Fungsi Vacum Dryer Pada Pengolahan Kelapa Sawit (Pks)

 https://www.smaspeman99.com/2022/07/fungsi-vacum-dryer-pada-pengolahan.html 

Fungsi vacum dryer yaitu untuk memisahkan air dari minyak dengan cara mengabutkan minyak ke dalam ruang vacum. Jenis vacum dryer adalah vacum dryer yang menggunakan steam injector dan vacum dryer yang menggunakan pompa. Cara kerja vacum dryer ini yakni minyak dari oil purifier dipompakan naik ke vacum dryer. Didalam alat atau dryer tersebut mempunyai beberapa nozzle yang berfungsi sebagai mengabutkan minyak.

Akibat pengabutan tersebut  butir-butir air akan  memisah dengan butiran minyak. Di sebabkan keadaan minyak yang dikabutkan panas sehingga butir-butir air tersebut akan gampang menjadi uap air sehingga akhirnya akan mudah diisap oleh kevacuman tersebut. Minyak akan turun kedasar tangki yang sudah dilengkapi dengan floating valve untuk selanjutnya dikirim ke tangki stok sedangkan  uap air yang terikat akan diisap keluar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

* Temperatur minyak sangat berpengaruh terhadap kinerja alat tersebut.
Jadi perlakuan minyak di clean oil tank terutama dalam pemanasan harus terkontrol secara  baik atau temperatur 80 ÂșC.

* Kevacuman tangki harus mencapai -76 cmHg.
Untuk  bisa mencapai kevacuuman tersebut kebocoran-kebocoran pompa maupun packing-packing steam injector harus dihindarkan.

* Nozle harus dikontrol jangan sampai sumbat sebab akan sangat berpengaruh terhadap kapasitas alat.

* Floating valve pada dasar tangki harus beroperasi dengan baik sebab sangat membantu dalam proses kevacuman alat sekaligus sebagai penjaga umpan pompa transfer ke storage tank tetap kontinyu.