Efek Jarang Minum Air Putih Pada Tubuh

 https://www.smaspeman99.com/2022/07/efek-jarang-minum-air-putih-pada-tubuh.html

Apa akibatnya kalau  kita jarang minum Air Putih  
Gangguan kesehatan yang diakibatkan kurang air, bergantung pada seberapa rendah kadar air yang   ada didalam tubuh kita. Gejala yang muncul cukup bervariasi di mulai dari yang ringan, berat hingga   yang fatal. Bahkan kondisi ini bisa mengancam  jiwa kita sendiri.  Gangguan fungsi tubuh secara   umum akibat jarang minum air putih, gejala kurang air dalam   tubuh secara umum dikategorikan oleh  lamanya tubuh kekurangan air yakni  akut dan kronis.

Kurang air tubuh akut dalam  jangka pendek bisa memicu beberapa gejala di   bawah ini. Gangguan termoregulasi yakni penyesuaian  suhu tubuh tanpa terpengaruhi perubahan lingkungan. Kebingungan atau merasa linglung, sakit  kepala atau vertigo, sulit berkonsentrasi ,  lemas atau lemah, otot-otot kaku, kulit mengerut atau keriput, nyeri dada dan perut,  detak jantung cepat duduk-duduk, tekanan  darah menurun. Apabila mengalami kurang air   disebabkan jarang minum air putih dalam jangka waktu  yang panjang atau yang lama  disebut namanya kronis.

Gejala yang muncul ini seperti  dibawah ini yakni: sembelit infeksi saluran kemih,   pembentukan batu pada saluran kemih, hipertensi  yakni tekanan darah tinggi, batu empedu,   penyakit gigi pun dapat dipengaruhi. Seringkali kita juga kurang sadar   dengan jarang minum air cukup di dalam tubuh  kita, bisa berasa setiap hari kayaknya   Sembelit sakit perut kenapa ya ?  kirain apa, padahal itu kuncinya hanya satu, jarang minum air.

Gangguan fungsi organ akibat jarang minum air.

Berikut ulasan lebih  spesifik bagaimana kurang air   tubuh mengalami fungsi organ tertentu akibat jarang minumnya:

1. Fungsi otak
Satu tubuh kurang air, fungsi kognitif atau otak  seperti attensi perhatian atau konsentrasinya   dan memori daya ingat akan terganggu.  Selain itu mood dan suasana hati bisa  mengalami perubahan dengan ditandai rasa  ngantuk atau penurunan performa fisik.

2. Ginjal ke saluran kemih akan  kena efeknya kalau kita kurang minum
Gangguan di saluran kemih pertama adalah  terjadi pembentukan seperti batu kerikil-kerikil, batu kecil untuk menghindari hal ini  di sarankan agar meningkatkan   asupan air untuk menghasilkan 2,3 liter urin  per hari. Sehingga banyak minum, kurangnya   air tubuh juga bisa memicu infeksi saluran  kemih yang disebabkan faktor seperti volume   aliran dan frekuensi buang air, urin menurun. Disamping itu kekurangan air meningkatkan risiko   kerusakan ginjal sampai memicu  kanker kandung kemih.

3. Saluran pencernaan
Jika cuman buang  air besar kurang dari tiga kali dalam   seminggu serta konsistensi feses lebih  keras itu berarti mengalami sembelit.  Akibat jarang minum air putih sembelit  merupakan konstipasi terjadi pada ketika   mengalami kondisi kurang air, tubuh yang  kronis lalu kurang air tubuh juga bisa  pemicu pembentukan batu empedu yang rentan  menyebabkan komplikasi serius harus hati-hati.

4. Kesehatan kulit
Air merupakan komponen utama kulit dari 64% air, bila anda mengalami kurang air, elastisitis tubuh serta kekenyalan kulit akan  berkurang dengan kata lain  jarang minum air bisa mempengaruhi  kecantikan anda sendiri, kulit anda   Keruh jadi kerut dan kurang elastis. Itu juga  salah satu faktornya kurang minum air putih

5. Mata membutuhkan air dalam mencegah  terjadinya mata kering serta rasa tidak nyaman
Selain itu penglihatan juga bisa  menjadikan kabur, rasa gatal sampai  jumlah cairan mukus atau lendir mata akan  meningkat bila jarang minum air putih.

6. Kemampuan otot
Efek yang kekurangan minum adalah fungsi otot  dibagi menjadi strenght kekuatan power tenaga   dan endurance ketahanan ketika anda kurang air  fungsi otot tersebut akan mengalami keterbatasan.  Oleh sebab itu asupan air penting sekali ketika melakukan aktivitas fisik. Sehingga seringkali orang   sebelum olahraga nggak minum, nanti pelan-pelan  bisa lemes kurangnya air tubuh merupakan kondisi   yang tidak boleh dianggap sepele.

Berbagai  macam fungsi tubuh bisa mengalami penurunan   dan bahkan bisa memicu gangguan kesehatan yang  bersifat fatal. Hati-hati air itu penting banget, sekarang kita masuk yakni waktu-waktu yang tepat   untuk minum air putih ada jadwalnya untuk kita bikin dan sama-sama pelajarinya.

Sekitar 2/3 tubuh manusia  terdiri dari air

Tidak heran bila harus tetap   menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan  rajin minum air putih yang sering dikaitkan dengan istilah hidrasi sehat. Jadi hidrasi  sehat yakni jumlah volume air yang cukup sesuai   kebutuhan untuk hidup sehat kita secara keilmuan  Hidrasi sehat adalah jumlah atau volume air yang   cukup serta berkualitas sesuai kebutuhan untuk hidup  sehat ditandai dengan keseimbangan cairan yaitu osmolalitas plasma tubuh yang normal.  Kebutuhan  cairan berdasarkan angka kebutuhan gizi yaitu AKG   pada tahun 2019 yang diterbitkan oleh Kemenkes  RI Kementerian Kesehatan RI sebagai berikut:

* Anak usia 4-6 tahun butuh 6 gelas perhari anak usia 7-12 tahun 7 gelas perhari.  

* Wanita dewasa 7 gelas perhari wanita hamil tambah satu gelas berarti 8 gelas. 
 
* Wanita menyusui tambah 3  dari 7 gelas jadi 10 gelas.  

* Pria Dewasa 8 gelas air minimum, kalau banyak  kerja, ingat bisa sampai 12 gelas.

Selanjutnya kita masuk jadwal minum air yang baik kapan
Setiap orang sudah megetahui setidaknya kita perlu minum air putih  sebanyak delapan gelas per hari atau setara dengan 2 liter atau lebih sampai 3 Liter /hari. Institute of Medicine Food and  nutrition Board pernah menyatakan bahwa rata-rata  jumlah air yang harus dikonsumsi adalah 2,6 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria  tergantung berat badannya.

Ini ada hitungannya, biasanya hitungannya itu berat badan kita dibagi  30 kalau umpamanya 60 kg dibagi 30 menjadi 2 liter air sehari yang direkomendasikan, jika kita  berat badannya bisa sampai 90 kg berarti kita perlu 3 liter air seharinya. Berapa jumlah  air yang harus diminum pada intinya yaitu kita harus bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh  kita sendiri. Sebab tanpa adanya konsumsi air yang   cukup akan mengalami dehidrasi ataupun kekurangan  air yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Jadi jadwal minum air:
*Minum satu atau dua gelas di  pagi hari sesudah bangun tidur. Itu penting sekali walaupun masih ada  jigongnya atau belum gosok gigi. Kita harus harus minum 1-2 gelas air hangat paling  baik  2 gelas air hangat di pagi hari. Jadi banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh bila minum air putih sesudah bangun tidur.

Kenapa ?

Ketika kita bangun tidur tubuh kita  mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, kita harus mengisi ulang tubuh kita dengan cairan minum air putih ketika perut kosong. Meningkatkan laju metabolisme sebanyak 24 % kerja tubuh untuk mencerna makanan dan membuang racun dari tubuh akan lebih mudah. Selain itu karena tidak makan dan minum semalaman produksi asam lambung dalam perutpun  bisa meningkat. Minum air putih di pagi hari dapat bantu   menurunkan keasaman lambung sehingga perut akan  terasa lebih nyaman disaat anda sarapan pagi.

* Minum 1 gelas setengah jam sebelum makan
Makan apapun makan pagi, makan  siang, makan malam, minum lagi setengah gelas minum segelas air putih  sebelum makan. Tak hanya bisa membantu   membuat kenyang lebih cepat tapi juga  membantu mengendalikan porsi makan kita. Efeknya pernah dibuktikan dalam penelitian  kecil yang terbit di jurnal Clinical Nutrition  Research di tahun 2018, dikatakan terlihat  bahwa peserta non obesitas yang minum air sebelumnya akan makan lebih sedikit dan  merasa sama kenyangnya dengan peserta yang tidak minum air sebelumnya. Berarti jika kita minum air 1 gelas sebelum makan kita akan bisa sama  kenyangnya sama seorang yang minum air .

* Minum 1 gelas  ketika merasa lelah
Sekitar 50-60% dari berat  badan berasal dari air namun kadar   air dalam tubuh akan berkurang secara terus-menerus  melalui urin, keringat, pernapasan, ketika kekurangan cairan maka mungkin  akan merasa lebih lelah dan lemas lemah dari biasanya. Kekurangan konsumsi air tidak hanya bisa menyebabkan kelelahan tapi juga bisa menyebabkan kabut otak kehilangan fokus ingatan  serta sakit kepala, masalah-masalah tidur, marah, stress dan banyak lagi ketiga tubuh mulai  lelah segera isi kembali cairan yang hilang dengan minum air putih. Minum air yang cukup  bisa membantu anda mempertahankan energi.

* Minum lebih  banyak sebelum dan setelah olahraga
Minum air putih sebelum dan setelah berolahraga  juga cepat menjadi jadwal yang tepat ketika berolahraga. Suhu tubuh meningkat, jelas sebab  jantungnya meledak tinggi untuk mengembalikan   pada suhu optimal tubuh pun mengeluarkan  banyak keringat jadi cairan keluar dari   badan kita. Keringat yang keluar membuat  kadar cairan dalam tubuh pasti berkurang   jadi perlu minum air setelah berolahraga  untuk menggantikan cairan yang hilang. Sedangkan minum air putih sebelum olahraga  akan membantu tubuh supaya tetap terhidrasi dan mencegah penurunan kinerja tubuh, kekuatan serta kapasitas aerobik dan anaerobik.
 
* Minum air sebelum tidur

Seringkali kita kebiasaan bahwa sebelum  tidur takut minum air sebab takut buang air kecil di malam hari. Mengganggu kenyenyakan tidurnya kita ini salah, yang perlu minum air putih sebelum tidur bisa membantu tubuh mengisi kembali cairan  yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari. Terutama bila minum air hangat kebiasaan ini  akan membuat tetap terhidrasi sepanjang malam. Waktu kita tidur dan bisa membantu tubuh  membuang racun yang tidak diinginkan.

Meski demikian sebaiknya jelas tidak minum air  putih terlalu banyak saat jadwal ini apalagi jika langsung tidur setelahnya yang direkomendasi hanya 1 gelas air hangat sebelum tidur.  Biasanya hal ini akan membuat kebelet dan terbangun di tengah malam.  Juga kita mau tambahkan minum air sewaktu  bangun tidur di tengah malam yakni bila kita seringkali malam hari kita terbangun mau  pipis, boleh pipis di malam hari baik  sesudahnya jangan langsung tidur usahakan  minum setengah gelas air hangat lagi sama  dengan 120/100 sampai 120 ml air  hangat diminum sebelum kita tidur lagi.
 
* Minum lebih banyak ketika sakit
Sekali kita sakit mau minum mulut rasa nggak enak  minum, harus minum lebih banyak saat sakit demam. Tubuh akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak  begitu juga bila mengalami penyakit pencernaan. Dengan gejala muntah-muntah atau bolak-balik buang air besar cairan tubuhpun semakin banyak yang menghilang dari tubuh kita. Pastikan untuk minum air lebih  banyak dari biasanya agar tubuh tidak menjadi dehidrasi.

Seringkali kita jadwal minum, cara minum seringkali salah kalau kita lihat seringkali kita sehari-hari banyak minum hanya kok tidak ada efeknya. Karena salah minum, tidak ngerti cara minum yang baik itu adalah harus minum air hangat. Kedua diusahakan perjam minum  segelas air, jangan karena  haus minumnya sampai 5 gelas.  Tiga gelas sudah cukup, 3 L air perhari salah yang benar yaitu satu jam satu gelas air = 200/250 ml air.