Cukupkah Hasil Pertanian Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup Para Petani

 https://www.smaspeman99.com/2021/12/cukupkah-hasil-pertanian-untuk-memenuhi.html

Persoalan cukup atau tidak hasil pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup para petani memiliki jawaban yang luas dan agak mendalam. Berikut penjelasannya, bila petani tersebut memiliki lahan pertanian yang luas mungkin jawabannya cukup, dan bisa untuk membiayai sekolah anak-anaknya.

Kalau untuk petani yang memiliki lahan pertanian yang terbatas dan untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah anak-anaknya tidak cukup. Alasannya kebanyakan para petani secara kenyataan hanya memiliki lahan pertanian yang terbatas atau sedikit dan sebagian besar ada yang sistem sewa lahan pertanian untuk di kelola dengan cara bagi hasil kepada pemilik lahan.

Setelah panen maka hasilnya akan di berikan sebagi uang sewanya kepada pemilik lahan, hal ini lah yang membuat hasil pertanian tidak cukup. Karena hasil panen juga sebagian di gunakan untuk makan, sebagian untuk belanja kebutuhan dan biaya sekolah, sebagian untuk membayar sejumlah biaya kebutuhan lainnya seperti kredit motor. Hasil padi yang hanya bisa menghasilkan hanya 2 kali setahun tidak bisa membiayai semuanya.

https://www.smaspeman99.com/2021/12/cukupkah-hasil-pertanian-untuk-memenuhi.html

Sehingga para petani banyak yang melakukan beberapa pekerjaan tambahan untuk memenuhi kebutuhan agar bisa menambah perekonomiannya. Beberapa tambahan yang di kerjakan para petani seperti memelihara ikan, memelihara ternak (seperti kambing, sapi, kerbau, bebek, ayam dan lainnya). Petani juga bisa berkebun yang hasilnya bisa dijual untuk menambah pemasukan keuangan seperti menanam pisang, ubi, buah - buahan dan sebagainya.

Ada juga sebagian petani yang setelah musim tanam selesai para suaminya bekerja sebagai buruh bangunan, pekerjaan yang bergaji harian misalnya kuli panggul dipasar, ada juga yang menjadi nelayan. Inilah beberapa penjelasan mengenai cukup atau tidak hasil pertanian untuk kebutuhan para petani, semoga menambah pengetahuan para sobat baca sekalian.