12 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh Anda

 https://www.smaspeman99.com/2022/08/12-manfaat-daun-pandan-bagi-kesehatan.html

Membahas daun pandan bagi kesehatan tubuh kita, daun pandan dikenal dengan nama pandanus amaryllifolius. Daun pandan merupakan tumbuhan tropik yang dikenal dengan aroma khasnya daun pandan sendiri. Bukan sembarangan tanaman, daun pandan berwarna hijau ini mempunyai panduan aroma vanilla almond dan wangi yang disukai untuk masakan-masakan kita sehari-hari.

Pandan sendiri mengandung vitamin dan nutrisi yang baik sekali pada tubuh kita. Selain itu daun pandan juga mengandung vitamin A, zat besi rendah kalori dan kaya sekali dengan serat-seratnya. Kalau kita mengutip dari media yang pernah mengulasnya, daun pandan itu bersifat antibakteri, antimikroba hebat sekali. Ini sekarang membahas manfaatnya daun pandan bagi kesehatan sudah banyak penelitian yang fokus mengulik manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh kita.

Itulah mengapa banyak juga yang memakai daun pandan sebagai sumber obat tradisional yang aman. Hal ini yang membuat pandan juga dimanfaatkan sebagai tanaman herbal dalam penelitian dari dokter Ariana hedyana mengatakan manfaat daun pandan sangat-sangat baik sekali, selain dijadikan sebagai bumbu pelengkap makanan pandan juga dimanfaatkan sebagai obat herbal kata dokter Ariana.

Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan manusia:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sama ini kalau kita mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, jangan main-main, itu bisa mengacu ke penyakit jantung serta stroke. Tekanan darah tinggi ini dapat diturunkan dengan daun pandan, caranya gampang, kita ambil 10 gram daun pandan direbus dengan dua gelas air sampai tinggal airnya 1 gelas. Inilah yang diminum untuk bisa menekan tekanan darah tinggi kita.  Air rebusan ini diusahakan diminum dua kali dalam sehari, ini akan dapat menormalkan atau menekan tekanan darah tinggi kita.

2. Mengatasi rematik
Rematik yang seringkali membuat sendi-sendi kita rasanya sakit kalau lagi tidak enak gitu. Rematik ini dapat diatasi dengan 3 lembar daun pandan, digodok dengan minyak kelapa kalau bisa pakai minyak kelapa visio. Setelah itu didiamkan sampai dingin langsung dioles kepada bagian sendi sendi rematik yang sakit tersebut.

3. Meningkatkan nafsu makan
Badan kita serasa kurang enak, nafsu makan lagi turun, jadi inilah bahaya makanya kita untuk meningkatkan nafsu makan itu mudah. Kita pakai daun pandan yang perlu hanya lakukan merebus 10 gram daun pandan dengan tiga gelas air putih direbus hingga air tersisa jadi satu gelas.

Dikonsumsi setiap pagi dan sore hari untuk mengembalikan nafsu makan dan kebugaran tubuh anda. Jadi daun pandan juga mengatasi rasa nyeri manfaat daun pandan berikutnya juga penting. Kalau kita sakit kepala atau lagi sakit telinga, radang persendian, tidak enak minum saja air daun pandan satu gelas saja dan itu juga bisa mengatasi rasa nyeri didalam tubuh kita.

4. Keram-keram
Keram-keram khususnya di perut atau di pencernaan, kalau kita lagi kram serasa kram kaku sakit. Jadi inilah obatnya untuk bisa meminum teh daun pandan, gampang sekali ini untuk menghilangkan keram-keram di dalam pencernaan, dibagian perut kita inilah salah satu obatnya.

5. Mengembalikan energi setelah melahirkan
Jadi bila ibu-ibu sejak melahirkan, kanduangan banyak energi kesannya lemas, loyo dan ini untuk mengembalikan energi yang sudah kebuang. Tadi hanya minum teh daun pandan, daun pandan ternyata bisa mengembalikan energi. Rezeki kita yang sudah terkuras dan lain-lainnya.

6. Merendam demam
Biasanya ini merupakan salah satu metode pengobatan yang dipakai orang-orang secara tradisional, konsumsi air rebusan daun pandan nisa menurunkan suhu tubuh menjadi kembali normal.

7. Membantu detoksifikasi
Mengeluarkan kotoran-kotoran atau toksik toksit yang di dalam badan atau kita sehari-hari menghirup polusi yang dari luar. Sebagai orang yang sehari-hari aktif bergerak dengan minum air teh pandan ini bisa melawan radikal bebas yang di dalam tubuh. Supaya tidak mengundang penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan. Jadi dengan mengkonsumsi air rebusan daun pandan ini akan dapat membantu tubuh dan hati kita supaya terhindar dari substansi yang tidak sehat.

8. Bisa membantu terapi kanker
Manfaat daun pandan juga sangat mengagumkan, ternyata daun pandan kalau di minum dua kali sehari bisa mengeluarkan racun-racun yang terhambat oleh pertumbuhan sel-sel yang penyebab kanker.

Di dalam sebuah penelitian, kandungan daun pandan itu mempunyai efek yang namanya antibiotik, antiproliferatif dan apoptotic karenanya daun pandan sebagai bahan alami yang mempunyai potensi untuk dipelajari lebih lanjut dalam peran sebagai terapi kanker.

9. Mengatasi insomnia
Insomnia itu yaitu penyakit yang susah tidur setiap hari banyak pikiran, stress dan lain-lainnya Jadi kalau dia tidak bisa tidur tidak bisa istirahat, bagus besok harinya aktivitas pasti keganggu. Secara sederhana pasti rendah, ternyata di daun pandan dapat membantu mengatasinya.

Sebab didalam daun pandan mengandung namanya alkaloid yang bisa menimbulkan sensasi rileks pada tubuh. Kita hanya perlu mengkonsumsi air rebusan daun pandan dengan ditambah dua sendok madu rohani, minum setiap malam dan pastikan tidurnya nyenyak, akan semangat pada pagi harinya

10. Mengatasi ketombe
Rambut kita akan sering kering, keluarin ketombe, jadi ketombe ini bisa diperbaikinnya dengan daun pandan. Caranya gimana, gampang sekali, kita ambil 10 lembar daun pandan, dipotong di cincang-cincang atau diblender dengan 100 mili air putih. Setelah itu sesudah habis mandi kita sudah cuci rambut memakai shampo, sudah masih basah-basah daun pandan dicampur air putih tadi, di oleskan dikepala, didiamkan selama 30 menit sambil kemudian dibilas pakai air biasa, didiamkan sudah jangan kasih sabun lagi. Seminggu diusahakan tiga kali, hilang ketombenya, akan hilang lenyap dan prinsipnya inilah obat alami untuk ketombe.

https://www.smaspeman99.com/2022/08/12-manfaat-daun-pandan-bagi-kesehatan.html 

11. Mengatasi kulit terbakar
Ketika mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama, seringkali orang akan lagi berenang, dijemur sampai kulitnya terbakar merah-merah, gampang ngobatinnya Ambillah daun pandan beberapa lembar, di caca, dipotong-potong ditaruh didalam ember air, habis itu untuk mandi saja, tangan-tangan yang sudah merah-merah tergosok terbakar tadi dan pelan-pelan akan hilang. Yang kebakar di atas kulit itu dengan adanya air daun pandan tadi.

12. Mengurangi kadar gula darah
Inilah menurut hasil penelitian dari the national Center for biotechnology information, ekstrak daun pandan itu bisa menurunkan glukosa darah sesudah makan yaitu dia akan merangsang sekresi insulin dari jalur sel beta pankreas. Pada tikus dan menghambat aktivitas enzim alfa glikosida, penelitian ini menunjukkan bahwa daun pandan mempunyai potensi yang jadi sumber alami agen antihiperglikemik. Pengertian dari hiperglikemik yaitu kondisi ketiga kadar glukosa darah meningkat melebihi batas normalnya.

Jadi hiperglikemia menjadi salah satu gejala awal seseorang mengalami gangguan metabolik yaitu diabetes melitus. Sehingga berpotensi dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes. Jadi sekarang mau berbagi sedikit tips untuk membuat teh daun pandan. Caranya gimana, cucilah 3-4 lembar daun pandan ukuran kecil atau sedang, lalu kumpulkan dan ikat menjadi simpul. Dididihkan di dalam panci, tambahkan daunnya ke dalam air ditambahkan 2-3 iris jahe sampai mendidih selama 15 menit dan diangkat.

Disaring daun pandannya, dibuang airnya itu didiamkan sampai dingin dan diminum yang namanya air teh daun pandan. Jadi di anjurkan untuk anda dengan setiap hari hanya satu gelas minum teh daun pandan tadi, cukup untuk bisa menyehatkan tubuh kita sendiri. Untuk mengetahui khasiatnya daun pandan tadi untuk kesehatan kita cuman ingat ada efek sampingannya. 

Kita tidak boleh minum terlalu banyak, kalau terlalu banyak minum daun pandan kita bisa mengalami diare dan macam-macam penyakit lainnya. Harus seimbang jangan berlebihan, jangan kurang dan diusahakan satu hari satu gelas cukup.