemeriksaan masalah STNK semua kendaraan seperti truk dan mobil support, memeriksa masa berlaku SIM semua operator, melakukan pengisian buku riwayat kendaraan, mengelola suku cadang semua alat, mengisi rekapitulasi carlog, mengisi rekapitulasi mobil penumpang.

Juga administrasi yang lain juga banyak menjadi tanggung jawab dari krani teknik, seperti dalam hal pengisian admisnistrasi penggajian karyawan, yang bekerja sama dengan asisten teknik. Inilah beberapa orang yang membantu pekerjaan asisten tekni baik di lapangan maupun di bengkel serta administrasinya. Dengan membaca artikel ini semoga sobat sekalian yang memiliki minat bekerja di perkebunan kelapa sawit bisa menambah gambaran pada pekerjaan - pekerjaan di area kebun.