Bagaimana Kegiatan Kerja Karyawan Di Perkebunan Kelapa Sawit?

 https://www.smaspeman99.com/2022/05/bagaimana-kegiatan-kerja-karyawan-di.html

Kegiatan kerja di perkebunan kelapa sawit cukup banyak jenis-jenisnya. Yang di kerjakan secara rutin dan terjadwal sesuai dengan schedule yang sudah di rencanakan pada pekerjaan harian, mingguan dan bulanan.

Untuk kegiatan pekerjaan di buat oleh asisten masing-masing di setiap departemen dan di cek atau di periksa dan disetujui oleh manager kebun sebagai pimpinan.

Berikut beberapa kegiatan-kegiatan pekerjaan di perkebunan kelapa sawit seperti:

1. Kegiatan perawatan kebun kelapa sawit
Kebun kelapa sawit selalu dirawat, bagian-bagian perawatan sudah terdapat tugasnya masing-masing yang di bawahi oleh mandor lapangan. Kegiatannya seperti pemupukan, penyemprotan atau chemist, babat rumput dan lainnya.

2. Pemanenan buah atau tandan buah segar (Tbs)
Pemanenan buah di perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu jenis kegiatan pekerjaan di perkebunan. Yakni pengumpulan buah sawit atau pemanenan buah dari tanaman sawit yang sudah menghasilkan. Buah atau Tbs adalah hasil dari perawatan tanaman sawit dari mulai bibit hingga menghasilkan buah.

3. Kegiatan pengangkutan buah kelapa sawit (Tbs)
Kegiatan pengangkutan buah Tbs dengan menggunakan unit dump truk (DT) dari TPH. Sedangkan angkut buah dari dalam kebun maupun dari tempat-tempat yang tidak bisa terjangkau oleh dump truk di lakukan dengan unit alat berat seperti Traktor yang di hubungkan dengan gandengan yang di sebut trailer (TL). Unit kebun mengangkut semua buah dari afdeling untuk di olah ke pabrik pengolahan sawit untuk menghasilkan crude palm oil (CPO) atau minyak mentah.

4. Kegiatan perawatan unit atau maintenance peralatan kebun
Didalam perkebunan kelapa sawit juga terdapat kegiatan perawatan peralatan atau unit kebun. Hal ini lebih di kenal dengan departemen teknik atau workshop perkebunan. Didalam workshop perkebunan merawat atau memaintenance unit seperti dump truk, traktor, mesin-mesin penerangan atau listrik, alat berat ( seperti:grader, buldozer, compaqtor, excavator dan sebagainya). Pekerjaannya seperti melakukan service unit, perbaikan-perbaikan ringan dan overhoule atau bongkar mesin.

5. Administrasi perkebunan
Kegiatan administrasi perkebunan di komandoi oleh seorang kepala tata usaha (KTU). Tugasnya mengurusi bagian keuangan, penggajian karyawan, pembuatan laporan perawatan, laporan semprot lahan, laporan hasil panen, laporan maintenance atau perawatan dan masih banyak lagi yang belum di sebutkan.

Inilah kegiatan-kegiatan penting di dalam perkebunan kelapa sawit, semoga bermanfaat untuk menambah pemahaman di dunia perkebunan kelapa sawit. Bila ada tambahan yang belum disebutkan, silahkan di tambahi di kolom komentar untuk saling berbagi.