Mengapa Orang Yang Menganggur Lama Akan Susah Mendapatkan Kembali Pekerjaan Baru?

 https://www.smaspeman99.com/2022/02/mengapa-orang-yang-menganggur-lama-akan.html

Hi...sobat baca sekalian, semoga sehat semua ya!!

Kali kita akan mengulas mengenai seputar pengangguran, apalagi disaat sekarang banyak yang terdampak, semoga semua yang mengalami bisa mendapat pekerjaan yang baru dan kembali menjalankan aktivitas.

Berikut beberapa hal yang menjadi alasannya:

1. Adanya rasa malas
Terkadang ketika kita sudah lama pakum atau tidak bekerja akan memunculkan rasa malas, karena kebiasaan disiplin disaat bekerja akan memudar ketika kita terlalu lama menganggur. Mencoba banyak lamaran pekerjaan, dan mengikuti berbagai serangkaian test. 

Namun berakhir dengan kegagalan maupun tidak ada kabar berita selanjutnya oleh pihak perusahaan. Sehingga hal ini bisa menimbulkan frustasi atau kurang semangat pada diri sendiri. Sehingga hal seperti ini menimbulkan rasa malas yang terjadi.

2. Sulit melupakan pekerjaan yang lama
Sewaktu kita bekerja, kita sudah merasakan rasa nyaman, memiliki penghasilan yang besar, menjadi karyawan permanen, membuat kita sejahtera di kotak aman tersebut. Namun ketika badai PHK datang dan membuat kita terhempas dari kotak aman tersebut. Apalagi sampai mengalami pengangguran yang hingga bertahun-tahun.

Hal ini yang membuat kita tidak bisa bergerak untuk maju dan selalu mengingat kenyamanan tersebut ketika kita bekerja di tempat yang lama. Dengan kita selalu membanding-bandingkan dan selalu memilah-milah dengan melihat dari sisi gaji, fasilitas dan lainnya. Yang akan membuat kita susah atau kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Sehingga setiap ada perusahan yang merekrut kita terlalu banyak pertimbangan dan akan mengalami menganggur dalam waktu yang akan lama.

3. Penurunan mental
Menjadi pengangguran yang cukup lama akan membuat penurunan mental pada diri kita sendiri. Hal ini disebabkan kita yang sebelumnya sudah bekerja, punya penghasilan, selalu memiliki uang dan sekarang tiba-tiba hilang hingga kita tidak memiliki uang sama sekali. Ini akan membuat perubahan mental pada diri kita, ada rasa kurang percaya diri karena orang-orang disekitar kita sudah berubah semenjak kita jadi pengangguran. 

Hal ini akan membuat kita merasa sendirian, karena orang-orang yang dulunya dekat kini akan mulai menjaga jarak dengan kita. Dengan perubahan mental maka akan mulai timbul perasaan negatif pada orang lain, rasa kurang percaya dan minder, jangan sampai itu terjadi pada diri anda.

4. Adanya perasaan ketakutan
Menganggur lama membuat kita juga merasa kurang tenang, ada sesuatu yang kurang karena sudah terbiasa dengan kegiatan rutin, ada perasaan takut juga cemas sehingga kurang percaya diri ketika akan menghadapi proses perekrutan kerja.

5. Tidak memiliki biaya
Akibat dari kelamaan menganggur, apalagi hingga sama sekali tidak memiliki penghasilan sampingan akan membuat kita tidak memiliki uang simpanan sebagai persiapan untuk sesuatu yang penting. Ini juga sebagai salah satu yang akan membuat kita menganggur dalam waktu yang lama. 

Karena hal faktor biaya yang tidak ada maupun minim maka kita akan memilah-milah setiap jadwal test pekerjaan yang didapatkan untuk diikuti seseuai dengan ketersediaan uang yang ada maupun menunggu adanya uang dari bantuan orang tua atau saudara kandung jika ada.

Catatan:
Jangan biarkan anda menjadi pengangguran dalam waktu yang cukup lama, selalu menjaga kemampuan dan tetap mengasah sehingga selalu bersemangat dan selalu siap dalam berkompetisi. 

Ketika jadi pengangguran jangan biarkan anda terlena dan selalu berusaha mencari penghasilan tambahan, sehingga sumber pemasukan anda tidak terputus. Juga dengan penghasilan tambahan tersebut bisa sebagai penopang hidup anda dan untuk biaya-biaya dalam mengikuti test kerja. Semoga bermanfaat.