Penjelasan Tentang Loading Pada Pabrik Kelapa Sawit (Pks)

https://www.smaspeman99.com/2022/04/penjelasan-tentang-loading-pada-pabrik.html

Loading ramp berfungsi sebagai tempat penampungan Tbs sekaligus sebagai tempat pengisian buah kedalam lorri.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada station loading ramp yakni:

* Buah yang diisikan kedalam lorri yakni buah yang diterima lebih dulu (FIFO).

* Pada saat pengisian lorri, tidak dibenarkan jika level buah melebihi ketinggian lorri tersebut, sebab bila level buah melebihi ketinngian lorri maka akan terjadi beberapa masalah seperti berikut ini:    

- Buah tumpah disebabkan karena tersangkut pada steam spreader sehingga mengakibatkan sumbat pada strainer yang mengakibatkan terjadinya endapan condensate yang akan sangat membahayakan pada saat pintu sterilizer dibuka.

- Bila terjadi endapan condensate maka dapat dipastikan losses dari sterilizer tinggi.

- Lorri jatuh dari rel dalam sterilizer karena janjang yang  tumpah dan sangkut pada roda lorri.

Juga yang perlu diperiksa diantaranya sebagai berikut:    

- Mengecek jeruji yang ada pada horisontal conveyor serta memastikan brondolan tidak ada yang terjatuh lewat jeruji serta yang diperbolehkan hanyalah sampah dan pasir.

- Memeriksa semua level oli hidrolik pada unit hidrolik pump.

- Periksa apakah pintu-pintu ramp bisa dibuka dan ditutup seperti biasanya hal tersebut berguna agar nantinya FIFO dapat berjalan.

Setiap penuangan ataupun mau membuka ramp agar selalu diperhatikan apakah ada benda asing yang terikut masuk antara lain, potongan besi, batu-batu ukuran besar, pelepah sawit, goni-goni plastik bekas pupuk, dan lainnya. Benda-benda asing tersebut agar secepatnya disingkirkan untuk tidak sampai terikut ke instalasi lainnya di dalam pabrik, karena hal ini sangat berbahaya dan bisa merusak instalasi tersebut.

Apabila di atas tadi diungkapkan masalah yang akan timbul pada saat pengisian terlalu banyak, namun isi lorri yang kurang penuh akan menurunkan efesiensi penguapan uap atau boros, disamping itu akan menjadi penyebab turunnya kapasitas rebusan di mana akan terjadi stagnasi. Kenapa FIFO  di dalam stasiun loading ramp harus diterapkan betul-betul  hal itu untuk menghindari naiknya FFA yang diakibatkan buah tertahan diatas loading ramp.