12 Manfaat Terbaik Dalam Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

 https://www.smaspeman99.com/2022/08/12-manfaat-terbaik-dalam-buah-bit-untuk.html

Buah bit merupakan sayuran akar yang dikenal  sebagai bit merah, bit tanaman atau hanya bit sebenarnya. Bit sendiri bukanlah  buah melainkan tanaman umbi-umbian yang   masih satu keluarga dengan sayuran lobak singkong ubi dan tanaman lainnya. Bit mengandung nutrisi yang sangat penting  seperti sumber serat folat atau vitamin   B9, mangan, potasium, zat besi dan vitamin  C.

Selain itu buah bit juga mengandung rendah lemak dan kalori tidak mengandung  lemak jenuh dan tinggi antioksidan. Namun saat ini banyak yang mengonsumsi  daging buah dan daun dari buah bit karena   memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta  manfaat yang baik untuk kesehatannya sendiri.

Manfaat  buah bit untuk kesehatan

Maanfaat buah bit untuk kesehatan yaitu buah  bit mempunyai berbagai manfaat misalnya   sebagai pewarna makanan alami dan pemanis  campurkan dalam makanan maupun minuman.  Namun tak hanya itu buah bit  ternyata juga mempunyai banyak   sekali manfaat untuk kesehatan. 

Berikut beberapa manfaat dari buah bit seperti:

1 Menurunkan tekanan darah tinggi
Darah tinggi kita dapat ditekan, tekanan darah tinggi bisa merusak   pembuluh darah ataupun organ jantung  kita ditambah lagi tekanan darah tinggi   merupakan penyebab penyakit serangan  jantung, stroke dan kematian dini. Cara mencegah penyakit ini bisa  mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya   akan nitrat anorganik, satu-satunya  tanaman yang mempunyai kandungan nitrat.

Organik yang tinggi adalah buah bit, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa buah bit memiliki manfaat dalam menurunkan  tekanan darah secara signifikan hingga mencapai   angka 4-10 mmhg lebih rendah dalam kurun  waktu beberapa jam. Setelah mengonsumsinya, kita akan bisa mendapatkan lebih banyak manfaatnya, kalau kita konsumsi buah bit masih  dalam keadaan raw atau mentah.

2. Meningkatkan stamina
Buah bit bisa menjadi makanan ideal atlet-atlet, kadang kandungan nutrisi yang melimpah membuat buah bit memiliki manfaat sebagai makanan yang  meningkatkan stamina, yaitu nitrat yang memiliki khasiat untuk kebugaran tubuh kita, jus buah  bit bisa membantu hati dan paru-paru bekerja dengan baik selama berolahraga. Kandungan oksigen nitrat dari buah bit bisa meningkatkan aliran darah ke otot-otot kita, untuk atlet buah  bit itu penting pasalnya mengonsumsi buah bit berhasiat untuk meningkatkan kemampuan  mitokondria dalam menjalankan tugas yang memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh  dengan begitu proforma fisik akan meningkat.

Penelitian yang dilakukan pada 2011 pada 9 atlet bersepeda  ini menunjukkan bahwa mengonsumsi jus buah bit sebelum olahraga bisa meningkatkan sampai 2,8 % performa pada atlet yang bersepeda sejauh 4 KM dan 2,7 % pada  atlet yang menempuh jarak 16,1 km.  Manfaat buah bit memang banyak sekali  untuk kesehatan tubuh kita namun bila kita   konsumsi secara berlebihan bisa menurunkan  kadar kalsium dan merusak ginjal juga ya.
 
3. Mengatasi peradangan inflamasi
Manfaat lain yang bisa kita dapat saat mengonsumsi buah bit yaitu  mengatasi peradangan atau inflamasi  peradangan kronis biasanya dikaitkan pada beberapa penyakit serius termasuk obesitas  penyakit jantung, gangguan liver hingga kanker. Sebuah penelitian di 2014 sudah membuktikan bahwa jus buah bit bisa mengurangi peradangan ginjal, tadi telah si sebutkan sakit ginjal kalau makan kebanyakan, kalau normal satu buah satu  hari dapat mengurangi peradangan ginjal juga.
 
4. Mengatasi masalah pencernaan
Buah bit kaya akan kandungan seratnya, buah ini  mengandung 3,4 gram serat dalam satu porsi cangkir, kandungan serat dalam buah bit manfaat untuk  membantu makanan bergerak melalui usus cerna sehingga memudakan untuk buang air besar secara rutin dan  terhindar dari berbagai masalah pencernaan kita.

5. Meningkatkan kesehatan otak  
Mengonsumsi buah bit memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak kita sendiri. Buah bit mempunyai kandungan nitrat yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental  dengan cara melebarkan pembuluh darah, dengan begitu aliran darah menuju ke otak akan menjadi  meningkat, ini kehebatannya buah bit.

6. Dapat mencegah kanker
Buah bit termasuk salah satu  jenis buah yang tinggi akan kandungan antioksidannya sehingga bisa membantu mencegah kanker. Ini ada sebuah penelitian menunjukkan  bahwa sel manusia membuktikan bahwa buah bit yang mengandung pigmen betalain bisa mengurangi  pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

7. Menurunkan berat badan
Bila anda sedang menjalankan program diet  untuk menurunkan berat badan makanya yang  cocok untuk di konsumsi adalah buah  bit, mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga memiliki manfaat  untuk menurunkan berat badan. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan  serat dan protein yang tinggi kedua nutrisi tersebut mempunyai peranan yang penting  untuk menjaga berat badan ideal anda.

8. Mengatasi diabetes atau gula darah
Mengonsumsi buah bit yang kaya akan  antioksidan bisa membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitifitas insulin. Oleh sebab itu para ahli menduga buah bit bisa memberikan manfaat untuk mengatasi diabetes. Pada sebuah penelitian pada tahun 2019 yang  lalu membuktikan bahwa bahwa antioksidan dalam buah bit yaitu asam alfa lipoat bisa  mengatasi gejala neuropathy diabetes.

9. Dapat melindungi hati atau liver
Buah bit memiliki kandungan antioksidan  vitamin A, vitamin B6 dan zat besi yang   dipercaya bisa melindungi arti dari Inflamasi dan stres. Oksidasi serta meningkatkan kinerja  untuk mengeluarkan racun dari tubuh kita.

10. Mencegah anemia
Buah bit kaya akan zat besi sebuah komponen yang  sangat penting didalam sel darah merah kita. Tanpa adanya zat besi sel, darah Merah tidak akan  mampu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh kita.  Orang yang memiliki kadar zat  besi rendah bisa memicu anemia. 

https://www.smaspeman99.com/2022/08/12-manfaat-terbaik-dalam-buah-bit-untuk.html

11. Baik untuk ginjal
Buah bit ini selain menjaga hati, buah bit bisa  membantu membersihkan ginjal dari racun yang tertimbun di dalamnya. Bisa memperbaiki ginjal, dengan ada sedikit potasium, ada sedikit kalium juga dan protein untuk ginjal kita bisa tumbuh  sehat, tumbuhkan sel baru.

12. Meningkatkan  kecerdasan otak bayi
Kandungan folat yang terkandung didalam buah  bit sangat bermanfaat untuk otak bayi, terutama membantu meningkatkan ecerdasan bayi  itu sendiri. Untuk itu bayi disarankan supaya mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung kandungan folat yang cukup.

Buah bit begitu baik, buah bit ini yang dijuluki  superfruit, buah yang super yang bisa memperbaiki banyak sekali penyakit didalam tubuh kita khususnya penyakit dalam. Kenapa, karena buah ini yang banyak sekali mengandung banyak vitamin, banyak gizi, banyak nutrisinya. 

Dengan  superfruit ini makanya kita dianjurkan untuk  makan konsumsi buah bit satu butir per harinya, memang rasanya kurang enak, sepah, ttidak ada rasa manis, ada asem gak ada asinnya, sebab ini buah superfood yang sangat super untuk  membantu kesehatan tubuh kita sendiri.