Sistem Cuti Karyawan Pertambangan Batu Bara-Kalimantan

 https://www.smaspeman99.com/2021/12/sistem-cuti-karyawan-pertambangan-batu.html

Hi sobat baca sekalian...apa kabar??

Semoga kalian pas baca artikel ini lagi dalam keadaan sehat..ya.
Juga yang ingin terjun kerja di pertambangan batu bara, namun masih bingung atau kurang paham sistem cutinya disini akan saya ulas.

Pada pertambangan batu bara berdasarkan pengalaman pernah bekerja selama hampir 7 tahun lamanya di daerah kalimantan, saya akan mengulasnya disini. Kebetulan saat itu saya bekerja di perusahaan besar yakni perusahaan Australia.

Sistem cuti yang saya ulas mungkin tidak sama dengan semua perusahaan pertambangan batu bara, namun intinya kurang lebih dan bisa hanya sebagai gambaran untuk anda. Bagaimana sistem cuti untuk karyawan, akan saya bahas kedalam 3 tahap yakni:

1. Karyawan biasa atau lokal

Yaitu karyawan yang rekrutannya berdasarkan seleksi dari daerah, seperti perekrutan di lokasi tambang tersebut. Ini berlaku pada semua karyawan rekrutan lokal, baik itu rekrutan sekelas mandor namun di rekrut lokal, artinya mereka karyawan - karyawan putra daerah yang tempat tinggalnya masih di sekitar pertambangan atau kota lain masih di wilayah yang sama.

Untuk cuti berlaku 1 tahun dan ini berdasarkan dari keputusan managemen dan sudah menjadi aturan perusahaan. Jatah cuti dalam setahun sebanyak 14 hari, namun setelah ditahun kedua masa kerja sesudah permanen, cuti bisa di ambil atau di ajukan selama 6 bulan di ambil separuh atau 7 hari. 

Ini berlaku bisa sikaryawan memiliki kepentingan mendesak seperti adanya kemalangan keluarga, maupun acara lainnya. Namun untuk sistem kerjanya berlaku enam hari kerja shift siang dan 3 hari off atau libur dan kemudian masuk sihft malam 6 hari, kemudian off atau libur 3 hari, seperti itu seterusnya.

2. Karyawan luar kota

Untuk karywan luar kota atau saat perekrutan di wilayah lain akan berbeda sistem cutinya dengan karyawan lokal. Sistem kerjanya masih sama yakni shift siang 6 hari dan off kemudian lanjut shift malam 6 hari kemudian off. 

Yang membedakannya yakni cutinya dari lokal, untuk karyawan dari luar kota masa cutinya per 3 bulan sekali cuti selama 14 hari. Dan mendapat biaya cuti pulang pergi hingga sampai kerumah karyawan tersebut yakni biaya perjalanan darat.

3. Karyawan staff

Untuk karyawan staff agak berbeda dengan karyawan biasa maupun karyawan luar kota. Untuk sistem kerjanya masih sama dengan sistem kerja karyawan lainnya yakni 6 hari kerja baru off. Untuk karyawan staff adalah berdasarkan melalui rekrutmen khusus biasanya mereka di rekrut sercara via telphone maupun rekrutan langsung ke Universitas. Kebanyakan para staff direkrut karena mereka memang sudah memiliki skill atau pengalaman sesuai di bidangnya di pertambangan batu bara tersebut.

Karyawan staff biasanya mulai dari manager atau superintendent, senior supervisor, supervisor, senior forman, forman maupun staff di kantor. Sistem kerja staff senior supervisor hingga forman masih 6 hari kerja dan off. Sedangkan untuk manager atau superintendent masuk kerja selama 2 bulan baru cuti. 

Untuk sistem cuti mulai dari manager atau superintendent hingga forman sama dalam 2 bulan sekali cuti selama 14 hari. Namun cutinya yakni cuti kerja dan pulang kekampung masing masing, di berikat biaya transportasi darat, cuti pesawat dan uang saku di perjalanan. Berangkat cuti maupun pulang cuti akan di jemput mobil perusahaan. Gmana sobat tertarik kerja di pertambangan batu bara.