Apakah Karyawan Perkebunan Sawit Tidak Memiliki Baju Seragam Kerja

 https://www.smaspeman99.com/2022/02/apakah-karyawan-perkebunan-sawit-tidak.html

Hi sobat baca semua....salam sehat ya.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai baju seragam kerja yang di pakai oleh karyawan perkebunan sawit.

Sebenarnya baju seragam kerja di perkebunan sawit ada, jadi intinya baju seragam kerja di perkebunan sawit di berikan kepada semua karyawan yang sudah permanen. Untuk para staf juga di berikan baju seragam dengan jatah setiap 6 bulan sekali sebanyak 3 pasang. Sedangkan untuk karyawan yang permanen hingga mandor di berikan 1-2 pcs pertahun.

Yang mendapat baju seragam kerja perkebunan di berikan, seperti:

1. Karyawan afdeling seperti bagian perawatan dan pemanen buah yang permanen

2. Karyawan kantor

3. Karyawan teknik seperti bengkel dan transport.

Karena baju seragam yang diberikan dengan jangka waktu yang lama, jika itu-itu saja yang dipakai untuk kerja akan cepat rusak. Sehingga agak jarang di pakai karyawan atau hanya waktu-waktu tertentu saja di gunakan baju seragam tersebut, seperti hari senin saat apel gabungan.

Untuk karyawan bengkel dan transport juga mendapat jatah yang sama untuk pemberian baju seragam dan sepatu safety. Karena untuk baju dan kebutuhan lainnya yang tersedia anggarannya sangat minim atau kecil. Kebanyakan perusahaan perkebunan sawit masih kurang memperhatikan hal-hal seperti ini.

Masih membutuhkan proses yang panjang agar bisa level perusahaan perkebunan sawit sama atau sejajar dengan perusahaan lainnya, seperti sekelas perusahaan batu bara yang selalu mengutamakan kesejahteraan dan keselamatan untuk karyawannya.

Kesimpulannya:
Terdapat juga beberapa perkebunan sawit yang besar, yang sudah memiliki managemen yang baik. Termasuk dalam hal pemberian pakaian kerja dan APD lainnya, namun karena sistem perusahaan perkebunan yang tidak seketat perusahaan industri lainnya, jadi penggunaan pakaian seragam dan pakaian biasa saat bekerja masih ada toleransi.