Kewajiban Seorang Asisten Traksi/Teknik Sebagai Pribadi Seorang Leader Dalam Keseimbangan Kerja

 https://www.smaspeman99.com/2022/02/kewajiban-seorang-asisten-traksiteknik.html

Pada dunia perkebunan, dengan pengelolaan lahan perkebunan sawit yang di dalam kegiatannya, peran Asisten traksi/teknik juga merupakan salah satu yang penting. Sebagai asisten yang memimpin satu departemen harus bisa menyelesaian pekerjaan dan membuat perkembangan di departemennya tersebut.

Berikut beberapa kewajiban yang harus di lakukan Asisten traksi/teknik yang perlu anda ketahui:

1. Sebagai role model
Asisten traksi harus menjadi contoh model bagi semua anak buahnya, baik itu pada bagian maintenance, operator maupun bagian sipil. Sikap dan perilaku sebagai pimpinan akan menjadi penentu sehingga anak buah akan mengikuti. Sikap itu seperti memiliki ketegasan, membuat tim semakin kompak, mengatur pekerjaan dan lainnya.

Dengan memiliki sikap kepemimpinan, maka semua pekerjaan dan peraturan akan di ikuti oleh para bawahan, jika atasan tidak memiliki sikap kepemimpinan yang baik maka bawahan tidak akan mengikuti dan mereka akan sering bekerja dan bertindak sesuka hatinya.

Menjadi pimpinan yang di jadikan sebagai role model oleh para bawahan itu tidak mudah, dan ada beban tersendiri yang harus di emban. Jangan sampai salah dalam bertindak sehingga anak buah akan kurang menaruh rasa hormat dan patuh kepada atasannya.

2. Sebagai pengambil keputusan
Asisten traksi /asisten teknik merupakan pimpinan tertinggi di departemennya, dan sebagai eksekutor pekerjaan dilapangan. Sehingga dalam pengambil keputusan itu tidak boleh plin-plan atau ragu-ragu. Dan juga harus memikirkan dampaknya pada pekerjaan, karyawan dan dengan pertimbangan yang tepat.

Banyak pekerjaan-pekerjaan yang seringkali terjadi dilapangan, yang harus mengambil keputusan dengan tepat. Misalnya seperti pembagian alat sesuai dengan kebutuhan asisten afdeling, penarikan dan pengalihan alat ke afdeling lain untuk mengefektifkan pekerjaan, penarikan alat yang bermasalah maupun penanganan kerusakan yang terjadi dengan cepat, dalam contoh kasus seperti ini, dilapangan sangat di perlukan pengambilan keputusan dengan benar oleh seorang Asisten traksi/teknik.

3. Dituntut untuk fokus pada tugas kerjanya
Asisten traksi /asisten teknik memiliki pekerjaan yang besar dan tekanan yang tinggi, maka dengan itu di tuntut agar selalu fokus pada pekerjaannya. Misalnya fokus pada perawatan maupun perbaikan semua peralatan, baik itu dump truk, traktor, alat berat (seperti excapator, compaqtor, grader dll), mesin pompa air dan mesin penerangan lampu.

Asisten harus fokus sehingga bisa meminimalkan kerusakan dan breakdown suatu peralatan, karena akan berdampak pada cost/biaya dari peralatan yang dianggarkan. Juga Asisten fokus pada transportasi disemua pekerjaan, kontrol dan kordinasi di lapangan merupakan cara untuk memudahkan dan mengefektifkan transportasi bekerja dengan efektif.

Disamping itu juga Asisten harus fokus terhadap administrasi, termasuk biaya perbaikan, biaya gaji karyawan, biaya komponen peralatan, biaya bahan bakar minyak (BBM), biaya upah, biaya lain-lain, pengecekan ketersediaan speartpart di gudang dan lembur karyawan. Semuanya itu perlu pengawasan dan fokus dari seorang asisten atau leader.

4. Sebagai pemberi arahan
Asisten memiliki peran untuk mengarahkan dan mengontrol semua pekerjaan, seperti di mulai dari awal kerja yakni dengan melakukan apel pagi yang membahas pembagian pekerjaan baik itu pada bagian maintenance, supir/transport dan sipil. Di dalam apel di bagikan pekerjaannya, disamping juga sudah di tuliskan di papan job kerja karyawan sehingga mereka tahu pekerjaannya. Juga di dalam apel pagi membahas kendala-kendala di lapangan dalam pekerjaan, membahas administrasi serta keselamatan kerja dan menerapkan aturan.

Di dalam pengarahan tersebut asisten harus memiliki kemampuan untuk memimpin yang baik, dan berkordinasi dengan para mandor sebagai bawahan yang membantu pelaksana kerja di lapangan. Arahan kerja harus bisa di aplikasikan dengan benar sehingga target kerja harian bisa terlaksana dengan baik dengan kelancaran kerja. Inilah kewajiban dari seorang Asisten traksi/teknik dalam hal leadership pada bidangnya. Semoga bermanfaat.